Sukses


37 Kata-Kata Motivasi Islami untuk Menghadapi Cobaan Hidup

Bola.com, Jakarta - Ada banyak hal yang dapat kamu jadikan sebagai tambahan kekuatan dari dalam saat menghadapi cobaan atau masalah yang datang menghampiri, satu di antaranya dengan membaca dan merenungkan kata-kata motivasi Islami.

BACA JUGA: Bacaan Doa Ketika Beban Hidup Terasa Berat

Kata-kata motivasi Islami untuk menghadapi banyak berisi nasihat baik dari tokoh terkenal atau pedoman Islam, yaitu Al-Qur'an dan Hadis.

Dalam menjalani hidup ini kita tidak dapat lepas dari pemcobaan. Akan tetapi, seberat apa pun cobaan yang kamu terima, pasti akan berakhir.

Seperti apa yang dikatakan di dalam Al-Qur'an pada surat Al-Baqarah ayat 286 yang artinya: 

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (Q.S Al-Baqarah, ayat 286).

Apa pun cobaan yang kamu terima, selalu kembalilah kepada Allah SWT karena kamu harus meyakini bahwa hanya Dia yang dapat membantumu di saat susah.

Selalu mengucap istigfar dan hamdalah, serta bersikap sabar dan tenang pada saat menghadapi masalah dapat membantumu kuat dan bertahan dari cobaan yang sedang kamu hadapi hingga berlalu dari kehidupanmu.

Berikut 37 kata-kata motivasi Islami untuk menghadapi cobaan hidup, seperti dikutip dari Theislamicquotes dan Quotedownload, Jumat (8/1/2021).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami untuk Menghadapi Cobaan Hidup

1. "Kita tidak boleh putus asa selama kita mendapat dukungan Allah SWT dan Dialah Yang Maha Esa yang dapat membuat apa pun terjadi."

2. "Allah SWT mencintai ciptaan-Nya lebih dari yang dapat kita bayangkan. Oleh karena itu kita harus memiliki keyakinan penuh bahwa jika Dia tidak memberi kita apa yang kita inginkan, Dia akan memberi kita yang terbaik untuk kita."

3. "Kesulitan adalah bagian dari hidup dan harus ditangani dengan kesabaran. Jika kita mendapatkan semua yang kita inginkan di dunia ini, maka Allah SWT tidak akan mengabulkan keinginan kita di akhirat."

4. "Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Allah akan memberinya cobaan."

5. "Dan sungguh Kami benar-benar akan menguji kalian agar Kami mengetahui siapa orang-orang yang bersungguh-sungguh dan bersabar di antara kalian." (Q.S Muhammad: 31)

6. "Ujian atau cobaan akan membawamu makin dekat kepada Allah atau justru menjauhkan kamu dari Allah, pilihan ada di tangan kamu." - Boona Mohammed

7. "Jika kita adalah seorang mukmin sejati, masa-masa sulit hanya akan membawa kita lebih dekat kepada Allah SWT karena kita akan memercayai rencana-Nya untuk kita. Namun, jika kita tidak tenang dan mulai mengeluh tentang segala hal, hal itu mungkin menjauhkan kita dari Pencipta Agung kita."

8. "Allah SWT memberikan pahala yang murah hati kepada mereka yang tetap sabar di saat-saat sulit. Oleh karena itu kita harus belajar untuk tidak panik agar dapat menerima pahala kita."

9. "Waktu Allah sempurna dalam segala hal. Kita tidak selalu memahami kebijaksanaan di baliknya, tapi kita harus belajar memercayainya."

10. "Allah memahami doa-doa kita bahkan ketika kita tidak dapat menemukan kata-kata untuk mengucapkannya."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami untuk Menghadapi Cobaan Hidup

11. "Dan sungguh akan Kami berikan ujian atau cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar." (Q.S Al-Baqarah: 155)

12. "Kebahagiaan tidak akan pernah datang kepada mereka yang gagal untuk menghargai berkat yang telah mereka miliki. Ucapkan Alhamdulillah setiap saat dalam hidup. "

13. "Tidak semua musibah adalah azab. Beberapa di antaranya adalah karena rahmat Allah untuk membawa kita kembali kepada-Nya."

14. "Allah menguji setiap orang dengan ujian yang berbeda-beda karena setiap orang memiliki tingkat kesabaran, toleransi, dan keimanan yang berbeda."

15. "Memiliki keyakinan yang kuat bahwa Allah SWT ada di sisi kita, itulah yang menjadikan kita seorang Muslim sejati. Kita harus belajar memiliki tawakul dalam hidup kita untuk mempermudah segala sesuatunya."

16. "Jangan biarkan kesulitanmu menguasaimu, percayalah bahwa ini hanyalah malam yang gelap dan hari yang cerah akan datang."

17. "Allah SWT hanya ingin meringankan beban umat manusia. Dia tahu semua yang terjadi di dunia ini dan segala sesuatu yang masuk ke dalam diri manusia."

18. "Barangkali cobaan ini tidak akan berakhir sampai kita bisa mengambil pelajaran dari cobaan yang menimpa kita."

19. "Kebahagiaan dan kegembiraan membuatmu tetap manis. Ujian dan kesengsaraan membuatmu kuat. Kesedihan dan air mata membuatmu menjadi manusia. Kegagalan dan kekecewaan membuatmu rendah hati."

20. "Bersikaplah baik kepada semua orang karena kamu tidak akan pernah tahu betapa orang di sampingmu menderita dan menghadapi kesulitan."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami untuk Menghadapi Cobaan Hidup

21. "Al-Qur'an mengajarkan kita bahwa setelah setiap kesulitan ada kemudahan, seperti setelah setiap malam yang gelap, ada pagi yang indah."

22. "Jika kamu menghadapi begitu banyak kesulitan dalam hidup, yakinlah akan hal ini, 'Allah sedang melatihmu untuk kemenangan yang besar."

23. "Hanya Allah yang mampu mengubah kekacauan menjadi sebuah pesan, ujian menjadi kesaksian, cobaan menjadi kemenangan, dan korban menjadi juara."

24. "Masa-masa sulit sering kali mengungkapkan warna asli orang yang kita percayai dengan sepenuh hati. Kita disakiti oleh orang yang kita cintai, tetapi kita tidak boleh membenci orang yang menyakiti kita. Sebaliknya kita harus berjanji pada diri sendiri bahwa kita tidak akan pernah menyakiti orang seperti ini selamanya."

25. "Ketika kamu mengalami sesuatu yang sulit dan kamu mulai bertanya-tanya di mana Allah berada, ingatlah, Guru selalu diam selama ujian." - Nouman Ali Khan

26. "Betapapun gentingnya keadaan itu, kita harus selalu percaya kepada kekuatan Allah SWT bahwa Dia telah menulis yang terbaik untuk kita dan kapan yang terbaik untuk kita."

27. "Dan ketahuilah, bahwa harta dan anak-anakmu hanyalah sebagai cobaan. Dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar." (Q.S Al-Anfal: 28)

28. "Jalan kebenaran selalu dimulai dengan cobaan dan kesengsaraan. Kemudian datanglah masa kesabaran dan tawakal kepada Allah. Dan berakhir dengan pencerahan, bimbingan, dan kemenangan." - Ibnu Qayyim

29. "Allah SWT ingin agar kita mensyukuri segala nikmat yang telah dianugerahkan kepada kita sebagai orang yang selalu bersyukur menerima pahala yang lebih banyak dari pada orang yang tidak bersyukur. Namun, jika seseorang terus-menerus mengeluh padahal memiliki segalanya, pasti Allah SWT akan menghukumnya."

30. "Allah menjadikanmu Muslim karena dia ingin melihatmu di Jannah. Yang harus kamu lakukan adalah membuktikan bahwa kamu layak untuk itu." 

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami untuk Menghadapi Cobaan Hidup

31. "Kita tidak boleh mengeluh atas tragedi yang terjadi di masa lalu karena kehidupan dunia ini hanya sementara."

32. "Menghindari godaan untuk berbuat dosa dan bersabar menghadapainya, itu lebih berat daripada bersabar ketika menjalani cobaan dari Allah." - Ibnu Taimiyah

33. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal itu amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal itu amat buruk bagimu. Allah maha mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (Q.S Al-Baqarah: 216)

34. "Mempraktikkan Islam akan memperindah karakter. Jika itu membuatmu tidak dapat ditoleransi, tidak sabar, dan pemarah maka kamu salah melakukannya." 

35. "Kita harus selalu mencari cara yang ditetapkan oleh Al-Qur'an dan Sunnah untuk keluar dari situasi sulit dalam hidup. Istigfar dan kesabaran adalah dua elemen kunci untuk membantu kita keluar dari situasi berbahaya."

36. "Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kamilah kalian dikembalikan." (Q.S Al-Anbiya: 35)

37. "Sesungguhnya pada setiap umat itu terdapat fitnah (ujian). Dan fitnah umatku adalah harta kekayaan."

 

Sumber: Theislamicquotes, Quotesdownload

 

Yuk, baca artikel kata-kata motivasi islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer