45 Kata-Kata Islami tentang Rezeki, Menginspirasi dan Menyemangati

Oleh Rheza Aditya Gradianto pada 19 Jan 2021, 19:40 WIB
Diperbarui 19 Jan 2021, 19:40 WIB
Ilustrasi Islam
Ilustrasi Islam. (Bola.com/Pixabay)

Bola.com, Jakarta - Ada banyak hal yang dapat memberimu motivasi serta semangat dalam mencari rezeki bagi diri sendiri maupun keluarga, satu di antaranya dengan membaca dan memaknai kata-kata bijak Islami.

Secara umum, rezeki dapat diartikan sebagai suatu hal yang diberikan oleh Tuhan untuk memelihara kehidupan, seperti nafkah atau makanan sehari-hari.

Namun, rezeki bukan hanya dalam bentuk materi. Kesehatan, keselamatan, kebahagiaan, juga merupakan rezeki dari Allah SWT.

Untuk mendapatkan rezeki dari Allah, kita perlu berusaha sekuat tenaga dan selalu bertawakal kepada-Nya dalam setiap hal yang kita lakukan.

Terkadang, orang tertipu akan makna dari rezeki dan mengira besaran rezeki yang didapat bergantung dengan seberapa banyak uang yang dimiliki.

Itulah mengapa, tak sedikit yang tertipu dan terbuai dengan godaan di dunia sehingga meninggalkan segala hal yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Di sisi lain, masih banyak rezeki yang diberikan kepada umat-Nya, selain harta atau uang yang terkadang dianggap segalanya oleh sebagian orang.

Kata-kata bijak Islami tentang rezeki juga dapat membuatmu memahami arti sesungguhnya dari rezeki yang akan membawamu ke jalan yang lebih baik.

Berikut 45 kata-kata bijak Islami tentang rezeki, yang dapat kamu jadikan sebagai pelajaran berharga, seperti dikutip dari Greatmuslimquotes dan Brilio, Selasa (19/1/2021).

2 dari 6 halaman

Kata-Kata Islami tentang Rezeki

Ilustrasi Islam
Ilustrasi Islam. (sumber: Pixabay)

1. "Manusia sudah diciptakan lengkap dengan rezekinya masing-masing, tidak akan tertukar. Tinggal jemput dengan ikhtiar dan doa. Cari berkah-Nya dengan cara yang halal."

2. "Dan berapa banyak binatang yang tidak dapat membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan juga kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Ankabut: 60)

3. "Siapa yang senang untuk dilapangkan rezekinya, dan diakhirkan ajalnya, maka hendaknya dia menyambung tali silaturahmi."

4. "Allah katakan bahwa rezeki, nafkah, dan uang akan datang, dan bahkan yang lebih baik lagi dari itu, jika kepedulianmu tidak hanya tercurah pada diri sendiri. Kepedulianmu harusnya tercurah juga kepada orang lain. Islam tidak menentang kekayaan. Tapi, islam menentang kekayaan yang hanya melayani dan menguntungkan diri sendiri."

5. "Jangan takut tidak punya rezeki. Takutlah kalau tidak berkah, takutlah kalau tidak punya syukur, takutlah tidak punya sabar."

6. "Rezeki itu adalah ujian. Dimewahkan bukan berarti dimuliakan, disempitkan bukan berarti dihinakan. Dua kunci yang meluluskan kita adalah syukur dan sabar."

7. "Rezeki itu milik Allah. Makin kita ikhlas memberi kepada orang lain, Insyaallah Dia memudahkan rezeki kita."

8. "Rezeki yang disyukuri akan terasa lapang, rezeki yang dikufuri akan terasa kurang."

9. "Fokuskanlah pikiranmu untuk memikirkan apa pun yang diperintahkan Allah kepadamu. Jangan menyibukkan diri dengan rezeki yang sudah dijamin untukmu karena rezeki dan ajal adalah dua hal yang sudah dijamin. Selama masih ada sisa ajal, rezeki pasti datang. Jika Allah dengan hikmah-Nya berkehendak menutup salah satu jalan rezekimu, Dia pasti dengan rahmat-Nya membukakan jalan lain yang lebih bermanfaat bagimu"

10. "Rezeki dari Allah itu pasti cukup untuk hidup, tapi tak akan cukup untuk gaya hidup."

3 dari 6 halaman

Kata-Kata Islami tentang Rezeki

Ilustrasi Islam, Muslim
Ilustrasi Islam, Muslim. (Sumber: Pixabay)

11. "Alangkah lebih baik jika kamu mensyukuri segala nikmat yang Tuhan beri daripada terus menghitung kekuranganmu."

12. "Jalan terindah dari kehidupan adalah mensyukuri apa yang telah kita jalani setiap hari, tanpa ada penyesalan diri."

13. "Harus selalu bersyukur dan tidak berkeluh kesah. Dengan demikian perjalanan hidup baru bisa lancar tanpa hambatan."

14. "Jangan takut jika usiamu tua, tapi takutlah jika mada mudamu tak berguna."

15. "Seseorang boleh menglami pahit getirnya perjalanan hidup. Tetapi, dia tak boleh berhenti dan tak boleh kehilangan impiannya."

16. "Dalam kondisi sesulit apa pun, kita harus mampu menumbuhkan sikap positif, optimistis, penuh harapan untuk masa depan yang lebih baik.

17. "Untuk mendapatkan sesuatu yang kau inginkan, terkadang kahu harus bersabar dengan sesuatu yang kau benci."

18. "Bagi siapa pun yang tak pernah kehilangan semangat, kegagalan hanyalah sesuatu yang sementara."

19. "Kemakmuran dan kesuksesan datang bagi orang yang menciptakan nilai besar dalam dirinya sendiri."

20. "Jangan iri dengan pencapaian orang lain yang lebih baik dari kita. Jadikan itu motivasi kenapa orang lain bisa dan kita harus juga bisa dan harus lebih baik."

4 dari 6 halaman

Kata-Kata Islami tentang Rezeki

Ilustrasi membaca doa
Ilustrasi membaca doa. Credit: freepik.com

21. "Seandainya kalian betul-betul percaya (tawakal) kepada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rezeki sebagaimana burung mendapatkan rezeki. Burung tersebut pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali pada sore harinya dalam keadaan kenyang."

22. "Sungguh, Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas." (QS. Ali Imran: 37)

23. "Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya itu tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)." (QS. Huud: 6)

24. "Aku sudah melihat segala bentuk rezeki, tapi tidak aku temukan rezeki yang lebih baik daripada kesabaran." - Umar bin Khattab

25. "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut ditimpa kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya, membunuh mereka adalah suatu perbuatan dosa besar." (QS. AL-Isra': 31)

26. "Wahai hamba-Ku, kalian semua adalah orang yang lapar, kecuali orang yang Aku beri makan, maka hendaklah kalian meminta makan kepada-Ku, pasti akan Aku beri."

27. "Atau siapakah dia yang dapat memberi kamu rezeki jika Allah menahan rezeki-Nya?" (QS. Al-Mulk: 21)

28. "Barang siapa terus menerus memohon ampunan (kepada Allah), maka Allah akan memberikan baginya kebebasan dari setiap kesusahan, jalan keluar dari setiap kesempitan, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka."

29. "Rezeki tidak hanya berupa kekayaan. Kesehatan, pasangan, keturunan, teman baik, pengetahuan, keterampilan, kecerdasan, dan sebagainya juga merupakan rezeki yang Allah berikan kepadamu. Maka mintalah rezeki yang baik kepada-Nya dan senantiasa bersyukur kepada-Nya atas semua nikmat yang telah Dia berikan kepadamu."

30. "Dan Allah akan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah akan melaksanakan urusan yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi segala sesuatu." (QS. At-Talaq: 3)

5 dari 6 halaman

Kata-Kata Islami tentang Rezeki

Ilustrasi Al-Qur’an
Ilustrasi Al-Qur’an. Credit: freepik.com

31. "Jangan mencari rezeki dengan berbuat maksiat karena karunia Allah tidaklah didapat dengan perbuatan maksiat."

32. "Satu hal yang perlu disadari saat iri pada rezeki orang lain. Mungkin ibadahnya jauh lebih baik dari kita sebab itu Allah mencurahkan rahmat-Nya."

33. "Seseorang merasa bahagia bukan karena ia memiliki banyak harta, tetapi karena ia tidak membandingkan apa yang ia miliki dengan milik orang lain."

34. "Rezeki berkah apabila mendatangkan ketenangan, bermanfaat untuk orang banyak, membuatmu ringan untuk bersedekah, membuatmu merasa cukup dan banyak bersyukur."

35. "Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezeki kepadamu, maka mintalah rezeki dari Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada-Nya kamu akan dikembalikan." (QS. Al-ankabut: 17)

36. "Manusia tidak pernah tahu di mana dia harus menjemput rezekinya, tapi rezeki pasti tahu di mana pemiliknya."

37. "Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di bumi ini tempat hijrah yang luas dan (rezeki) yang banyak." (QS. An-Nisa: 100)

38. "Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan."

39. "Barang siapa terus menerus memohon ampun (kepada Allah), maka Allah akan memberikan baginya kebebasan dari setiap kesusahan, jalan keluar dari setiap kesempitan, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka."

40. "Makin banyak kita bersyukur, makin banyak kebahagiaan yang kita dapatkan."

6 dari 6 halaman

Kata-Kata Islami tentang Rezeki

Ilustrasi Islam, Al-Qu'ran
Ilustrasi Islam, Al-Qu'ran. (Sumber: Pixabay)

41. "Ilmu berasal dari rezeki Allah: Dia melimpahkannya kepada siapapun yang Dia kehendaki." - Muhammad bin Ismaa'eel al-Bukhaaree

42. "Hal-hal baik di dunia ini adalah memperoleh rezeki yang diperoleh secara sah dan ilmu yang bermanfaat, dan hal yang baik di akhirat adalah surga." -Sufyān al-Thawrī

43. "Kekayaan harus dilihat seperti toilet karena kamu membutuhkannya dan menggunakannya bila perlu, tetapi tidak ada tempat di hatimu." - Ibn Taymiyyah 

44. "Allah telah menjanjikan segala kebaikan serta hal baik bagi setiap umatnya yang mencari rezeki dengan cara halal dan tidak merugikan orang lain."

45. "Mencari rezeki dengan serakah hanya karena iri dengan kepemilikan orang lain hanya akan membuatmu terjerumus ke dalam lembah penyiksaan di akhirat nanti."

 

Sumber: Greatmuslimquotes, Brilio.net (Penulis: Dwiyana Pangesthi. Published: 16/12/2020)

 

Yuk, baca artikel kata-kata bijak islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓