Sukses


11 Tanda Skoliosis yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Skoliosis merupakan satu di antara kelainan tulang belakang yang kerap dialami. Seseorang yang mengalami penyakit tersebut memiliki tanda kurva menyamping di tulang belakang.

Kurva tersebut, sering membentuk pola S atau C.

Skoliosis belum diketahui penyebabnya. Kebanyakan, Skoliosis kerap dialami oleh wanita dan tanda tersebut sering muncul pada fase anak-anak dan remaja.

Tanda skoliosis mulai muncul sebelum pubertas. Beberapa kasus, orang yang menderita skoliosis akan mengalami kasus ringan, sehingga tak melihat ada bentuk yang aneh pada tulang belakang.

Skoliosis menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, masalah berjalan, dan bahkan masalah pernapasan. Selain itu, ada beberapa tanda seseorang mengalami skoliosis.

Berikut tanda skoliosis yang jarang disadari dan patut diperhatikan, dikutip dari Bustle, Sabtu (16/1/2021).

2 dari 6 halaman

Tanda Skoliosis yang Jarang Diketahui

Satu di antara bahu terlihat lebih tinggi

Cara mudah untuk mengenali skoliosis adalah dengan melihat ke cermin, berdiri tegak, dan memeriksa apakah salah satu bahu tampak lebih tinggi dari yang lain. Munculnya bahu yang tidak rata adalah gejala umum skoliosis.

Ini sering dimulai di masa kanak-kanak selama percepatan pertumbuhan, di mana kelengkungan tulang belakang menggeser keselarasan alami bahu. Akibatnya, salah satu tulang belikat tampak lebih menonjol dari yang lain.

Rusuk terlihat lebih banyak di satu sisi

Seiring dengan bahu yang tidak rata, Anda mungkin memperhatikan bahwa tulang rusuk lebih menonjol ke satu sisi, menyebabkan tubuh terlihat "tidak rata".

"Hal ini disebabkan oleh kurva tulang belakang yang tidak normal," kata Dr. Scott Rosner, Chiropractor di Wholebody Solutions, kepada Bustle.

Ketika seseorang menderita skoliosis, kurva tulang belakang bergeser ke samping. Ini menciptakan perubahan pada struktur terkait, seperti panggul dan tulang rusuk, memberikan tampilan yang tidak rata.

3 dari 6 halaman

Tanda Skoliosis yang Jarang Diketahui

Satu di antara kaki terlihat lebih pendek

Jika tulang belakang melengkung, ia mungkin "mengencangkan" satu sisi tubuh, menyebabkan satu kaki tampak lebih pendek dari yang lain. Penderita skoliosis mungkin memperhatikan bahwa kaki celananya selalu tampak tidak rata, atau salah satu ujungnya menjejak lantai, sementara yang lain tidak. Ini juga bisa terjadi karena pergeseran tulang belakang dan ketidakseimbangan yang dihasilkan pada tubuh.

Satu lengan terasa lebih panjang

Selain tanda pada kaki, penderita skoliosis mungkin memperhatikan bahwa satu lengan kemeja selalu lebih panjang dari yang lain, terlepas dari ukuran sebenarnya. Ini bisa terjadi karena adanya perubahan kurva tulang bahu yang bisa salah satu lebih tinggi atau lebih rendah dari yang lain. Perubahan postur tubuh ini dapat menyebabkan kesan bahwa salah satu lengan lebih pendek dari yang lain.

4 dari 6 halaman

Tanda Skoliosis yang Jarang Diketahui

Baju selalu berkerut di satu sisi

Kerutan pakaian tidak secara otomatis berarti skoliosis, tetapi jika Anda terus-menerus merapikan bagian belakang kemeja, itu bisa menjadi tanda skoliosis yang sangat halus. Misalnya, akan ada banyak kerutan atau lipatan di punggung bawah di sisi kanan, lalu beberapa menumpuk lebih tinggi di punggung di sisi kiri.

Hal ini mungkin disebabkan karena skoliosis dapat menyebabkan "punuk" di punggung. Ini membuat satu sisi menonjol lebih jauh dari yang lain.

Sepatu terasa lebih banyak dipakai di satu sisi

Karena tulang belakang yang melengkung menggeser panggul, ini bisa membuat seluruh cara berjalan jadi tidak sejajar. Perubahan di pinggul ini bisa mempengaruhi keausan pada sepatu pasien. Ini terjadi akibat perubahan panjang kaki. Langkah yang terkait dengan gaya berjalan mereka dapat memanjang atau memendek, menyebabkan peningkatan keausan pada sepatu.

5 dari 6 halaman

Tanda Skoliosis yang Jarang Diketahui

Pundak terasa aneh saat menggendong tas

Jika punggung melengkung dan satu sisi tubuh lebih rendah dari yang lain, hal itu dapat menyebabkan perubahan halus pada cara menggendong tas. Tas atau tali ransel akan terus-menerus terlepas dari satu bahu karena ketidakseimbangan bahu. Jadi perhatikan saat memiliki preferensi untuk memegang tas di satu sisi dan bukan di sisi lainnya, atau terus-menerus menyesuaikan tas saat berjalan.

Merasa tidak nyaman saat berjalan

Adanya masalah gaya berjalan yang terkait dengan skoliosis, Anda mungkin merasa "tidak nyaman" saat berjalan atau berlari. Saat berjalan penderita skoliosis juga tidak akan mengayunkan lengan mereka secara seimbang.

6 dari 6 halaman

Tanda Skoliosis yang Jarang Diketahui

Nyeri otot kronis

Jika tubuh sedikit tidak sejajar, hal itu dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang tidak menyenangkan. Nyeri ini bahkan bisa berlanjut dan menjadi kronis. Seringkali, otot-otot ini tidak responsif terhadap pengobatan.

"Seiring waktu, skoliosis dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot di sekitar tulang belakang yang dapat membuat otot menjadi kencang atau lemah secara kronis," kata Dr. Dan Kirk, Dokter Kiropraktik dan Dokter Olahraga Kiropraktor Bersertifikat di Lateral Fitness, kepada Bustle.

Selalu bersandar ke satu sisi saat berdiri

Meskipun nyaman untuk menekuk lutut dan sedikit bersandar saat Anda berdiri, perhatikan jika terus-menerus memberi beban lebih pada satu kaki daripada yang lain.

Skoliosis menciptakan ketidakseimbangan panggul yang seringkali memfasilitasi berdiri asimetris dengan lebih banyak beban pada satu kaki, atau selalu berdiri dengan satu kaki di belakang kaki lainnya.

Kesulitan bernapas

Jika merasa sedikit tidak nyaman saat menarik napas dalam-dalam, atau terkadang merasa sedikit "tercekik", bisa jadi itu karena tulang belakang yang tidak rata.

"Anda mungkin kesulitan menarik napas dalam karena skoliosis mungkin membatasi ekspansi tulang rusuk," kata Lyndsay Hirst, Chartered Physiotherpist, kepada Bustle.

 

Sumber: Bustle

Yuk, baca artikel tanda lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer