Sukses


10 Manfaat Air Rebusan Ketumbar yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Manfaat air rebusan ketumbar masih belum banyak diketahui oleh khalayak umum. Biasanya, masyarakat lebih mengenal ketumbar sebagai satu di antara penyedap masakan.

Padahal, selain untuk bumbu masak, ketumbar juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Satu di antara manfaat air rebusan ketumbar adalah bisa menurunkan tekanan darah, jadi sangat pas bagi pengidap hipertensi.

Namun, air rebusan ketumbar tersebut bukan sebagai obat utama, melainkan sebagai langkah pecegahan. Tetap imbangi dengan mengonsumsi obat dan makanan yang sehat agar gangguan kesehatan dalam tubuh hilang.

Berikut manfaat air rebusan ketumbar bagi kesehatan, dikutip dari Merdeka, Rabu (6/1/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Rebusan Ketumbar

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Air rendaman ketumbar dapat menurunkan kadar gula darah bagi pengidap diabetes. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam ketumbar membuatnya baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Meski demikian, sebelum mulai mengonsumsi air rendaman ketumbar, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Anda juga dapat memeriksa kadar gula darah untuk memastikan efektivitas dari konsumsi air rendaman ketumbar.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Air rendaman ketumbar dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini karena ketumbar mengandung antioksidan yang mampu membantu peregangan usus.

Air rendaman ketumbar diketahui dapat mengatasi berbagai gangguan pencernaan, seperti diare, perut kembung, cacingan, sembelit hingga sindrom iritasi pada usus besar. Tak hanya itu, air rendaman ketumbar juga mampu membantu memproduksi enzim pencernaan.

3. Mengobati Peradangan

Peradangan yang terjadi karena jerawat dapat diatasi dengan air rendaman ketumbar. Air rendaman ketumbar mengandung anti bakteri yang bermanfaat untuk mengobati peradangan kulit.

Selain mengobati jerawat, air rendaman ketumbar mampu mengatasi masalah kulit berminyak, meremajakan kulit, mencerahkan wajah hingga mencegah kulit terkena iritasi dan infeksi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Rebusan Ketumbar

4. Mencegah Infeksi Jamur dan Bakteri

Air rendaman ketumbar bisa mencegah infeksi jamur dan bakteri. Konjungtivitis merupakan peradangan konjungtiva dan bagian dalam kelopak mata. Konjungtivitis juga disebut dengan pinkeye.

Konjungtivitis menyebabkan pengidapnya mengalami mata merah, mata terasa gatal, mengeluarkan cairan kental membentuk kerak hingga membuat pembesaran pada kelenjar getah bening.

Mengonsumsi air rendaman ketumbar dipercaya dapat mencegah dan meredakan konjungtivitis. Selain itu, mengonsumsi air rendaman ketumbar juga dapat mencegah infeksi pada saluran pernapasan hingga kulit yang disebabkan virus, bakteri, dan kuman.

5. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Air rendaman ketumbar bisa digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sifat analgesik dalam air rendaman ketumbar diketahui dapat membantu meredakan sakit gigi.

Sifat antibakteri dalam air rendaman ketumbar juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Memanfaatkan air ketumbar dapat membuat gigi dan mulut terhindar dari bakteri.

6. Mengatasi Wasir

Manfat air rendaman ketumbar selanjutnya, yaitu dapat mengatasi wasir. Sifat analgesik dalam air rendaman ketumbar diketahui dapat meredakan sakit akibat wasir.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Rebusan Ketumbar

7. Mengatasi Masalah Sendi

Manfaat air rendaman ketumbar berikutnya yaitu dapat mengatasi masalah sendi. Hal ini karena sifat analgesik dan kandungan asam linoleate dalam air rendaman ketumbar yang mampu mengatasi masalah sendi, satu di antaranya nyeri sendi.

8. Baik untuk Kulit dan Rambut

Kulit dan rambut yang sehat tentu menunjang rasa percaya diri. Air ketumbar diketahui dapat membantu rambut kulit kepala menjadi lebih lebat dan sehat. Air rendaman ketumbar juga dapat mengatasi jerawat.

9. Mencegah dan Mengobati Batuk dan Pilek

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam air rendaman ketumbar bermanfaat untuk mencegah dan mengobati batuk dan pilek.

10. Mengontrol Kadar Kolesterol dalam Darah

Manfaat air ketumbar yang terakhir, yaitu dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Sebelum mengonsumsi air rendaman ketumbar, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Addina Zulfa Fa'izah. Published: 27/8/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer