Sukses


Bola Beli: Alasan Bet Tenis Meja Berwarna Merah dan Hitam, Ketahui Tips Memilihnya

Bola.com, Jakarta- Tenis meja merupakan jenis olah raga yang cukup populer karena banyak orang menyukainya. Bet tenis meja menjadi alat yang paling diperlukan saat bermain olah raga satu ini.

Bet menjadi alat yang digunakan untuk memukul bola agar melewati net dan memantul sampai ke titik lapangan lawan. Bet biasanya terbuat dari papan kayu dan dilapisi karet.

Adapun karet yang dipakai untuk melapisi bet tersebut kebanyakan berwarna merah dan hitam. Pemilihan kedua warna tersebut ternyata bukan tanpa sebab.

Kira-kira adakah yang tahu mengapa bet tenis meja dilapisi karet berwarna hitam dan merah?

Jadi, awalnya tenis meja tidak memiliki peraturan harus menggunakan bet yang berwarna merah dan hitam. Pada dasarnya, karet pada bet memiliki dua kemampuan yang berbeda.

Memang tidak begitu terlihat secara jelas, namun perbedaan itu tetap ada. Sejatinya, satu di antara sisi bet tenis meja memiliki power yang kuat sehingga bola dengan lebih deras mengalir ke arah lawan. Sementara, sisi lainnya memiliki kemampuan speed.

Dulu banyak pemain tenis meja yang selalu menduga-duga lawan akan memukul dengan apa? Speed atau power?

Untuk itulah diterapkan aturan bet tenis meja harus dibedakan, yakni warna merah dan hitam. Lalu, mengapa alasannya warna merah dan hitam?

 

Saksikan Video Berikut

2 dari 3 halaman

Alasan Mengapa Bet Tenis Meja Berwarna Merah dan Hitam

Menurut Robbinstabletennis via Merdeka.com, dua warna tersebut adalah hasil kesepakatan bersama yang memiliki alasan. Baik warna merah atau hitam sama-sama tidak mencolok.

Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) menjadikan hitam sebagai warna yang melambangkan kekuatan atau lebih kepada power. Sedangkan, bet di sisi lain yang berwarna merah akan berefek pada speed ketika berbenturan dengan bola.

Hal itulah yang membuat banyak pemain dunia menempatkan warna hitam berada di posisi forehand, sedangkan warna merah ada di backhand.

Kendati demikian, ada pendapat lain dari beberapa pihak yang mengatakan perbedaan tersebut hanya berlaku pada bet buatan China. Sementara, bet buatan Eropa sama dan tidak ada perbedaan sama sekali.

Terlepas dari semua itu, kebanyakan pemain dunia kerap menempatkan hitam pada posisi forehand ketimbang warna merah.

Di sisi lain, memilih bet tenis meja yang nyaman dan cocok terkadang memang sulit karena memilih bet bukan hanya masalah harga yang mahal, tetapi harus disesuaikan dengan tipe permainan agar terasa nyaman dalam menggunakannya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bet tenis meja. Berikut ini tips memilih bet tenis meja yang cocok dan nyaman:

3 dari 3 halaman

Tips Memilih Bet Tenis Meja

Memilih Pegangan yang Tepat

Dalam memilih bet tenis meja harus sesuai dengan kenyamanan. Penting untuk mengenali cara dan gaya bermain sendiri agar bisa berdampak positif pada permainan.

Ada dua jenis pegangan pada bet tenis meja, yakni yang disebut dengan penhold grip dan shakehand grip. Pegangan yang paling umum adalah shakehand grip di mana cara memegangnya adalah sama seperti ketika Anda menjabat tangan orang lain. Namun, untuk mendapatkan kontrol lebih penuh, penhold grip-lah yang biasa digunakan.

Memilih Sesuai Kebutuhan

Tak selalu yang mahal itu lebih atau paling baik. Faktor kecocokan dan kenyamanan pemain jauh lebih penting.

Jadi, mahal belum tentu nyaman. Pastikan saat memilih bet bukan karena harga, melainkan yang sesuai kenyamanan dan karakter permainan.

Pilih Bet dengan Berat Seimbang

Bet yang nyaman digunakan ialah yang beratnya seimbang. Biasanya yang bakal dipilih adalah bet yang beratnya agak ke depan sedikit.

Kemudian jangan lupa bahwa grip-nya pun berpengaruh cukup banyak terhadap keseimbangan. Kalau bagian pegangan cukup besar, bet yang lebih berat bagian depan lebih mudah ditoleransi.

Perhatikan Bahan Dasarnya

Dalam memilih bet tenis meja, penting untuk memilih bet yang terbuat dari plastik atau dari kayu. Plastik dan kayu merupakan bahan yang cocok untuk mendukung latihan para petenis meja pemula.

Anda juga bisa memilih bet berbahan karet supaya kontrol dalam permainan bisa lebih ditingkatkan. Sebelum membeli, pastikan yang Anda pilih bet tertempel karet.

Saat memegang bet biasanya lebih nyaman dengan bet karet ini, khususnya permainan yang menggunakan banyak putaran.

Dicoba Sebelum Menentukan Pilihan

Sebelum membeli, saat memilih bet juga penting untuk mencoba dan bereksperimen dengan bet yang ukuran dan beratnya berbeda-beda lantaran bet tenis meja tersedia dalam berbagai ukuran, model, dan bentuk.

Itulah mengapa, Anda pastikan memilih bet tenis meja mana yang paling cocok dengan karakter dan gaya permainan Anda.

Video Populer

Foto Populer