Sukses


7 Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan, Kaya Nutrisi dan Protein

Bola.com, Jakarta - Yoghurt merupakan produk susu yang dibuat dengan memfermentasi susu dengan kultur yoghurt. Manfaat yoghurt bagi tubuh berasal dari kandungan protein dan kalsium yang dapat meningkatkan bakteri usus yang sehat.

Kandungan-kandungan berguna untuk melindungi Anda dari steoporosis hingga meredakan penyakit usus yang sensitif dan membantu pencernaan.

Pembuatan yoghurt dimulai dari susu atau krim segar, lalu difermentasi dengan berbagai kultur bakteri hidup, dan diinkubasi pada suhu tertentu untuk mendorong pertumbuhan bakteri.

Kultur memfermentasi laktosa, gula alami yang ditemukan dalam susu. Ini menghasilkan asam laktat, yang memberi yoghurt rasa yang khas.

Lantas, apa saja manfaat yoghurt bagi kesehatan? Berikut rangkumannya, yang dilansir dari Healthline, Selasa (26/1/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan

1. Kaya akan Nutrisi Penting

Yoghurt menyediakan hampir semua nutrisi yang dibutuhkan Anda. Kandungan tersebut antara lain kalsium, vitamin B, dan mineral.

Kalsium dan mineral sangat diperlukan untuk kesehatan gigi dan tulang. Sementara vitamin B berguna untuk melindungi Anda dari penyakit jantung.

2. Tinggi Protein

Yoghurt, terutama varietas Yunani, sangat tinggi protein. Mendapatkan protein yang cukup juga penting untuk pengaturan nafsu makan karena meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang.

Ini secara otomatis mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi secara keseluruhan, yang bermanfaat untuk pengendalian berat badan.

3. Bermanfaat bagi Sistem Pencernaan

Beberapa jenis yoghurt mengandung probiotik, yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengurangi gejala gangguan pencernaan yang umum, seperti kembung, diare, dan sembelit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Yoghurt menyediakan probiotik, vitamin, dan mineral, yang semuanya dapat meningkatkan kesehatan kekebalan dan mencegah penyakit tertentu.

Probiotik telah terbukti mengurangi peradangan, yang dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan, mulai infeksi virus hingga gangguan usus.

Yoghurt yang diperkaya vitamin D dapat meningkatkan kesehatan kekebalan lebih jauh. Vitamin D telah dipelajari potensinya untuk mencegah penyakit seperti flu biasa dan flu.

5. Melindungi dari Osteoporosis

Yoghurt kaya akan vitamin dan mineral yang berperan penting untuk kesehatan tulang. Mengonsumsinya secara teratur dapat mengurangi risiko osteoporosis.

Vitamin dan mineral yang dimaksud adalah kalsium, protein, kalium, fosfor, dan terkadang vitamin D.

4 dari 4 halaman

Manfaat Yogurt bagi Kesehatan

6. Bermanfaat bagi Kesehatan Jantung

Kandungan lemak yoghurt menjadi satu di alasan mengapa kesehatannya sering kontroversial. Yoghurt mengandung sebagian besar lemak jenuh, dengan sejumlah kecil asam lemak tak jenuh tunggal.

Lemak jenuh sebelumnya diyakini menyebabkan penyakit jantung, tetapi penelitian terkini menunjukkan bahwa tidak demikian. Meski begitu, jenis yoghurt bebas lemak dan rendah lemak masih populer di Amerika Serikat.

Beberapa penelitian menunjukkan asupan lemak jenuh dari produk susu meningkatkan kolesterol HDL "baik", yang dapat melindungi kesehatan jantung. Penelitian lain menemukan asupan yoghurt mengurangi insiden keseluruhan penyakit jantung.

7. Membantu Mengatur Berat Badan

Yoghurt mengandung protein tinggi, yang sangat mengenyangkan, dan dapat meningkatkan pola makan Anda secara keseluruhan. Kedua aspek ini membantu mengatur berat badan.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer