Sukses


8 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Donor darah merupakan upaya seseorang dalam memberikan sejumlah darahnya yang ditranfusikan kepada orang lain. Pentingnya donor darah ditekankan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut WHO dikutip dari Boldsky, satu kantong sumbangan darah dapat menyelamatkan sebanyak tiga nyawa.

Selain digunakan untuk transfusi darah, satu kantong donor darah juga bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Dalam satu kantong tersebut bisa dipisahkan dalan beberapa kompenen seperti sel darah merah, trombosit atau plasma darah.

Ada tiga jenis donor darah, yakni sukarela, dibayar, dan keluarga atau pengganti.

Syarat menjadi pendonor darah juga cukup mudah, seperti usia pendonor harus berada di antara 18-60 tahun dan berat badan harus lebih dari 45 kg.

Dalam jangka panjang, donor darah memiliki manfaat untuk menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh.

Berikut beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan, dilansir dari Boldsky, Jumat (22/1/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

1. Mengurangi penyakit jantung

Satu di antara manfaat kesehatan dari mendonorkan darah secara teratur adalah membuat jantung Anda senantiasa sehat.

Dengan melakukan donor darah, otomatis sirkulas darah Anda akan mejadi lebih baik, jantung akan terlatih untuk terus memompa darah sehingga dapat meningkatkan zat besi dalam darah dan menjadikan tubuh lebih sehat serta mengurangi risik mengidap penyakit jantung.

2. Membakar kalori

Mendonorkan darah secara teratur akan membantu Anda membakar kalori dalam tubuh. Ketika darah yang Anda donorkan sebanyak 450 ml, Anda kehilangan sekitar 650 kalori.

3. Menurunkan risiko kanker

Selain membantu membakar kalori, mendonorkan darah dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

4. Meningkatkan produksi darah

Manfaat mendonorkan darah secara teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses mendonorkan darah ini akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.

5. Pikiran lebih stabil

Mendonorkan darah secara rutin dapat membantu Anda menjaga pikiran tetap stabil. Dengan mendonorkan darah, dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan damai.

Bahagia karena dapat menolong sesama dan damai dengan tubuh sendiri, dapat meningkatkan kesehatan secara psikologis.

6. Bagian dari periksa kesehatan

Mendonorkan darah dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah yang Anda miliki berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, tim medis akan melihat apakah Anda menderita suatu penyakit tertentu atau tidak.

Sebab, jika Anda negatif dari segala jenis penyakit, darah yang Anda miliki dapat disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Jika tidak, Anda akan diberitahu apa yang sebenarnya sedang terjadi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

7. Menjadi lansia yang sehat

Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan prima di usianya yang telah lanjut. Hal ini sebabkan karena mereka senantiasa menyumbangkan darahnya sejak muda.

8. Menurunkan kolesterol

Manfaat kesehatan lain dari mendonorkan darah secara rutin adalah menurunkan kolesterol sehingga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Dengan melakukan donor darah, kolesterol yang ada di dalam darah secara tidak langsung akan berkurang bersamaan dengan keluarnya darah yang lama. Hal ini sangat bagus untuk menurunkan kolesterol.

 

Sumber: Boldsky

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer