Sukses


9 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan: Lawan Kanker Payudara hingga Atasi Jerawat

Bola.com, Jakarta - Tak hanya sebagai tanaman hias, lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk mengobati masalah kesehatan. Selain memiliki khasiat kesehatan, lidah buaya juga kerap dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan.

Banyak produk perawatan tubuh menggunakan ekstrak lidah buaya sebagai bahan utamanya. Selain itu, lidah buaya juga bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan atau minuman.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan sudah terbukti sejak ribuan tahun lalu. Lidah buaya mengandung antioksidan, kalsium, natrium, magnesium, glukosa, folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E.

Di dalam lidah buaya juga mengandung asam amino esensial. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang dimilikinya membuat lidah buaya menjadi tanaman herbal yang baik untuk tubuh.

Manfaat lidah buaya atau dikenal juga Aloe vera untuk kesehatan dan kecantinkan ternyata sangat beragam. Lalu, apa saja manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan?

Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan yang wajib Anda ketahui, dikutip dari Klikdokter dan Healthline, Jumat (12/2/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengobati luka bakar

Lidah buaya dipercaya mampu menjadi obat luka bakar. Lidah buaya mampu mengobati luka bakar secara topikal, dengan cara dioleskan ke kulit.

Selain itu, pengaplikasian lidah buaya sebagai obat luka bakar terbukti efektif lebih cepat dalam penyembuhan luka dibangingkan menggunakan obat konvensional.

2. Meredakan GERD

GERD atau Gastroesophageal reflux merupakan gangguan pencernaan yang sering mengakibatkan mual, muntah, atau rasa terbakar pada ulu hati. Anda bisa menjadikan lidah buaya sebagai jus untuk membantu meredakan penyakit ini.

Bagian luar lidah buaya mengandung antrakuinon yang memiliki efek pencahar. Lidah buaya juga dianggap aman dan lembut untuk sistem pencernaan Anda.

Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi lidah buaya secara berlebihan, dan tetap berhati-hati terhadap efek yang mungkin ditimbulkannya.

3. Menurunkan kadar gula darah

Mengonsumsi lidah buaya yang telah diolah menjadi jus dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Hal ini telah terbukti dari sebuah penelitian yang dimuat di International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Menangani sariawan

Mengoleskan lidah buaya pada sariawan, dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhannya. Selain itu, studi membuktikan lidah buaya dapat menurunkan rasa nyeri yang cukup menyiksa akibat sariawan.

5. Mencegah penuaan kulit

Satu di antara manfaat lidah buaya untuk kulit adalah dapat memperlambat penuaan. Sebuah studi yang dilakukan pada wanita di atas 45 tahun menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit.

Penggunaan gel lidah buaya selama 90 hari ditemukan meningkatkan produksi kolagen serta elastisitas kulit.

6. Mengatasi jerawat

Selain mampu mencegah penuaan, lidah buaya memiliki khasiat ampuh dalam mengobati jerawat. Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi, sehingga baik untuk mengatasi jerawat yang meradang.

Lidah buaya juga membantu membuang kotoran dan kelebihan minyak dari kulit. Bagi Anda yang sudah berjerawat, pemakaian lidah buaya membantu regenerasi kulit sehingga mencegah munculnya bekas luka.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang berjerawat, sebanyak tiga kali sehari menggunakan cotton bud.

4 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

7. Membantu menjaga kesehatan rambut

Ada banyak produk kesehatan rambut yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya. Hal ini disebabkan karena lidah buaya dapat membantu menjaga kehitaman rambut, menguatkan akar rambut, menghilangkan ketombe, memberikan kilau rambut, dan mencegah rambut rontok.

8. Mengatasi iritasi kulit

Penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan rosacea, bisa membuat kulit menjadi kering dan teriritasi.

Kandungan asam lemak dan enzim bradikinin pada lidah buaya, dapat membantu melembapkan kulit akibat penyakit-penyakit tersebut.

9. Melawan kanker payudara

Manfaat selantunta dari lidah buaya adalah bermanfaat melawan kanker payudara. Hal ini didukung dari sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.

Lidah buaya memiliki kandungan emodin yang dapat memperlambat proses pertumbuhan sel kanker. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hasil tersebut.

 

Sumber: Klikdokter, Healthline

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer