Bola Beli: Perlengkapan yang Harus Digunakan Kiper Futsal, dari Finger Tape sampai Shin Guard

Oleh Hendry Wibowo pada 13 Jan 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 13 Jan 2021, 12:00 WIB
Pro Futsal League 2016
Ilustrasi kiper futsal. (Bola.com/Arief Bagus)

Bola.com, Jakarta - Tugas seorang kiper futsal bisa dibilang lebih sulit ketimbang penjaga gawang di permainan sepak bola. Maklum ukuran lapangan futsal lebih kecil ketimbang sepak bola.

Alhasil seorang kiper futsal dipastikan harus selalu siaga untuk menahan gempuran lawan. Agar sukses menjalankan tugasnya, kiper futsal dibekali perlengkapan yang lebih banyak ketimbang pemain lainnya.

Pada artikel ini, Bola.com mengajak pembaca untuk mengetahui perlengkapan yang harus dimiliki seorang kiper futsal.

1. Finger Tape

Bisa dibilang salah satu perlengkapan paling penting untuk digunakan kiper futsal. Pasalnya finger tape dipakai untuk menggantikan sarung tangan layaknya penjaga gawang sepak bola.

Finger tape biasanya dibalut di jari manis dan jari tengah atau sesuai kebutuhan plus kenyamanan pemakainya. Tujuan finger tape ini melindungi jari dari cedera dan keselo.

2. Knee Pad dan Elbow Pad

Dari namanya saja sudah dapat diketahui, bahwa knee pad dipakai untuk melindungi lutut. Sementara elbow pad digunakan pada sikut.

Dua perlengkapan ini bertujuan menghindari lutut dan siku dari benturan keras yang bisa berpotensi cedera.

3. Shin Guard

Shin guard yaitu bantalan pelindung tulang kering. Untuk kiper futsal, shin guard yang tidak memiliki terlalu banyak bantaan lebih familiar digunakan karena tidak menganggu kenyamanan.

Satu hal lain yang patut diperhatikan untuk memilih shin guard adalah ukurannya disesuaikan dengan tinggi badan kiper. Terpenting perlengkapan ini menutupi dengan baik area di antara pergelangan kaki dan lutut.

2 dari 3 halaman

4 dan 5

Timnas Futsal Putra Indonesia Kalah Melawan Vietnam
Ilustrasi kiper futsal. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

4. Kaus Kaki

Layaknya permainan sepak bola, kaus kaki juga jadi elemen penting untuk pemain futsal terlebih seorang kiper.

Kiper futsal biasanya memilih kaus kaki dengan ukuran panjang dan menutupi lutut. Tujuannya tentu untuk menghindari luka lantaran kiper futsal bakal jatuh bangun dalam bertugas mengamankan gawang.

5. Sepatu Futsal

Kiper futsal dituntut gesit, punya respons fantastis, dan cepat. Agar tiga aspek ini terpenuhi, pemilihan sepatu futsal jadi teramat penting. Sepatu futsal ringan bisa sangat membantu kerja seorang kiper futsal.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Half Time Show, Pandemi Covid-19 Mencabut Nyawa Sepak Bola Indonesia