Sukses


10 Khasiat dan Manfaat Pisang bagi Tubuh, Bisa Mendatangkan Mood Senang

Bola.com, Jakarta - Pisang merupakan satu di antara jenis buah yang populer di dunia. Namun, manfaat pisang bagi tubuh masih sering kali belum diketahui oleh khalayak.

Pisang mengandung banyak zat baik bagi tubuh, mulai mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak baik, kalsium, zat besi, fosfor, dan lain sebagainya.

Selain itu, pisang kaya akan antioksidan, tembaga, mangan, dan zat gizi lainnya. Banyaknya kandungan baik dalam pisang menjadikan buah ini mendapat julukan sebagai superfood.

Sebagian orang mengonsumsi buah pisang sebagai pengganti makan.

Buah yang satu ini memiliki daging lembut dan mudah dicerna. Pisang mengandung gula sederhana, seperti fruktosan dan sukrosa sehingga akan otomatis mengisi energi saat mengonsumsinya.

Buah ini sangat direkomendasikan bagi para atlet sebelum bertanding. Pasalnya, pisang bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Berikut rangkuman khasiat dan manfaat pisang bagi tubuh, dilansir dari Kemenkes.go.id, Kamis (7/1/2021).

2 dari 5 halaman

Khasiat dan Manfaat Pisang bagi Tubuh

1. Membantu Mengatasi Hipertensi

Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil.

Serat bahan pangan yang dikandung pisang mampu mengikat lemak, dengan demikian pembentukan plak bisa dicegah. Plak bisa menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat.

2. Sumber Karbohidrat dan Vitamin A

Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Jika dibanding dengan apel, pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A.

Pisang juga kaya magnesium dan kalium yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar.

3. Memperlancar Metabolisme

Tidak perlu obat. Dengan makan pisang, Anda yang mengalami kesulitan saat buang air besar, dapat memakan buah pisang sebagai langkah pengobatan karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme.

3 dari 5 halaman

Khasiat dan Manfaat Pisang bagi Tubuh

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Anda banyak beraktivitas dan suka berolahraga? Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

5. Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

Pisang kaya akan potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah.

6. Mengatasi Anemia

Salah satu hal penting lain yang dikandung pisang adalah zat besi. Sehingga buah ini baik bagi orang yang kekurangan darah merah. Tepatnya untuk mendukung pembentukan hemoglobin, atau protein yang mengandung zat besi.

4 dari 5 halaman

Khasiat dan Manfaat Pisang bagi Tubuh

7. Menurunkan Berat Badan

Untuk orang yang melakukan diet, karbohidrat kompleks yang terkandung dalam pisang tidak menaikkan kadar glukosa secara drastis. Di samping itu, pisang rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan.

Di Jepang ada tren diet baru: minimal satu dan maksimal empat pisang untuk sarapan. Hal itu dikabarkan untuk mendorong metabolisme sehingga tidak perlu berolahraga.

8. Menyehatkan Tulang

Mengonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menyehatkan tulang. Pisang adalah satu di antara buah yang mengandung mangan cukup tinggi.

5 dari 5 halaman

Khasiat dan Manfaat Pisang bagi Tubuh

9. Pisang sebagai "Mood Food"

Apakah makanan bisa membuat orang merasa senang? Ya, jika bahan makanan itu termasuk "mood food," yaitu bahan pangan yang mendorong pembentukan hormon serotonin di dalam otak. Hormon ini menyebabkan timbulnya perasaan senang.

10. Untuk Merawat Kulit

Pisang yang dicampur madu berkhasiat mengatasi kulit yang terlalu kering. Pisang juga baik untuk merawat kulit orang yang lanjut usia, yang cenderung makin kering.

Selain itu, pisang baik untuk mengatasi jerawat. Caranya, hancurkan daging buah pisang matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.

 

Sumber: p2ptm.kemkes.go.id

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer