Sukses


30 Kata-Kata Bijak Sabar dan Ikhlas, Membuat Hati Tenang

Bola.com, Jakarta - Membaca kata-kata bijak sabar dan ikhlas bisa membuat hatimu makin tenang dalam menjalani hidup. Setiap orang di dunia ini pasti diberikan ujian berupa masalah.

Beragam masalah hidup terkadang membuat seseorang harus sabar dan ikhlas menerima keadaan. Membaca kata-kata bijak sabar dan ikhlas akan memberimu energi positif.

Ada kalanya hidup terasa mudah dan menyenangkan, tetapi kadang juga terasa berat. Namun, kamu harus menerima kenyataan yang terjadi di dalam hidupmu.

Banyak orang kerap mengucapkan kata sabar dan ikhlas saat melihatmu merana. Terlihat simpel, tetapi menerapkannya tak semudah membalikkan tangan.

Namun, kamu harus percaya, di balik musibah dan rintangan yang menghampirimu pasti ada hikmahnya. Kamu harus bisa menikmati liku kehidupan ini.

Kamu harus bisa bangkit dan tak berhenti ketika menghadapi permasalahan hidup. Sesungguhnya, masalah yang datang membuat dirimu menjadi lebih dewasa apabila mampu menghadapinya.

Tentu tak mudah menjadi orang yang sabar dan ikhlas. Hanya, perlu diketahui, semua orang pasti akan mengalami masalah hidup. Jadi, jangan langsung putus asa dan merasa paling menderita.

Berikut ini kumpulan kata-kata bijak sabar dan ikhlas yang bisa membuat hatimu dalam menjalani hidup, dikutip dari Pertamakali dan Posbagus, Jumat (19/2/2021).

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Bijak Sabar dan Ikhlas

1. "Segala masalah tidak boleh kita hadapi dengan kekerasan, tapi harus kita hadapi dengan keikhlasan."

2. "Percayalah bahwa segala sesuatu masalah akan berakhir dengan kebahagian apabila kita bisa sabar dan ikhlas mengahadapinya."

3. "Ikhlas menerima kesalahan dan belajar dari setiap kesalahan karena itu yang akan menjadikanmu lebih kuat dan tegar dalam menjalani kehidupan."

4. "Belajarlah ikhlas pada hal-hal kecil, maka dengan demikian kamu akan terbiasa ikhlas saat melakukan hal besar. Dan lakukanlah satu kali hal besar dengan ikhlas sehingga kamu akan ikhlas saat melakukan hal kecil."

5. "Bagi orang yang selalu sabar dan ikhlas, mereka akan mendapatkan kebahagiaan yang lebih."

6. "Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang berjaya menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan senantiasa mengukir senyuman dengan ikhlas."

7. "Orang yang sabar bukan berarti orang yang tak akan pernah marah. Mereka hanya sebagian orang yang masih bisa tetap diam saat melihat masalah."

8. "Ikhlas bukan melepaskan sesuatu dengan air mata, tetapi bisa merelakan sesuatu dengan senyuman."

9. "Setiap musibah mengandung permata yang berharga, tapi hanya orang-orang bersabarlah yang berhak mendapatkannya."

10. "Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi, sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."

3 dari 4 halaman

Kata-Kata Bijak Sabar dan Ikhlas

11. "Belajarlah tenang dan sabar. Jalan keluar sebuah masalah dan kemenangan selalu diraih oleh mereka yang tenang dan sabar."

12. "Sabar dan ikhlas adalah kunci sukses menjalani segala cobaan yang Tuhan beri agar hati dan keyakinan kita tetap kuat bertahan."

13. "Sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian."

14. "Tidak ada kata-kata yang indah selain kata ikhlas dan sabar."

15. "Sabar dan ikhlas bisa menjadikan kamu seorang yang mulia dan terhormat di dunia sekalipun kamu bukan apa-apa."

16. "Jika kita tidak mudah menyerah, maka kita sudah dekat sekali dengan kesuksesan. Karena di dunia ini, ada dua orang yang susah sekali dikalahkan: 1. orang yang sabar; 2. orang yang tidak mudah menyerah." - Tere Liye

17. "Pada akhirnya, hanya tiga hal yang berarti; seberapa banyak kamu mencintai, seberapa lembut kamu menjalani hidup, dan seberapa ikhlas kamu melepaskan sesuatu yang tidak dimaksudkan untukmu." - Buddha

18. "Hidup ini selamanya indah kalau kita pandai bersyukur. Kalau kita ikhlas menerima skenario Tuhan, apa pun bentuknya. Kan kadang yang menurut kita baik, belum tentu baik menurut Dia. Seberapa pun kita menginginkan sesuatu dan berusaha keras mendapatkannya, kalau kita mengingkari takdir, ya pasti luput." - Irene Dyah

19. "Semua keberhasilan terbaikmu datang setelah kekecewaan besar yang kamu hadapi dengan sabar." - Mario Teguh

20. "Kemampuan merasakan nikmat sabar tergantung sejauh mana keimanan kita terhadap takdir yang Allah tetapkan." - Abdullah Gymnastiar

4 dari 4 halaman

Kata-Kata Bijak Sabar dan Ikhlas

21. "Sabar memiliki dua sisi. Sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah." - Ibnu Mas’ud

22. "Hati dikatakan baik bila telah diisi dengan takwa, tawakal, tauhid, dan ikhlas dalam semua amalan." - Jefri Al Buchori

23. "Siapa yang menuntut ilmu dengan niat yang ikhlas, dia akan mendapat kehormatan sebagai mujahid." - Ahmad Fuadi

24. "Jatuh hati mengajarkan aku bagaimana memberanikan diri. Juga, bagaimana menjadi sabar saat kau tinggalkan sendiri." - Boy Candra

25. "Aku mencintaimu dengan sadar dan akan terus mencintaimu dengan sabar." - Moammar Emka

26. "Terkadang ada kalanya orang sabar itu meninggalkan apa yang membuatnya sabar ketika semua pengorbanan, ketulusan kesetiaan, dan cinta tidak pernah dihargai lagi." - Indah Riyana

27. "Dalam hidup ini orang harus nrimo ing pandum; ikhlas menerima jatah, jatah yang manis atau jatah yang getir." - Ahmad Tohari

28. "Aku tak punya kearifan khusus, hanya kekuatan pikiran yang sabar." - Sir Isaac Newton

29. "Jangan khawatir! Tuhan akan beri jalan keluar, asal kita kuat dan sabar." - Asma Nadia

30. "Menjadi sabar dan ikhlas itu perlu proses. Pejamkan mata dan tenangkan pikiran."

 

Sumber: Pertamakali, Posbagus

 

Dapatkan kumpulan artikel kata-kata bijak lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer