VIDEO: Highlights Kemenangan Jonatan Christie di All England 2021 Sebelum Tim Indonesia Dipaksa Mundur

Oleh Okie Prabhowo pada 18 Mar 2021, 11:07 WIB
Diperbarui 18 Mar 2021, 11:07 WIB

Bola.com, Birmingham - Salah satu wakil Indonesia yang sudah bermain di All England 2021 adalah Jonatan Christie. Pebulu tangkis berusia 23 tahun tersebut meraih kemenangan atas tunggal putra Thailand, Kunlavut Vitidsarn, dalam dua set.

Jonatan Christie sebelumnya belum pernah berhadapan dengan Kunlavut Vitidsarn, yang kini menduduki peringkat 22 dunia. Jojo bermain agresif pada set pertama. Ia bahkan bisa unggul 11-5 pada interval set pertama.

Saat kedudukan 20-13, skor penentuan, Jojo membuat Vitidsarn mati langkah dengan pukulan bola pendeknya. Akhirnya peringkat 7 dunia tersebut mengakhiri set pertama 21-13.

Set kedua, Jonatan Christie mendapat perlawanan ketat dari Vitidsarn. Skor sempat 5-5, lalu ke 10-10. Interval set kedua berakhir dengan keunggukan Vitidsarn dengan 11-10 setelah Jojo tidak bisa mengembalikan kok yang diarahkan dengan keras ke dekat tubuhnya.

Setelah interval set kedua, Jojo sempat tertinggal 10-14. Terjadi permainan reli panjang dan Jojo terlihat tampil dengan tenang mengatasi pukulan-pukulan lawan. Akhirnya Vitidsarn melakukan kesalahan dan bola dianggap keluar. Skor menjadi 11-14.

Jojo mengejar ketinggalan skor dan akhirnya sempat kedudukan 19-19. Set kedua bahkan harus deuce. Namun, Jojo tampil lebih tenang dan akhirnya Vitidsarn melakukan kesalahan. Set kedua alhasil diselesaikan dengan skor 24-22 untuk Jonatan Christie.

Selain Jojo, Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan juga meraih kemenangan. Namun, selepas Ahsan/Hendra bertanding, tiga wakil Indonesia lainnya diminta untuk tak menjalani laga dan dinyatakan kalah WO. Ketiganya adalah Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto, Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti, serta Anthony Sinisuka Ginting.

Belakangan diketahui seluruh tim bulutangkis Indonesia diharuskan menjalani isolasi mandiri selama 10 hari. Pasalnya, sejumlah atlet, pelatih, dan ofisial Indonesia berada satu pesawat dengan penumpang yang diketahui positif terpapar COVID-19.

"Sesuai dengan regulasi pemerintah Inggris, jika berada pada satu pesawat yang sama dengan orang yang positif COVID-19, maka diharuskan menjalani isolasi selama 10 hari. Sehingga, tim Indonesia dipaksa mundur dan melakukan isolasi sampai tanggal 23 Maret 2021 di Crowne Plaza Birmingham City Centre, terhitung 10 hari sejak kedatangan tim ke Birmingham pada Sabtu (13/3) lalu." penggalan keterangan resmi PBSI di akun Instagram @badminton.ina.

Sementara itu, bagi kalian yang ingin melihat aksi gemilang dari Jonatan Christie di All England 2021, bisa menyaksikannya dalam tayangan highlights BWF di atas.