VIDEO: Ketika Penyanyi Lagu My Way, Frank Sinatra Jadi Fotografer Laga Tinju Muhammad Ali Vs Joe Frazier

VIDEO: Ketika Penyanyi Lagu My Way, Frank Sinatra Jadi Fotografer Laga Tinju Muhammad Ali Vs Joe Frazier

- Kalian mungkin tahu lagu legendaris berjudul "My Way". Lagu itu dipopulerkan penyanyi ternama asal Amerika Serikat, Frank Sinatra. Apa kaitannya dengan dunia olahraga? Sinatra ternyata pernah menjadi fotografer untuk laga tinju yang tidak akan terlupakan, Muhammad Ali melawan Joe Frazier, pada 8 Maret 1971. Momen itu akan dibahas dalam Extra Time kali ini.

"And now the end is here. And so I face that final curtain. My friend I'll make it clearI'll state my case, of which I'm certain. I've lived a life that's full. I traveled each and every highway. And more, much moreI did it, I did it my way.". Sepenggal lirik dari lagu "My Way" yang dipopulerkan Frank Sinatra pada 1969.

Setahun kemudian, Sinatra mengumumkan pensiun dari dunia hiburan. "Ia bosan menghibur orang. Apalagi yang mereka inginkan hanya lagu-lagu lama yang sama, di mana lagu itu membosankan baginya," ujar Barbara Sinatra, istri Frank Sinatra, dalam bukunya "Lady Blue Eyes: My Life with Frank".

Namun, Sinatra bukan tidak melakukan apa-apa. Ia menggeluti hobi yang sudah lama ia sukai, fotografi. Selain itu, Sinatra juga menyukai tinju. Apalagi sang ayah "Antonino Martino Sinatra" juga seorang mantan petinju yang punya nama berbeda untuk berlaga, yaitu "Marty O'Brien", seperti dilansir dari The Ring.

Tentunya laga bertajuk "Fight of the Century", pertarungan antara Muhammad Ali melawan Joe Frazier, tidak akan dilewatkan oleh seorang Frank Sinatra. Terdapat rumor yang menyebutkan bahwa Sinatra tidak mendapatkan tempat duduk di bagian depan sehingga ia membuat perjanjian dengan redaktur pelaksana majalah "Life", Ralph Graves.

Sinatra mendapat posisi di pinggir ring sebagai fotografer. Sementara majalah "Life" mendapat kesempatan yang tidak mungkin terlewatkan, memiliki foto yang diambil oleh seorang penyanyi ternama Amerika Serikat, Frank Sinatra.

Namun, Graves membantah terkait rumor tersebut. Graves mengaku tidak menyangka akan mendapatkan foto yang layak untuk ditampilkan di majalah, bahkan untuk dijadikan sampul.

Namun, tidak semua orang suka dengan foto di sampul majalah "Life" edisi 19 Maret 1971 hasil jepretan Frank Sinatra. "Saya telah menjadi fotografer berita profesional selama 34 tahun (sekitar 18 tahun sebagai staf di Life) dan yang mengganggu saya adalah sampul majalah Anda. Foto itu jelas dipilih karena Frank Sinatra yang mengambilnya, bukan karena bagus secara fotografi," tulis mantan staf fotografer "Life", Robert W. Kelley, kepada "Life", seperti dilansir dari Vice.

Pada 8 Maret 2021, menjadi peringatan 50 tahun laga pertama Muhammad Ali melawan Joe Frazier, salah satu pertandingan tinju terbaik di kelas berat yang pernah terjadi, dan bahkan diabadikan oleh seorang Frank Sinatra, penyanyi lagu "My Way". Kisahnya kalian juga bisa lihat dalam tayangan Extra Time di atas.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 10 March 2021, 10:07 WIB

Video Terkait

Spotlights