Sukses


8 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan, Turunkan Tekanan Darah dan Risiko Penyakit Jantung

Bola.com, Jakarta - Tubuh kita selalu membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Satu di antara nutrisi yang cukup penting bagi tubuh adalah vitamin C.

Manfaat paling penting dari vitamin C adalah untuk menjaga kekebalan dan menghindarkan tubuh dari berbagai jenis penyakit.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dengan meminum suplemen atau mengonsumsi sumber alami vitamin C, seperti jeruk, apel, cabai, brokoli, dan stroberi.

Vitamin C sering disebut sebagai asam askorbat, termasuk satu di antara vitamin yang larut dalam air dan tidak diproduksi sendiri oleh tubuh.

Vitamin C juga merupakan vitamin yang mudah didapatkan dan dapat dikonsumsi oleh semua kalangan tanpa memiliki efek samping yang berarti, selama dikonsumsi sesuai aturan.

Tubuh kita perlu mendapatkan asupan vitamin C setiap hari agar fungsi organ dapat berjalan dengan lancar. Jika kekurangan vitamin C, tubuh Anda akan mudah diserang berbagai macam penyakit.

Berikut delapan manfaat vitamin C bagi kesehatan, yang perlu Anda ketahui semenjak dini, seperti dikutip dari Healthline dan Dnafit, Kamis (28/1/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

1. Menurunkan Tekanan Darah

Sifatnya yang larut dalam air, vitamin C dapat bertindak sebagai diuretik yang dapat membantu ginjal mengeluarkan lebih banyak air, membantu melemaskan dinding pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah yang turun, otomatis menekan risiko terkena penyakit berbahaya, seperti stroke serta dapat meningkatkan kesehatan jantung.

2. Antioksidan yang Kuat

Vitamin C adalah antioksidan yang cukup kuat. Antioksidan bertindak sebagai pelindung sel dan membatasi kerusakan dengan menstabilkan sel dan menetralkan dari radikal bebas.

Mengonsumsi nutrisi seperti vitamin C dapat bermanfaat bagi kulit agar terlihat lebih awet muda dan melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit kronis.

Sebuah studi mengatakan mengonsumsi vitamin C secara rutin setiap hari dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam darah sebesar 30 persen. Hal tersebut membantu tubuh Anda melawan peradangan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, membentuk masa otot, dan mempertahankan kondisinya saat ini dengan berolahraga, Anda membutuhkan vitamin C untuk membantu melancarkan usaha tersebut.

Penelitian menunjukkan, seseorang yang memiliki kandungan vitamin C lebih banyak, akan lebih mudah dalam pembakaran lemak saat berolahraga daripada mereka yang memiliki lebih sedikit kandungan vitamin C dalam tubuh.

Itulah mengapa, Anda membutuhkan asupan vitamin C yang rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam usaha membakar lemak dalam tubuh. 

4. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Vitamin C cukup berperan besar untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit kepala yang dapat menguatkan akar rambut.

Vitamin C dapat membantu membangun protein kolagen dan penyerapan zat besi, yang tidak hanya dapat menjaga kulit dan rambut menjadi lebih sehat, namun juga memiliki kulit yang lebih cerah.

4 dari 5 halaman

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dikenal dengan manfaatnya untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat membantu tubuh agar tidak terkena berbagai macam penyakit, satu di antaranya flu.

Beberapa penelitian menunjukkan vitamin C membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan kekuatan dan perlawanan terhadap penyakit.

6. Membantu Penyerapan Zat Besi

Buah atau berbagai jenis sayuran yang mengandung vitamin C seperti stroberi, brokoli, dan jeruk dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi yang diperoleh dari bahan makanan lainnya.

Zat besi bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan tubuh, mengalirkan oksigen melalui darah dan menyalurkannya ke seluruh tubuh.

5 dari 5 halaman

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Banyak faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, trigliserida tinggi atau kadar kolesterol LDL (jahat), dan rendahnya kadar kolesterol HDL (baik).

Vitamin C dapat membantu mengurangi faktor risiko ini, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 

Beberapa penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi setidaknya 700 mg vitamin C setiap hari memiliki risiko penyakit jantung 25 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen vitamin C.

8. Menurunkan Risiko Penyakit Dimensia

Demensia adalah istilah luas yang digunakan untuk menggambarkan gejala kemampuan berpikir dan ingatan yang buruk. Ini memengaruhi lebih dari 35 juta orang di seluruh dunia dan biasanya terjadi di pada umur 30 tahun ke atas.

Studi menunjukkan stres oksidatif dan peradangan di dekat otak, tulang belakang, dan saraf (semuanya dikenal sebagai sistem saraf pusat) dapat meningkatkan risiko demensia.

Vitamin C adalah antioksidan kuat. Tingkat rendah vitamin ini telah dikaitkan dengan gangguan kemampuan berpikir dan mengingat.

Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan pengidap demensia mungkin memiliki kadar vitamin C dalam darah yang lebih rendah sehingga mengonsumsi vitamin jenis ini dapat dikaitkan mengurangi risiko munculnya penyakit dimensia, yang dapat menganggu kemampuan mengingat dan berpikir seseorang.

 

Sumber: Healthline, Dnafit

 

Yuk, baca artikel manfaat kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer