Sukses


Soal Insiden All England 2021, Duta Besar RI untuk Inggris Kirim Surat Keras ke BWF

Bola.com, Jakarta - Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya, tidak tinggal diam terhadap masalah yang menimpa tim bulutangkis Indonesia di All England 2021.  Dia menegaskan Kedutaan akan mengirim surat kepada pihak Federasi Badminton Dunia (BWF).

Tim Indonesia terpaksa mundur dari turnamen All England 2021 karena diharuskan menjalani isolasi mandiri sesuai protokol kesehatan Inggris. 

Anthony Sinisuka Ginting dan kawan kawan berstatus kontak erat dengan orang yang positif Covid-19, yang berada satu pesawat dengan mereka dalam penerbangan dari Istanbul ke Birmingham, Sabtu (13/3/2021). Pencoretan itu dilakukan setelah tim Indonesia mendapat email dari National Health Service (NHS).

"Saya segera mengirim surat, isinya cukup keras kepada Presiden BWF dan Chief Badminton England. Tentu saja menyatakan kekecewaan yang mendalam atas penarikan tim dari All England," katanya dalam jumpa pers via Zoom, Kamis (18/3/2021) WIB, seperti dikutip dari Liputan6

Pencoretan itu menimbulkan protes keras dari pihak Indonesia. Desra menuturkan pihak KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Inggris telah berkomunikasi dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia di Jakarta, Owen Jenkins.

Tak hanya itu, pihak KBRI juga telah menghubungi otoritas di Kementrian Luar Negeri dan anggota parlemen Inggris. Dari komunikasi tersebut pihak KBRI menawarkan tiga opsi.

"Opsi pertama adalah dilaksanakan tes PCR dengan hasil yang cepat. Apa pun hasilnya kita akan menghormati. Opsi kedua, All England 2021 dihentikan sementara. Opsi ketiga apabila ditemukan hasil positif yang besar All England dihentikan," kata Desra.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Timbulkan Kecurigaan

Di sisi lain, Ketua tim Indonesia, Ricky Soebagja berharap permasalahan ini segera jelas. Pasalnya, ketidakjelasan bakal menimbulkan dugaan kesengajaan untuk menghentikan Indonesia di All England 2021.

"Karena ketidakjelasan menimbulkan kecurigaan. Sebab pemain Indonesia punya peluang besar juara di All England," kata Ricky.

"Jangan sampai kita berpikir ada kesengajaan pemian kita tidak dilibatkan dengan kondisi seperti ini," katanya mengakhiri. 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis Luthfie Febrianto, published 18/3/2021)

Video Populer

Foto Populer