Sukses


7 Manfaat Blewah untuk Kesehatan, Mencegah Kanker dan Diabetes

Bola.com, Jakarta - Blewah merupakan buah yang berasal dari keluarga melon. Buah ini merupakan satu di antara buah yang cukup menyegarkan dan sering menjadi campuran minuman.

Buah satu ini juga merupakan satu di antara buah yang sering dicari saat ingin membuat hidangan seperti es buah atau sup buah yang menyegarkan.

Kandungan air yang cukup banyak dalam buah blewah dapat menghilangkan rasa haus dan dehindrasi apabila Anda kekurangan meminum air.

Kebanyakan orang mengonsumsi  blewah secara langsung, dibuat menjadi jus yang lzat, atau dicampurkan dengan bahan segar lainnya.

Buah yang satu ini cukup mudah didapat dengan harga relatif terjangkau, Anda bisa mendapatkannya di berbagai pusat perbelanjaan.

Selain menjadi hidangan favorit saat buka puasa, blewah memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh berkat kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, kalium, asam folat, dan juga serat.

Ada berbagai manfaat yang bisa bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi blewah, seperti menguatkan kekebalan tubuh dan menyehatkan kulit.

Berikut adalah 7 manfaat blewah untuk kesehatan, yang dapat Anda cermati semenjak dini, seperti dikutip dari Factyhealth, Minggu (21/2/2021)

2 dari 5 halaman

Manfaat Blewah untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah blewah kaya kandungan serat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, terutama dalam proses pembuangan limbah dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak serat akan membantu membuang banyak limbah dan memperlancar pembuangan kotoran dari usus.

Serat juga dapat mengurangi gangguan sembelit dan menjadikan buang air besar lebih dapat diatur. Aliran makanan yang teratur dan lancar melalui saluran pencernaan dapat mengurangi risiko kanker kolorektal.

Hal tersebut juga dapat membantu mencegah banyak masalah pencernaan lainnya. 

2. Menguatkan kekebalan tubuh

Blewah merupakan buah yang kaya kandungan vitamin A dan vitamin C. Selain itu, buah ini kaya phytochemical dan karoten yang berguna dalam memerangi radikal bebas.

Vitamin C sering dikaitkan dengan berbagai macam buah-buahan. Vitamin yang satu ini merupakan satu di antara vitamin yang paling penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, berbagai macam vitamin yang ada dalam blewah dapat menangkal berbagai radikal bebas yang biasanya menjadi sumber penyakit dan merangsang prduksi sel darah putih.

Berbagai kandungan tersebut dapat membantu sel darah putih dalam melindungi tubuh dari berbagai macam virus dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.

3 dari 5 halaman

Manfaat Blewah untuk Kesehatan

3. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Sekitar 90 persen kandungan dalam blewah adalah air, sehingga buah ini dapat menjauhkan kita dari dehidrasi akibat kekurangan asupan cairan dalam tubuh.

Menjaga agar tubuh memiliki asupan cairan secara rutin adalah hal yang cukup penting, karena hal tersebut berkaitan dengan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tekanan darah juga akan menjadi lebih stabil dan ginjal tetap terjaga kesehatannya, ketika memiliki asupan cairan yang cukup.

4. Menjaga kesehatan kulit 

Blewah mengandung vitamin A dan beta karoten yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan membantu kulit memerangi radikal bebas.

Vitamin A juga baik untuk kulit karena dapat merangsang selaput sel kulit, yang penting untuk perbaikan dan pertumbuhan kulit.

Vitamin ini dapat melindungi membran sel kulit dari gangguan zat berbahaya yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. 

4 dari 5 halaman

Manfaat Blewah untuk Kesehatan

5. Mengurangi kecemasan dan stres 

Satu di antara nutrisi penting yang terkandung dalam blewah adalah kalium, dan berkhasiat sebagai vasodilator membuatnya penting dalam menghilangkan kecemasan dan ketegangan.

Vasodilatasi mengacu kepada pelebaran pembuluh darah sehingga membuat peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih mudah. 

Ketika pembuluh darah mengecil, hal tersebut menyebabkan tekanan darah meningkat. Kondisi tersebut dapat merangsang pelepasan kortisol, hormon yang dapat menyebabkan stres.

6. Mencegah diabetes

Studi terbaru menunjukkan bahwa buah memiliki koneksi dalam peningkatan metabolisme insulin. Artinya bisa menstabilkan naik turunnya gula darah.

Tindakan ini dapat mencegah penurunan dan lonjakan kadar gula darah. Ini biasanya yang paling ditakuti oleh penderita diabetes. Lebih lanjut, konsumsi buah ini dapat mengurangi stres oksidatif pada ginjal. Ini adalah manfaat penting lainnya karena dapat mencegah gangguan terkait ginjal tertentu lebih lanjut.

5 dari 5 halaman

Manfaat Blewah untuk Kesehatan

7. Mencegah kanker

Pencegahan kanker adalah salah satu manfaat kesehatan penting dari blewah. Menghilangkan radikal bebas dalam tubuh adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker.

Radikal bebas adalah produk sampingan yang berbahaya dari metabolisme sel. Ketika ada konsentrasi tinggi di dalam tubuh, mereka dapat menyebabkan kondisi yang berbahaya.

Beta-karoten yang ditemukan pada blewah dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker.

 

Sumber: Factyhealth

Video Populer

Foto Populer