Sukses


6 Manfaat Serai yang Jarang Diketahui untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Serai atau sereh merupakan penyedah masakan yang memiliki rasa dan aroma yang khas. Selain untuk penyedap masakan, serai juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

Manfaat sereh bisa Anda dapatkan dengan merebusnya dengan teh dan menjadi minuman.

Dalam serai, terkandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, di antaranya adalah kalori, karbohidrat, protein, lemak, asam folat, vitamin B3, B6, B2, B1, A, C, sodium, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, selenium, dan zinc.

Serai juga memiliki sifat antijamur, antibakteri, antiinflamasi, diuretik, antidepresan, analgesik, antipiretik, dan antioksidan. Selain itu, sereh juga memiliki aroma yang istimewa yang bisa menyejukkan suasana dan memberikan efek tenang.

Berikut manfaat serai untuk kecantikan, dikutip dari Brilio dan Liputan6, Minggu (21/2/2021).

2 dari 7 halaman

1. Mengatasi Gigi Berlubang

Manfaat serai yang pertama adalah mampu mengatasi gigi berlubang. Konsumsi teh serai bisa membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang.

Zat antimikroba yang ada dalam serai diyakini efektif dalam melawan bakteri berbahaya seperti streptococcus mutans, yaitu bakteri penyebab kerusakan gigi.

3 dari 7 halaman

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat serai memang cukup banyak bagi tubuh, satu di antaranya adalah mampu membantu menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi serai juga memberikan efek diuretik yang membuat racun dan zat sampah keluar dari tubuh dengan cepat, yang nantinya bisa membantu proses penurunan berat badan.

4 dari 7 halaman

3. Untuk Kesehatan Kulit

Serai dapat memurnikan darah dan melancarkan sirkulasi darah. Hal ini bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat atau eczema.

Selain itu, serai juga membuat kulit bercahaya secara alami.

5 dari 7 halaman

4. Mengatasi Ketombe

Minyak serai dipercaya bisa mengatasi ketombe di rambut. Kamu bisa menggunakan minyak serai secara langsung pada kulit kepala untuk membasmi ketombe.

Namun, manfaat serai untuk mengatasi ketombe belum tentu efektif terhadap semua orang, sehingga tidak ada jaminan bahwa ketombe akan hilang setelah menggunakan minyak serai.

6 dari 7 halaman

5. Menghindari Gigitan Nyamuk

Aroma serai yang segar dan memiliki efek menenangkan mungkin disukai oleh manusia. Namun, wangi serai ternyata dibenci serangga, terutama nyamuk.

Kamu bisa mengoleskan minyak serai secara berkala di kulit sehingga membuat kamu terhindar dari gigitan nyamuk.

7 dari 7 halaman

6. Mengatasi jerawat

Serai memiliki sifat antibakteri dan antimikrophobia sehingga bisa membantu mengatasi berbagai macam masalah jerawat, terutama yang disebabkan kotoran ataupun kuman.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami masalah kulit dengan timbulnya jerawat atau biang keringat di tubuh, kamu bisa mandi dengan menggunakan sabun serai.

Kandungan serai tersebut akan membunuh kuman dan mempercepat proses penyembuhan jerawat dan juga biang keringat.

 

Disadur dari Brilio (Penulis: Dwiyana Pangesthi. Published: 23/1/2020), Liputan6 (Penulis: Rizzaq Aynur Nugroho/Editor: Fadila Adelin. Published: 25/4/2019)

Yuk, baca artikrl manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer