Sukses


10 Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Madu merupakan obat tradisional yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Khasiatnya sudah bukan rahasia umum.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya produk kecantikan dan obat-obatan yang memakai madu sebagai bahan dasarnya. Bahkan madu juga dijadikan sebagai bahan campuran dalam beberapa makanan dan minuman.

Madu berawal dari nektar yang dihasilkan oleh lebah. Madu alami jauh lebih berkhasiat ketimbang di kemasan yang telah tercampur oleh bahan-bahan lainnya. Di sisi lain, madu asli juga bersifat lebih kental daripada yang kemasan.

Madu memiliki rasa manis yang khas karena mengandung unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, yang lebih baik ketimbang gula.

Madu mengandung kalori gula yang dapat menyerap lemak dengan baik, terutama apabila dikonsumsi bersamaan dengan air hangat.

Berikut manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan, dikutip dari Dabur dan Healthline, Jumat (22/1/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Madu bagi Kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

Madu dapat berguna dalam penurunan berat badan. Menurut penulis dan ahli gizi terkenal, Mike McInnes, madu membakar lemak tubuh bahkan saat Anda sedang tidur.

Hal ini adalah satu di antara makanan terbaik untuk menurunkan berat badan. Dokter menganjurkan untuk makan sesendok madu sebelum tidur.

Anda juga bisa mengonsumsinya dengan air hangat saat perut kosong di pagi hari. Meminumnya di pagi hari, membantu meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Madu juga baik untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

2. Memperkuat sistem Kekebalan Tubuh

Madu memiliki khasiat obat yang tak terhitung jumlahnya, yang secara alami membantu menyembuhkan sakit tenggorokan. Antioksidan dan aset melawan bakteri juga membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur.

Menurut dokter dan ilmuwan, madu memiliki jumlah antioksidan tinggi dan bila dikonsumsi setiap hari dapat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan dalam jangka panjang.

3 dari 6 halaman

Manfaat Madu bagi Kesehatan

3. Menutrisi kulit dan wajah

Menggunakan madu untuk kulit sangat berguna karena sifatnya yang melembabkan dan bergizi. Madu adalah pelembab alami terbaik, terutama untuk kulit kering dan sangat mudah diaplikasikan.

Madu tidak hanya menyumbat pori-pori, tetapi juga membantu melembabkan kulit yang kering. Hal ini juga membantu menyembuhkan bibir pecah-pecah.

Banyak orang juga menggunakan masker madu untuk koreksi warna kulit, juga menjadi antiseptik alami, berguna untuk pengobatan luka, memar, luka, luka bakar, dan infeksi lainnya.

4. Meningkatkan ingatan

Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, satu di antaranya meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Madu tidak hanya meningkatkan kekuatan otak dan memori, tetapi juga membuat Anda menjadi orang yang lebih sehat.

Konsumsi madu mencegah stres metabolik dan membantu menenangkan otak, yang membantu menambah memori dalam jangka panjang.

Antioksidan alami dan sifat terapeutik dalam madu membantu meningkatkan sistem kolinergik otak dan sirkulasi serta sel surut yang menyebabkan hilangnya ingatan.

4 dari 6 halaman

Manfaat Madu bagi Kesehatan

5. Obat Tradisional untuk Batuk

Madu dikenal sebagai satu di antara pengobatan terbaik untuk batuk kering serta batuk basah. Penelitian juga menunjukkan meminum satu sendok makan madu dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan.

Madu adalah obat alami yang lebih disukai untuk batuk, terutama untuk anak-anak, karena membantu meredakan batuk di malam hari, memungkinkan tidur yang nyenyak.

6. Obat alami untuk Ketombe

Madu sangat bermanfaat untuk rambut. Madu adalah satu di antara bahan alami terbaik pengobatan untuk ketombe. Tidak hanya memberi nutrisi pada rambut kering, tetapi juga memberi Anda rambut halus dan lembut.

Anda juga bisa menggunakan madu dan lavender dengan teh hijau untuk mencegah rambut rontok.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan dua sendok makan madu dengan minyak sayur dalam jumlah yang sama dan mengoleskannya pada rambut Anda. Biarkan masker rambut ini selama 15 menit, lalu bilas sebelum keramas.

5 dari 6 halaman

Manfaat Madu bagi Kesehatan

7. Menyembuhkan Luka

Madu memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan. Itulah sebabnya madu digunakan untuk penyembuhan luka.

Setelah cedera kulit, bakteri yang hidup di kulit Anda dapat menginfeksi dan menembus luka. Madu, telah terbukti dapat menghancurkan bakteri tersebut.

8. Membuat Tidur Nyenyak

Anda harus mencoba meminum minuman yang terbuat dari susu hangat dan madu sebelum Anda tidur. Selama berabad-abad, orang telah menggunakan minuman ini untuk membantu tidur.

Minuman ini cukup mudah dibuat. Yang perlu Anda lakukan hanya menambahkan satu sendok teh madu ke dalam segelas susu panas, atau tambahkan satu atau dua sendok teh madu ke dalam secangkir teh.

6 dari 6 halaman

Manfaat Madu bagi Kesehatan

9. Mencegah Kanker dan menyehatkan jantung

Madu mengandung antioksidan tinggi, yang dapat menangkal pertumbuhal sel-sel jahat dalam tubuh, termasuk kanker.

Tak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker, madu bisa meningkatkan kesehatan jantung berkat kandungan antioksidan dan flavonoid. Madu juga dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah sehingga mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

10. Mencegah Diabetes

Madu dapat mencegah diabetes. Penyakit yang satu ini disebabkan kadar gula darah yang terlalu tinggi lantaran banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis. Oleh karena itu, madu adalah solusinya.

Anda sebagaiknya mengganti gula dengan madu murni sebagai pemanis. Madu memiliki kombinasi fruktosa dan glukosa dapat membantu tubuh mengatur kadar gular darah.

 

Sumber: Dabur, Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer