Sukses


7 Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Membantu Menurunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Bayam adalah satu di antara banyak sayuran yang memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi. Bayam sering dikonsumsi dengan beraneka cara. Mulai menjadikannya tumis atau menjadikannya sebagai campuran salad.

Anda dapat membeli atau menemukan bayam di berbagai pasar tradisional atau supermarket. Harganya pun cukup terjangkau.

Bayam banyak mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, asam folat, dan magnesium yang baik dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu bayam mengandung sejumlah flavonoid, yang dipercaya memiliki sifat anti-karsinogenik. Fungsinya adalah memperlambat pembelahan sel dalam lambung dan mengurangi risiko munculnya sel kanker.

Sayuran ini juga dapat dijadikan jus atau smoothie yang lezat, dan biasanya dikonsumsi oleh mereka yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Ada berbagai manfaat lain yang dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi bayam sesuai porsi pas, satu di antaranya adalah dapat meningkatkan penglihatan mata.

Berikut tujuh manfaat bayam untuk kesehatan, seperti dikutip dari Holistichealth dan Health Fitnesstevolution, Jumat (8/1/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Bayam untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Bayam mengandung banyak senyawa flavonoid berbeda yang memiliki sifat anti-inflamasi dan senyawa antikanker. Ekstrak bayam telah terbukti dapat memperlambat pembelahan sel kanker lambung dan mengurangi risiko kanker kulit.

Selain itu, antiinflamasi yang terdapat dalam bayam dapat mengurangi peradangan, yang terkadang menjadi penyebab dari munculnya berbagai macam penyakit.

2. Meningkatkan Penglihatan

Satu ikat bayam yang Anda konsumsi dapat memberikan kebutuhan vitamin A dalam sehari. Hal tersebut sesuatu yang bagus untuk mata Anda yang mengalami kelelahan.

Beta karoten adalah bentuk vitamin A yang sering ditemukan dalam tanaman seperti bayam, dan beta karoten bermanfaat untuk membantu pertumbuhan sel dan penglihatan yang lebih baik.

Selain itu berbagai kandungan dalam bayam seperti Fitokimia membantu mencegah berbagai masalah kesehatan mata, satu di antaranya katarak.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bayam untuk Kesehatan

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti sayuran hijau lainnya, bayam memiliki kadar kalori yang cukup rendah. Dengan hal itu, bayam dapat membantu usaha Anda untuk menurunkan berat badan.

Bayam juga cukup tinggi kandungan seratnya. Serat merupakan nutrisi penting yang dapat memberikan efek kenyang lebih cepat dan lebih lama untuk perut Anda.

Itulah mengapa bayam sangat bagus untuk Anda konsumsi karena dapat mencegah mengonsumsi makanan terlalu berlebihan, yang biasanya merupakan penyebab utama memiliki berat badan yang berlebih.

4. Menyehatkan Tulang

Tulang perlu asupan vitamin K untuk menjaga kesehatan dan mencegah dari berbagai penyakit, bayam merupakan satu di antara sayuran yang kaya akan kandungan vitamin K.

Asupan vitamin K yang cukup dapat menurunkan dan mengendalikan aktivasi osteoklas yang berlebihan. Osteoklas adalah sel yang biasanya dapat memecah kepadatan tulang seiring berjalannya usia.

Bayam merupakan sayuran yang dapat dijadikan sebagai pengganti susu karena kandungan kalsium di dalamnya sehingga dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bayam untuk Kesehatan

5. Menyehatkan Kulit

Bayam adalah satu di antara sayuran yang mengandung banyak air dan antioksidan. Kedua kandungan tersebut dapat memulihkan bekas luka yang diderita oleh kulit.

Bayam juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit, membantu menghentikan penuaan dini, melindungi kulit dari sinar UV, dan menghilangkan lingkar hitam pada mata.

6. Mencegah Asma

Bagi Anda yang sering terserang penyakit asma atau sering mengalami sesak napas di berbagai kondisi, mungkin memasukkan bayam ke daftar menu makanan Anda akan membantu mengatasinya.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam bayam, seperti beta karoten, vitamin C, vitamin E, kalium dan magnesium memiliki sifat antiashma.

7. Menambah Energi

Bayam kaya akan magnesium dan kalium, dua nutrisi yang digabungkan untuk menghasilkan energi dan mengatur fungsi saraf dan otot.

Simpan salad kecil bayam dengan keju feta, biji bunga matahari, dan buah di lemari es untuk membantu Anda melewati sore hari tanpa merasa lelah.

 

Sumber: Holistichealth, Health Fitnesstevolution

 

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer