Sukses


Macam-Macam Nomor dalam Bulu Tangkis yang Perlu Kamu Ketahui

Bola.com, Jakarta - Olahraga bulu tangkis ini terdiri dari dua kata, yaitu bulu dan tangkis. Secara harfiah, olahraga ini bisa diartikan sebagai permainan yang dilakukan dengan cara menangkis bola terbuat dari bulu-bulu hewan unggas menggunakan raket.

Di Indonesia, bulu tangkis atau dikenal juga badminton termasuk olahraga yang memiliki banyak peminat. Olahraga yang satu ini banyak diminati karena mudah dilakukan dan gerakan-gerakannya nyaman dalam praktiknya.

Bulu tangkis bisa menjadi satu di antara pilihan dalam berolahraga agar tubuh tetap bugar. Bahkan, kamu juga bisa mengikuti pertandingan bulu tangkis.

Dalam permainan bulu tangkis di rangkaian pertandingan ada yang dinamakan pembagian kelompok, atau yang akrab disebut sebagai 'nomor'.

Dalam permainan bulu tangkis ada beberapa macam nomor yang digunakan, seperti nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Untuk kamu yang belum memahami macam-macam nomor yang dipertandingkan dalam olahraga bulu tangkis, berikut ini rangkuman macam-macam nomor yang dipertandingkan dalam bulu tangkis, dilansir dari laman Gurupenjaskes, Kamis (18/3/2021).

2 dari 4 halaman

Tunggal Putra dan Tunggal Putri

1. Tunggal Putra

Nomor tunggal putra merupakan permainan yang dimainkan oleh satu orang pemain putra yang berhadapan dengan satu orang pemain putra dari tim lawan.

Nomor tunggal putra memiliki daerah pertahanan yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan daerah pertahanan pada permainan ganda, yaitu dengan menghilangkan bagian garis samping lapangan.

Indonesia pernah memiliki jagoan tunggal putra yang sangat disegani, seperti Alan Budikusuma, Rudi Hartono, dan Taufik Hidayat. 

Sementara saat ini pemain tunggal putra terbaik Indonesia, seperti Jonatan Christie, Anthony Ginting, hingga Shesar Hiren Rhustavito.

2. Tunggal Putri

Nomor tunggal putri serupa dengan tunggal putra. Namun, pada nomor ini mempertemukan dua orang pemain putri yang bertanding.

Satu di antara pemain bulu tangkis Indonesia nomor tunggal putri yang pernah berjaya di kejuaraan dunia adalah Susi Susanti.

3 dari 4 halaman

Ganda Putra dan Ganda Putri

3. Ganda Putra

Ganda putra berbeda dengan nomor lain yang dipertandingkan dalam bulu tangkis. Ganda putra ialah macam nomor yang dipertandingkan dalam bulu tangkis, di mana permainannya dilakukan oleh dua orang pemain putra pada masing-masing tim.

Permainan ganda putra ini mengandalkan kerja sama tim yang baik. Dengan begitu, tipe gerakan yang digunakan lebih maksimal dan efektif.

Dalam sejarah bulu tangkis Indonesia, ada beberapa ganda putra yang telah berhasil mencatatkan kesuksesan di pentas badminton dunia, seperti Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

4. Ganda Putri

Ganda putri ialah nomor yang dipertandingkan, yang dilakukan oleh dua orang pemain putri pada masing-masing tim. Peraturan permainan bulu tangkis ganda putri tidak jauh berbeda dengan nomor ganda putra.

Dalam penggunaan lapangan juga tidak berbeda dengan ganda putra, yaitu dimanfaatkan secara penuh. Masing-masing tim mengandalkan kerja sama dua pemain putri untuk menghadapi lawan. Pemain ganda putri harus menyelaraskan gerakan dengan partner masing-masing.

Ganda putri ternama di Indonesia, seperti Nitya Krishnida dan Greysia Polli, yang telah mampu meraih prestasi dalam ajang badminton tingkat dunia.

4 dari 4 halaman

Ganda Campuran

5. Ganda Campuran

Nomor ini dimainkan berpasangan oleh seorang pria dan seorang wanita untuk menghadapi sepasang pria dan wanita dari tim lawan. Peraturan yang ada dalam nomor ganda campuran tidak jauh berbeda dengan nomor ganda lainnya. Begitu pula penggunaan lapangan dalam bermain yang tidak berbeda.

Pasangan Tantowi Ahmad/Lilyana Natsir serta Melati Daeva/Praveen Jordan tentu sudah tak asing bagi pencinta badminton, tak hanya di Indonesia saja, lantaran atlet dari nomor ganda campuran ini sudah meraih kesuksesan di berbagai kejuaraan internasional.

 

 

Sumber: Gurupenjaskes

Video Populer

Foto Populer