Sukses


Bola Beli: 4 Hal Penting Sebelum Membeli Alat Fitnes untuk Berolahraga di Rumah

Bola.com, Jakarta - Melakukan olahraga di gym merupakan satu di antara pilihan banyak orang karena berolahraga di gym menyajikan beragam pilihan alat fitnes. Namun tak jarang juga orang membeli alat fitnes untuk keperluan berolahraga di rumah di masa pandemi. Tambahan lagi, sudah banyak pihak juga yang jual alat fitnes baik secara online maupun offline.

Tempat berolahraga seperti gymnasium menyediakan personal trainer yang dapat melatih Anda dalam penggunaan alat fitnes sesuai kebutuhan olah raga Anda, semisal tujuan untuk menurunkan berat badan, membesarkan otot, atau melatih kebugaran fisik agar selalu memiliki tubuh yang sehat.

Selain itu, mendatangi tempat gym untuk berolahraga dapat membuat Anda bertemu banyak orang yang dapat membantu Anda termotivasi untuk terus rutin berolahraga.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, ada sejumlah hal yang bisa menjadi kendala untuk berolahraga di gym, seperti tidak tersedianya waktu, lokasi, atau bahkan cuaca yang sedang tidak mendukung.

Apalagi saat ini di masa pandemi COVID-19, di mana tempat-tempat yang berpotensi menyebabkan kerumunan seperti gym harus tutup untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

Namun, jangan khawatir, bagi Anda yang ingin tetap sehat, Anda bisa melakukan fitnes di rumah. Untuk melengkapi olah raga Anda, Anda dapat membeli berbagai macam alat fitnes yang dapat digunakan di rumah.

Ada banyak alat fitnes yang dapat Anda beli dengan mudah secara online. Hanya, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal untuk menentukan alat fitness seperti apa yang akan Anda beli.

Untuk lebih jelasnya lagi, simak beberapa tips di bawah ini, beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih dan membeli alat fitnes.

Saksikan Video Berikut

2 dari 2 halaman

Tips Memilih Alat Fitnes

1. Menentukan Tujuan Latihan

Ada banyak jenis alat fitnes yang dapat Anda pilih dan beli untuk berolahraga di rumah. Namun, Anda perlu memahami setiap alat fitnes memiliki fungsi dan tujuan latihan yang berbeda.

Itulah mengapa, langkah paling awal sebelum Anda membeli alat fitnes adalah menentukan tujuan latihan yang ingin dilakukan di rumah.

Apakah untuk melatih stamina, melatih kebugaran tubuh, membakar kalori, menambah massa otot, atau membentuk otot-otot pada bagian tubuh tertentu.

Contohnya, untuk membakar kalori Anda dapat menggunakan alat olah raga kardio seperti sepeda statis, yang dapat membantu Anda menurunkan kadar kalori dalam tubuh.

2. Ketersediaan Bujet

Setelah menentukan tujuan latihan yang ingin Anda lakukan di rumah, hal yang tidak kalah penting harus dilakukan sebelum membeli alat fitnes adalah memeriksa ketersediaan bujet.

Apabila bujet yang Anda miliki terbatas, Anda dapat memilih berbagai varian alat fitnes yang memiliki harga terjangkau.

Anda bisa membandingkan harga dari toko satu ke toko yang lainnya demi mendapatkan harga terbaik untuk produk yang sama.

3. Kualitas Alat Fitnes

Kualitas menjadi hal penting berikutnya yang perlu Anda perhatikan dengan seksama.

Jika mendapatkan harga yang murah dan terjangkau, Anda tetap harus memperhatikan kualitas karena biasanya produk yang berkualitas dinilai lebih awet.

Satu di antara hal yang cukup mudah untuk mengukur kualitas alat fitnes adalah melihat dari mereknya. Usahakan untuk tidak membeli alat fitnes yang mereknya belum terlalu diketahui banyak orang dan memiliki harga di bawah standar pada umumnya.

 

4. Kemudahan Penggunaan

Tips berikutnya yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli alat fitnes adalah kemudahan dalam penggunaan di rumah, apakah alat tersebut mudah dioperasikan atau tidak.

Kendati alat tersebut mungkin masih asing untuk Anda, apakah di dalam pembelian disertakan buku manual yang dapat membantu Anda dalam menggunakannya.

Perlu Anda ketahui ada beberapa alat fitnes yang dijual  dalam bagian-bagian terpisah dan harus dirangkai terlebih dahulu.

Jika kondisi tersebut Anda temukan dalam alat fitnes yang ingin Anda beli, pastikan petunjuk perakitan yang terdapat di dalamnya tidak menyulitkan Anda.

Hal-hal seperti ini harus Anda perhatikan dengan cermat agar uang yang Anda keluarkan untuk beli alat fitnes dari produsen yang jual alat fitnes tidak terbuang secara sia-sia.

 

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer