Sukses


7 Manfaat Mengesankan Tepung Beras untuk Kecantikan dan Cara Penggunaannya

Bola.com, Jakarta - Tak hanya menjadi bahan dalam pembuatan kue, tepung beras juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. 

Tepung beras efektif untuk merawat penampilan kulit Anda, dan biayanya sangat terjangkau sehingga bisa menjadi alternatif kecantikan Anda.

Penggunaan tepung beras untuk kecantikan terbilang cara alami dan telah dikenal sejak ratusan tahun silam. Lantaran alami, penggunaan tepung beras untuk kecantikan relatif aman dari potensi efek samping yang membahayakan.

Tepung beras ialah tepung yang berasal dari beras yang ditumbuk atau digiling. Perlu dipahami, tepung beras tak sama dengan pati beras.

Tepung beras bisa digunakan untuk menjaga kulit senantiasa sehat dan bebas masalah, seperti jerawat dan kulit berminyak. Untuk memberikan manfaat maksimal, tepung beras dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti madu.

Penasaran apa saja manfaat kecantikan yang bisa didapat dari tepung beras? Berikut penjelasan beberapa manfaat tepung beras bagi kecantikan, seperti disadur dari Liputan6, Senin (11/1/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Tepung Beras untuk Kecantikan

1. Mengatasi kulit berminyak

Manfaat tepung beras untuk kecantikan yang pertama berasal dari sifat partikel tepung ini yang bisa menyerap minyak. 

Tdak heran tepung ini sering dijadikan pengganti bedak tabur yang alami karena sifatnya mudah menyatu dengan lapisan kulit serta menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah. Bahkan tepung beras sangat baik digunakan jika Anda memiliki tipe kulit berminyak dan acne-prone.

Cara: Buat campuran tepung beras serta tepung maizena dengan perbandingan 2: 1. Aplikasikan secara merata ke wajah menggunakan brush. Lakukan hal ini setelah mengaplikasikan foundation terlebih dahulu supaya hasil makeup tidak cracky, cakey, serta membantu makeup bertahan lebih lama.

2. Mengurangi jerawat

Manfaat tepung beras untuk kecantikan selanjutnya, mampu mengurangi jerawat pada wajah maupun area tubuh lain. Tepung beras dikenal efektif untuk mengurangi jerawat karena sifat antiseptik yang dikandungnya, di mana sangat efektif untuk melawan kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Manfaat tepung beras untuk kecantikan ini didapat juga dari kandungan allantoin yang memiliki sifat anti-inflamasi sangat baik. Kemudian, khasiat lain dari allantoin tersebut, dapat membantu perbaikan dari tekstur kulit.

Cara: Buat masker dari 2 sdm tepung beras, 1 sdm madu, dan 2 sdm gel lidah buaya. Campur rata bahan tersebut hingga membentuk pasta halus. 

Aplikasikan secara lembut masker wajah ke kulit berjerawat. Diamkan selama lima menit dan bilas menggunakan air dingin.

3 dari 5 halaman

Manfaat Tepung Beras untuk Kecantikan

3. Tabir surya

Tepung beras memiliki konsentrasi PABA yang tinggi atau Para Aminobenzoic Acid, yang sangat bermanfaat sebagai tabir surya yang sangat baik bagi kulit.

Cara: Campur tepung beras menggunakan susu dingin hingga membentuk pasta kental. Oleskan pasta tersebut ke wajah. Diamkan dahulu selama 15 menit dan bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

4. Mencerahkan kulit

Kandungan tepung beras yang sangat kaya akan mineral, menjadi satu di antara solusi alami dalam mencerahkan kulit. 

Manfaat tepung beras untuk kecantikan tidak lain berasal dari asam amino dan vitamin yang terkandung di dalamnya.

Kandungan tersebut berfungsi untuk mencerahkah kulit dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Selain itu, kandungan tirosinase pada tepung beras dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit.

Cara: Campur 2 sdm tepung beras, 1 sdt kunyit, serta 4 sdm air jeruk nipis ke dalam mangkuk. Aduk sampai jadi adonan pasta yang halus. 

Sebelum digunakan pada anggota tubuh seperti wajah sebagai masker, bersihkan wajah terlebih dahulu dan uapi wajah supaya hasilnya lebih efektif. 

Selanjutnya, aplikasikan ramuan ke kulit wajah dan diamkan sekitar 15 menit. Terakhir, bilas masker dengan air hangat sampai benar-benar bersih.

4 dari 5 halaman

Manfaat Tepung Beras untuk Kecantikan

5. Mengangkat sel kulit mati

Tekstur tepung beras yang sedikit kasar bisa dimanfaatkan sebagai scrub kulit. Dengan kata lain, penggunaan tepung beras ke kulit bisa mengangkat sel-sel kulit mati.

Tepung beras juga akan menyerap seluruh sebum pada kulit dan membuat kulit lebih bersih erta halus.

Cara: Campur bubuk tepung beras, bubuk cokelat, gula, dan madu ke dalam mangkuk hingga kental seperti lulur. Setelah itu, gunakan campuran bahan alami tersebut sebagai scrub wajah dan tubuh.

6. Menyamarkan kantong mata hitam

Munculnya kantong mata hitam ini sering menjadi masalah bagi beberapa orang karena bisa mengganggu penampilan.

Tepung beras masih menjadi satu di antara alternatif alami yang lebih aman dan murah untuk digunakan mengatasi kantong mata hitam.

Manfaat tepung beras untuk kecantikan terutama dalam menyamarkan kehitaman pada kantong mata ini tidak lain karena tepung beras mengandung asam amino serta vitamin.

Kandungan tersebut mampu membantu menyamarkan kantong mata yang gelap bahkan sudah hitam, serta memberikan efek menyegarkan pada mata yang lelah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Tepung Beras untuk Kecantikan

7. Melawan Tanda Penuaan

Tepung beras menjadi satu di antara bahan alami untuk melawan penuaan pada kulit wajah. Tepung beras punya kandungan ferulic acid, yaitu sejenis anti-oksidan yang membantu mengencangkan kulit yang kendur, menyamarkan garis-garis halus di wajah, serta membuat kulit terasa lembap.

Tepung beras sangat kaya akan vitamin B yang bisa meregenerasi sel-sel wajah serta melawan proses penuaan kulit. Tidak hanya itu, dengan penggunaan masker tepung beras secara teratur juga berfungsi untuk mempertahankan elastisitas serta kekencangan kulit dan membuat kulit terlihat segar juga awet muda.

Cara: Campur 2 sdm tepung beras, 1 putih telur, dan 1 sdm madu. Oles masker ke wajah yang telah dibersihkan sebelumnya, dan diamkan hingga benar-benar kering. Lepas masker secara perlahan ke arah atas menggunakan ujung jari. Terakhir, bilas dengan air dingin hingga bersih.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Fakhriyan Ardyanto, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 16/12/2020)

Video Populer

Foto Populer