VIDEO: Kisah Tonya Harding dan Insiden Paling Menggemparkan di Dunia Ice Skating Amerika Serikat

Oleh Okie Prabhowo pada 15 Feb 2021, 15:23 WIB
Diperbarui 15 Feb 2021, 15:23 WIB

Bola.com, Jakarta - Nama Tonya Harding mungkin belum terlalu familiar bagi kalian. Namun, sosoknya sempat membuat gempar dunia ice skating, khususnya figure skating, di Amerika Serikat, pada 1994. Ada apa? Kisahnya yang terkenal tersebut diangkat dalam rubrik Extra Time kali ini.

Kalau belum mengenal siapakah Tonya Harding dan apa kisah menggemparkannya, kalian bisa juga menonton film tentangnya yang berjudul "I, Tonya". Film tersebut diluncurkan pada 2017 dan sosok Harding diperankan aktris cantik asal Australia, Margot Robbie.

Kali ini, kisahnya akan diceritakan lebih singkat. Harding sempat membuat gempar karena adanya insiden penyerangan terhadap sesama atlet figure skating bernama Nancy Kerrigan. Ia diserang saat melakoni sesi latihan di Cobo Arena, Detroit, Amerika Serikat.

Penyerangan terjadi sehari sebelum digelarnya U.S. Figure Skating Championship pada awal Februari 1994. Kaki kanan Kerrigan, tepat di atas lutut, dipukul dengan pentungan berbahan besi baja oleh pria, yang setelahnya diketahui bernama Shane Stant.

Siapakah Shane Stant? Stant bersama pamannya, Derrick Smith, dibayar oleh mantan suami Harding, Jeff Gillooly, dan eks bodyguard Harding, Shawn Eckardt. Keduanya dibayar untuk membuat Kerrigan celaka dan tidak bisa mengikuti U.S. Championships.

Alhasil, Kerrigan absen dalam kejuaraan tersebut. Harding akhirnya menjadi juara edisi 1994. Namun, setelah diputuskan pengadilan, Harding bersalah karena dianggap terlibat dalam penyerangan, gelar juaranya tersebut dicopot oleh U.S. Figure Skating Association. Meski dicoret, gelar juara tidak diberikan kepada atlet yang berada di peringkat kedua.

Harding dalam biografinya pada 2008 berjudul "The Tonya Tapes" mengungkapkan bahwa ia ingin menghubungi pihak FBI (Federal Bureau of Investigation) terkait penyerangan terhadap Kerrigan. Namun, tidak dilakukannya karena Gillooly mengancam akan membunuh Harding.

Seperti apa kisah singkat soal Tonya Harding dan insiden paling menggemparkan di dunia ice skating Amerika Serikat? Kalian bisa melihatnya dalam tayangan Extra Time di atas.