Sukses


10 Tanda Demensia pada Lansia, Patut Diperhatikan

Bola.com, Jakarta - Demensia merupakan penyakit yang rentan dialami para lansia. Itulah mengapa, kita perlu mengetahui tanda demensia sedini mungkin.

Demensia adalah kumpulan gejala yang dapat terjadi karena berbagai kemungkinan penyakit. Gejala demensia termasuk gangguan dalam berpikir, komunikasi, dan memori.

Demensia lebih sering terjadi pada orang yang berusia di atas 65 tahun, tetapi juga dapat menyerang orang yang lebih muda. Awal penyakit ini bisa dimulai saat seseorang berusia 30-an, 40-an, atau 50-an.

Seseorang dikategorikan mengidap demensia ketika memiliki setidaknya dua jenis gangguan yang secara signifikan mengganggu kehidupan sehari-hari.

Berikut tanda demensia yang wajib diketahui, dinukil dari Healthline, Jumat (15/1/2021).

2 dari 6 halaman

Tanda Demensia

1. Perubahan ingatan jangka pendek yang halus

Masalah dengan ingatan bisa menjadi gejala awal demensia. Perubahan tersebut seringkali tidak kentara dan cenderung melibatkan memori jangka pendek. Orang yang lebih tua mungkin dapat mengingat peristiwa yang terjadi bertahun-tahun yang lalu, tetapi tidak dapat mengingat apa yang mereka makan saat sarapan.

Gejala lain dari perubahan dalam ingatan jangka pendek, termasuk lupa di mana mereka meninggalkan barang, berjuang untuk mengingat mengapa mereka memasuki ruangan tertentu, atau melupakan apa yang seharusnya mereka lakukan pada hari tertentu.

2. Kesulitan menemukan kata yang tepat

Gejala awal demensia lainnya adalah kesulitan mengomunikasikan pikiran. Penderita demensia mungkin mengalami kesulitan menjelaskan sesuatu atau menemukan kata-kata yang tepat untuk mengekspresikan dirinya.

Melakukan percakapan dengan penderita demensia bisa jadi sulit dan mungkin butuh waktu lebih lama untuk menyimpulkannya.

3 dari 6 halaman

Tanda Demensia

3. Perubahan mood

Perubahan mood juga umum terjadi pada demensia. Jika seseorang menderita demensia, tidak selalu mudah untuk mengenali hal ini pada dirinya sendiri, tetapi tanda ini mungkin dirasakan oleh orang terdekat. Depresi, misalnya, merupakan ciri khas demensia awal.

Seiring dengan perubahan suasana hati, pengidap demensia mungkin juga melihat perubahan kepribadian. Satu di antara jenis perubahan kepribadian yang terlihat pada demensia adalah perubahan dari pemalu menjadi ramah. Hal ini karena kondisi tersebut seringkali memengaruhi penilaian.

4. Apati

Apati atau kelesuan biasanya terjadi pada demensia dini. Seseorang dengan gejala ini bisa kehilangan minat pada hobi atau aktivitas. Mereka mungkin tidak ingin keluar lagi atau melakukan sesuatu yang menyenangkan.

Mereka mungkin kehilangan minat untuk menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga, dan mereka mungkin tampak datar secara emosional.

4 dari 6 halaman

Tanda Demensia

5. Kesulitan menyelesaikan tugas biasa

Perubahan halus dalam kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas normal dapat mengindikasikan bahwa seseorang menderita demensia dini. Ini biasanya dimulai dengan kesulitan melakukan tugas yang lebih kompleks, seperti bermain game yang memiliki banyak aturan.

Seiring dengan perjuangan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang sudah dikenal, mereka mungkin berjuang untuk belajar bagaimana melakukan hal-hal baru atau mengikuti rutinitas baru.

6. Kebingungan

Seseorang di tahap awal demensia mungkin sering menjadi bingung. Ketika ingatan, pemikiran, atau penilaian hilang, kebingungan mungkin muncul karena mereka tidak dapat lagi mengingat wajah, menemukan kata-kata yang tepat, atau berinteraksi dengan orang secara normal.

Kebingungan dapat terjadi karena sejumlah alasan dan berlaku untuk situasi yang berbeda. Misalnya, mereka mungkin salah meletakkan kunci mobil, lupa apa yang akan terjadi pada hari itu, atau kesulitan mengingat seseorang yang pernah mereka temui sebelumnya.

5 dari 6 halaman

Tanda Demensia

7. Kesulitan mengikuti alur cerita

Kesulitan mengikuti alur cerita dapat terjadi karena demensia dini. Ini adalah gejala awal demensia klasik. Sama seperti menemukan dan menggunakan kata-kata yang tepat menjadi sulit, pengidap demensia terkadang lupa arti kata yang mereka dengar atau kesulitan mengikuti percakapan atau program TV.

8. Rasa gagal arah

Indra arah dan orientasi spasial biasanya mulai memburuk saat terjadi demensia. Hal ini bisa berarti tidak mengenali landmark yang pernah dikenal dan melupakan petunjuk arah yang biasa digunakan. Juga menjadi lebih sulit untuk mengikuti serangkaian arahan dan petunjuk langkah demi langkah.

6 dari 6 halaman

Tanda Demensia

9. Aktivitas berulang

Pengulangan sering terjadi pada demensia karena kehilangan ingatan dan merubah perilaku secara umum. Orang tersebut mungkin mengulangi tugas sehari-hari, seperti mencukur, atau mereka mungkin mengumpulkan barang secara obsesif.

Mereka juga mungkin mengulangi pertanyaan yang sama dalam percakapan setelah dijawab.

10. Berjuang untuk beradaptasi dengan perubahan

Bagi seseorang di tahap awal demensia, pengalaman tersebut dapat menimbulkan rasa takut. Tiba-tiba, mereka tidak dapat mengingat orang yang mereka kenal atau ikuti apa yang dikatakan orang lain. Mereka tidak ingat mengapa mereka pergi ke toko, dan mereka tersesat dalam perjalanan pulang.

Itulah menagapa, mereka mungkin mendambakan rutinitas dan takut mencoba pengalaman baru. Kesulitan beradaptasi terhadap perubahan juga merupakan gejala khas demensia dini.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel tanda lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer