Pesan Menpora Zainudin Amali : Atlet yang Sudah Divaksin Jangan Gegabah

Oleh Hendry Wibowo pada 27 Feb 2021, 16:41 WIB
Diperbarui 27 Feb 2021, 16:41 WIB
Wapres Ma'ruf Amin dan Menpora Zainudin Amali
Wapres Republik Indonesia Ma'ruf Amin (kiri) bersama Menpora Zainudin Amali memberikan keterangan pers pada proses vaksinasi untuk atlet, Jumat (27/02/2021). (Dokumentasi Kemenpora)

Bola.com, Jakarta - Atlet-atlet Indonesia akhirnya mendapat proteksi dari virus corona. Tercatat 820 atlet, pelatih, dan tenaga pendukung mendapatkan vaksinasi Covid-19 dari pemerintah, Jumat 26 Februari 2021.

Hanya saja usai menerima vaksin COVID-19 di Istora Senayan, Jakarta, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berpesan agar para atlet jangan gegabah dalam menjalani rutinitas.

"Walaupun mereka sudah dicaksin, protokol kesehatan tetap harus dijalankan dengan serius dan disiplin," kata Menpora Zainudin Amali melalui keterangan pers yang diterima Bola.com.

Lebih lanjut Menpora juga berpesan untuk atlet yang berusia 23, 25, dan 26 tahun agar tetap memperhatikan daya tahan tubuh. Pasalnya secara fisik, kondisi mereka masih relatif bagus, tapi tetap harus menjaga daya tahan tubuh.

"Jadi bagi atlet, vaksin bukan saja menguatkan imun secara fisik, tapi juga psikis. Karena dengan divaksin tentu ada rasa kepercayaan diri yang muncul dari atlet tersebut," Amali menuturkan.

2 dari 3 halaman

Vaksin untuk Atlet Disabilitas

Wapres Ma'ruf Amin dan Menpora Zainudin Amali
Wapres Republik Indonesia Ma'ruf Amin (kiri) bersama Menpora Zainudin Amali memberikan keterangan pers pada proses vaksinasi untuk atlet, Jumat (27/02/2021). (Dokumentasi Kemenpora)

Menpora Zainudin Amali turut menyebutkan vaksinasi diberikan tak hanya kepada atlet di bawah Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Melainkan juga melibatkan atlet disabilitas di bawah naungan National Paralympic Committee (NPC) Indonesia.

"Tadi juga ada perwakilan dari beberapa atlet difabel yang memang kami datangkan dari Pelatnas Solo. Mereka adalah yang dipersiapkan untuk Paralimpik maupun Asian Para Games," tuturnya.

Kemenpora merencanakan akan melakukan vaksinasi kepada 12.000 atlet Indonesia. Pada tahap pertama ini, baru akan dilakukan vaksinasi kepada 5.000 atlet, disusul 7.000 atlet pada vaksinasi tahap kedua.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Bola Beli: Seberapa Nyaman Sepatu Lari Wanita Asics Gel-Contend 6? Ini Ulasannya