Sukses


Macam-Macam Permainan Bola Kecil Beserta Penjalasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Permainan bola kecil adalah satu di antara permainan dari cabang olahraga yang memanfaatkan bola kecil sebagai bahan permainannya. Dalam pelaksanaannya, permainan bola kecil biasanya menggunakan alat pendukung, seperti raket, tongkat, dan bet.

Permainan bola kecil tersebut tak hanya bisa dilakukan sendiri, tetapi juga bisa secara beregu atau tim. Banyak juga cabang olahraga permainan bola kecil yang dilombakan, baik dalam skala nasional atau internasional.

Olahraga menggunakan bola kecil mungkin tidak setenar cabang olahraga lain, seperti sepak bola maupun basket. Kebanyakan orang yang memainkan olahraga menggunakan bola kecil ini hanya untuk bersenang-senang dan memaksimalkan daya tahan tubuh.

Di sisi lain, permainan bola kecil tersebut ada bermacam-macam. Bagi orang suka olahraga mungkin bisa mencoba permainan bola kecil tersebut.

Apa saja macam-macam permainan bola kecil yang populer?

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam permainan bola kecil beserta penjelasannya, seperti dilansir dari laman Perpustakaan.id, Kamis (18/3/2021).

2 dari 8 halaman

Golf

Golf merupakan satu di antara olahraga yang cukup terkenal di dunia. Namun, jenis olahraga ini identik dimainkan oleh orang golongan tingkat atas.

Hal itu dikarenakan olahraga yang satu ini banyak memerlukan peralatan cukup mahal sehingga tidak banyak orang yang menyukai olahraga ini. Golf merupakan permainan yang bertujuan untuk memasukkan bola menggunakan stik ke dalam lubang dari arah yang jauh.

3 dari 8 halaman

Tenis Lapangan

Tenis lapangan merupakan permainan yang menggunakan raket dan bola kasti. Tujuan dari olahraga tenis lapangan ialah dapat memukul bola melewati net dan memantul sampai ke titik lapangan lawan.

Tenis lapangan umumnya dimainkan antara dua pemain atau bisa juga dengan dua pasang tim.

4 dari 8 halaman

Sofbol

Sofbol merupakan satu di antara cabang olahraga yang dalam permainnaya hampir permainan bola kasti karena menggunakan jenis bola yang sama.

Permainan bola kecil ini dilakukan dua regu, setiap regu terdiri dari sembilan pemain dengan tugas yang berbeda beda. Sedangkan untuk wasit yang yang ada di dalam permainan ini minimal satu dan tujuh hakim pembantu untuk mengawasi jalannya pertandingan.

Sofbol kali pertama diperkenalkan oleh seorang ahli bidang olahraga, yaitu George Hancock, pada 1891. Sofbol atau softball menjadi permainan yang cukup banyak disukai.

5 dari 8 halaman

Tenis Meja

Tenis meja merupakan jenis olahraga yang mungkin hampir semua orang menyukainya. Cara bermain tenis meja hampir sama dengan tenis lapangan, yakni memukul bola melewati net dan memantul sampai ke titik lapangan lawan.

Tenis meja atau yang sering didengar dengan permainan bola pingpong ini dapat dimainkan secara tunggal maupun berpasangan.

6 dari 8 halaman

Bulutangkis atau Badminton

Badminton atau bulu tangkis adalah permainan yang dilakukan oleh dua tim yang saling berlawanan. Ada beberapa kategori atau nomor yang dipertandingkan dalam cabang bulutangkis.

Adapun nomor yang ada dalam bulutangkis ialah ganda putra, putri dan campuran serta kategori tunggal putra dan putri.

7 dari 8 halaman

Permainan Bola Kasti

Permainan bola kasti mirip dengan bisbol. Terdapat dua kelompok yang mana tiap kelompok memiliki pemukul dan pelempar bola.

Selain memiliki penjaga di setiap titik, dalam permainan ini setidaknya memiliki jumlah kelompok yang sama untuk kedua kubu.

8 dari 8 halaman

Sepak Takraw

Sepak takraw adalah jenis olahraga atau permainan yang merupakan gabungan dari sepak bola dan bola voli. Jadi, dalam permainan ini tidak diperkenankan menggunakan tangan.

Untuk pelaksanaannya, sepak takraw biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis menggunakan bola yang terbuat dari rotan.

 

Sumber: Perpustakaan.id

Video Populer

Foto Populer