Sukses


Sulsel Pasang Target Raih Medali Emas Cabor Hoki di PON Papua 2021

Bola.com, Jakarta - Ketua umum Federasi Hoki Indonesia (FHI) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Rudi Massaressung optimis cabang olahraga yang dipimpinnya bisa meraih target medali emas di PON Papua 2021, 2-13 Oktober mendatang.

Menurut Andi Rudi, sudah saatnya hoki Sulsel kembali berprestasi setelah terpuruk pada satu dekade terakhir. Hal tersebut ditegaskan Andi Rudi usai dilantik sebagai Ketua Umum FHI Sulsel periode 2020-2024 di Makassar, Kamis (18/2/2020).

Menurut Andi Rudi, Sulsel sejatinya memiliki tradisi yang baik di percaturan hoki Tanah Air. Prestasi terbaik Sulsel adalah meraih medali emas Hoki di PON 1989 Jakarta.

"Sulsel juga dikenal sebagai raja Kejurnas dan pemasok atlet nasional. Tapi, belakangan perkembangan hoki terkesan stagnan karena kepengurusan tak tertata dan dikelola dengan baik," ungkap Andi Rudi kepada Bola.com.

Menurut Andi Rudi, untuk merealisasikan target emas di Papua, pihaknya akan menyiapkan perlengkapan latihan sesuai standar serta program latihan intensif.

"Kami juga berencana melakukan uji coba ke Jawa dalam waktu dekat," papar Andi Rudi seraya menyebut Jawa Barat, Kaltim, DKI Jakarta, Jawa Timur dan Papua sebagai pesaing berat Sulsel di PON nanti.

Saat ini, tim Hoki Sulsel yang bersaing di kategori lapangan (outdoor) berlatih intensif enam kali dalam sepekan di kawasan olahraga Sudiang. Ke-16 atlet hoki Sulsel ditangani duet pelatih Abdul Rahman dan Abdullah Azikin.

Pada lain pihak, Andi Rudi berjanji, di periode kepengurusannya, pihaknya lebih mengintensifkan pembinaan. Terutama di sejumlah penguruan tinggi yang selama ini menjadi basis pembinaan seperti Universitas Negeri Makassar dan Universitas Hasanuddin.

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Sulsel Juga Ingin Utus Tim Putri

Pada kesempatan sama, Wakil Ketua FHI Sulsel, Mujahidin Ridwan Saleh menambahkan, pengurus tengah mengupayakan agar tim putri juga bisa berkiprah di PON Papua. 

Seperti diketahui, PP FHI menunjuk Tim Putri Sulsel menggantikan Sumatera Utara yang memilih mundur. "Kami tinggal menuju lampu hijau dari KONI Sulsel. Kalau tidak ada biaya, kami akan mengusahakan biaya secara mandiri," terang Muhajidin.

Menurut Mujahidin, sesuai kesepakatan, panpel cabor hoki akan menanggung akomodasi dan transportasi tim selama di Papua. "Jadi kami hanya fokus menghimpun dana talangan untuk membiayai keberangkatan dan kepulangan tim putri. Saat ini, seperti tim putra, mereka juga menjalani latihan intensif," ujarnya.

Mujahidin menambahkan, Sulsel terakhir kali meraih prestasi dengan menjadi juara umum pada kejurnas hoki tahun 2000 silam. "Hoki Sulsel mulai terpuruk pada 2008. Di mana mayoritas atlet hoki Sulsel hengkang ke Kalimantan Timur. Di sana mereka jadi pilar provinsi itu mengawinkan medali emas di PON Kaltim 2008," tutur Mujahidin.

Video Populer

Foto Populer