Sukses


10 Macam Minuman Kopi, Perlu Diketahui agar Tak Salah Pesan

Bola.com, Jakarta - Macam-macam minuman kopi patut dipahami oleh konsumen agar tak salah pilih saat berada di kedai atau kafe kopi. Belakangan ini minuman olahan kopi makin menjadi favorit dan digemari banyak kalangan.

Beberapa kafe kopi mulai menjamur di berbagai daerah dengan menyajikan berbagai variasi. Kini kedai dan kafe kopi menjadi tempat favorit, khususnya kalangan muda dan para pekerja lepas untuk mengerjakan tugas atau berkumpul untuk nongkrong dan menggelar rapat.

Itulah mengapa, beberapa kafe kopi mulai berlomba menawarkan produk kopi andalan yang bisa menarik konsumen. Makin banyak macam-macam minuman kopi yang ditawarakan, makin bervariasi pula harganya.

Jika biasanya Anda hanya meminum kopi tubruk setiap hari, tak salah mencoba berbagai variasi kopi lainnya. Namun, agar tak keki karena salah pesan kopi, Anda perlu mempelajari dan mengetahui berbagai macam minuman kopi.

Berikut macam-macam minuman kopi yang perlu diketahui, dikutip dari Cafepoint dan Brilio, Rabu (3/3/2021).

2 dari 6 halaman

Macam-Macam Minuman Kopi

1. Espresso

Espresso adalah jenis minuman kopi murni tanpa menggunakan campuran bahan apa pun, seperti susu dan gula. Biasanya kopi ini digemari oleh orang yang suka dengan rasa kopi yang kuat.

Tekstur kopinya yang pekat dan hitam dengan buih putih di atasnya terbentuk dari tekanan minyak dalam biji kopi. Disajikan dalam cangkir khusus espresso berukuran 30 mililiter. Kopi ini bisa dibilang yang paling rendah kalorinya.

2. Americano

Jenis minuman kopi americano dikenal juga dengan nama Long Black. Minuman ini masih mirip espresso, yang membedakannya yaitu minuman ini didapat dari mengencerkan espresso. Dengan perbandingan yang tepat yakni dua bagian espresso dengan tiga bagian air.

Minuman ini dapat disajikan dalam keadaan panas atau dingin. Penyajian americano terdiri dari satu shot espresso yang dituang dalam cangkir berukuran 178 mililiter, yang dicampur dengan air panas hingga memenuhi gelas.

3 dari 6 halaman

Macam-Macam Minuman Kopi

3. Cappucino

Cappucinno merupakan satu di antara jenis minuman kopi yang paling populer di kedai kopi. Kopi ini adalah minuman tradisional Italia, yang terkenal dengan lapisan atasnya berupa foam susu dan biasanya dihias dengan bubuk cokelat.

Cappucino dibuat dari dua komposisi utama, yaitu textured milk dan espresso dengan rasio 1:1. Namun, ada juga yang menggunakan perbandingan 1/3 espresso, 1/3 textured milk, dan 1/3 susu foam. Jenis kopi ini disajikan dalam cangkir berkapasitas 88 mililiter hingga 177 mililiter.

4. Macchiato

Macam dari jenis macchiato ini ada dua, yakni long dan short. Short macchiato adalah single shot espresso dengan sedikit susu dan busa susu untuk meringankan rasa espresso yang kuat.

Sedangkan long macchiato menggunakan double espresso. Untuk menghasilkan macchiato yang nikmat, dibutuhkan komposisi kopi dengan susu dengan jumlah perbandingan 4:1.

4 dari 6 halaman

Macam-Macam Minuman Kopi

5. Latte

Sebelum Anda memesan jenis minuman kopi pastikan Anda mengetahui latte dan cappucino merupakan dua racikan berbeda. Bahkan dengan komposisi dan rasio yang berbeda. Latte biasanya menggunakan perbandingan espresso dan susu 2:1.

Selain rasanya yang enak dan ringan, latte sering disajikan dalam cangkir dengan motif yang cantik di atasnya atau sering disebut latte art.

6. Piccolo Latte

Piccolo latte merupakan jenis latte yang disajikan dengan ristretto, di mana kopi ini mengalami ekstraksi espresso yang sangat baik sehingga menghasilkan kopi yang nikmat. Jenis kopi ini hanya memiliki kadar asam rendah dan memberi sensai rasa pahit dan manis yang berimbang.

Tidak seperti varian lainnya, kopi ini disajikan di gelas kecil. Namun, saat Anda meminum piccolo, Anda bisa merasakan intensitas rasa kopi yang dibalut dengan sentuhan rasa susu yang lembut.

5 dari 6 halaman

Macam-Macam Minuman Kopi

7. Affogato

Di Eropa, biasanya kopi affogato ini digunakan sebagai pencuci mulut yang disuguhkan selama musim panas dan setelah makan malam. Affogato terdiri dari campuran espresso yang kuat dan pahit dengan es krim vanilla yang nikmat.

Minuman kopi ini akan menjadi pilihan untuk Anda yang suka sensasi rasa tidak biasa dalam secangkir kopi. Kopi ini tercipta dengan perbandingan 2/5 espresso yang dipadukan dengan 3/5 es krim.

8. Cold Brew

Seperti namanya, kopi ini tidak menggunakan air panas untuk menyeduhnya melainkan dengan menggunakan air dingin dengan suhu ruang selama beberapa jam sehingga menghasilkan aroma kopi dan rasa yang dihasilkan khas, yakni tidak terlaku pahit dan tidak terlalu asam.

6 dari 6 halaman

Macam-Macam Minuman Kopi

9. Frappuccino

Frappuccino merupakan jenis minuman kopi spesial yang kerap ditemukan di kedai kopi terkenal. Kopi ini diolah dengan cara dicampur es dan bahan-bahan lainnya serta diberi krim kocok. Bahan-bahan tersebut lalu dikocok atau di-blend hingga membentuk busa.

10. Caramel Macchiato

Selain frappuccino, minuman kopi jenis caramel macchiato juga cukup digemari. Minuman ini menggunakan campuran espresso dengan susu lalu ditambah karamel.

 

Sumber: Cafepoint, Brilio.net (Penulis: Dwiyana Pangesthi. Published: 20/11/2019)

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer