Sukses


Tujuan Permainan Bola Basket, Ketahui Manfaatnya bagi Tubuh

Bola.com, Jakarta - Permainan bola basket adalah olahraga bola yang dilakukan secara berkelompok, terdiri dari dua tim dengan masing-masing tim berisi lima orang. Kedua tim tersebut saling bertanding untuk mencetak poin dengan memasukkan bola ke keranjang lawan sebanyak-banyaknya.

Satu di antara jenis permainan bola besar tersebut sangat populer di Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, seperti Eropa Selatan, Lithuania, hingga Indonesia.

Banyak kompetisi bola basket digelar setiap tahun, seperti British Basketball League (BBL) di Inggris, National Basketball Association (NBA) di Amerika, hingga Indonesia Basketball League (IBL).

Bola basket bisa dilakukan di lapangan terbuka (outdoor) atau ruang tertutup (indoor). Adapun standar internasional permainan bola basket adalah empat babak, waktu setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit), dengan jeda waktu istirahat 10 menit.

Namun, khusus untuk ajang NBA, formatnya berbeda. Kompetisi bola basket tersebut menggunakan format 12 menit per babaknya (4×12 menit).

Di sisi lain, perlu diketahui juga tujuan dari permainan bola basket Apa saja tujuan dari permainan bola basket?

Berikut ini rangkuman tentang tujuan permainan bola basket dan manfaatnya bagi tubuh, seperti dilansir dari laman Guratgarut, Rabu (24/3/2021). 

2 dari 6 halaman

Tujuan Permainan Bola Basket

Bola basket menjadi jenis olahraga yang termasuk sering dimainkan oleh masyarakat, khususnya anak muda. Hal tersebut menunjukkan permainan bola basket memiliki tujuan dan manfaat yang sangat luar biasa.

Yap, permainan bola basket memiliki tujuan dan manfaat yang sangat luar biasa terhadap tubuh, terutama dalam hal menjaga fisik kita agar tetap bugar.

Tujuan khusus bola basket ialah untuk menjadikan tubuh kita selalu sehat dan terjaga dengan baik. Tak bisa dimungkiri, para pemain bola basket terlihat kuat dan memiliki badan yang ideal.

Tujuan lain dari permainan bola basket ialah agar permainan ini dijadikan sebagai ajang pertandingan. Dalam mengikuti pertandingan tentu tujuannya ingin meraih prestasi sebanyak mungkin.

3 dari 6 halaman

Tujuan Bola Basket di Lapangan

Saat berada di lapangan bola basket, setiap pebasket tentu bertujuan memenangkan permainan dengan memasukkan bola sebanyak mungkin ke ring yang sudah disediakan.

Di lapangan, ada dua ring yang sudah disediakan, yakni ring tim sendiri dan tim lawan. Jadi, tugas dari permainan ini adalah memasukan bola ke dalam ring lawan sebanyak-banyaknya.

Di sisi lain, skill mendasar dalam permainan bola basket adalah kemampuan menembakkan bola (shooting) ke dalam ring basket. Hal ini merupakan inti atau tujuan permainan bola basket agar meraih kemenangan

Saat memasukan bola, poin yang didapat berbeda, tergantung jarak atau dari arah mana memasukkannya.

Kerja sama tim dalam permainan bola basket merupakan aspek yang paling utama karena permainan bola basket adalah olahraga yang memerlukan beberapa teman atau permainan beregu.

Kerja sama tim yang baik bisa menentukan kemenangan dalam permainan bola basket. Maka dari itu, melatih kerja sama dalam sebuah tim sangat penting untuk memenangkan pertandingan.

4 dari 6 halaman

Manfaat Bermain Bola Basket

  • Melatih otot tubuh

Dalam olahraga ini, seseorang akan menggerakkan seluruh organ tubuh secara intens. Misalnya saat sedang berlari, mendribel, melempar, dan lainnya yang selalu melibatkan otot tubuh.

  • Menjaga ketahanan tubuh

Gerakan-gerakan saat bermain bola basket dapat membuat badan menjadi lincah sehingga mampu menjaga ketahanan tubuh.

  • Menahan daya imunitas tubuh

Tak hanya buah-buahan yang mampu mengoptimalkan sistem imun tubuh, tetapi juga olahraga, seperti bermain bola basket. Aktivitas ini merupakan satu di antara olahraga yang mampu mencegah bakteri dan virus.

5 dari 6 halaman

Manfaat Bermain Bola Basket

  • Membangun keseimbangan dan koordinasi tubuh

Olahraga bola basket dilakukan dengan kerja sama antara tangan, kaki, dan mata dalam koordinasi yang erat. Tentunya hal ini akan membangun keseimbangan dan keterampilan fungsi koordinasi tubuh.

  • Meningkatkan keterampilan motorik

Setiap pemain harus menggerakkan hampir seluruh anggota tubuh inti dalam olahraga ini sehingga mampu meningkatkan saraf motoriknya.

  • Membentuk tubuh ideal

Permainan bola basket adalah aktivitas yang sangat identik dengan olahraga fisik karena itulah kalori akan terbakar dengan sendirinya.

  • Tubuh menjadi lebih tinggi.

Tak sedikit atlet bola basket memiliki badan yang tinggi. Hal itu dikarenakan permainan bola basket mampu meregangkan otot kaki, tulang belakang, serta tulang kaki. Dengan memanjangkan tulang-tulang tersebut, tubuh akan menjadi lebih tinggi.

6 dari 6 halaman

Manfaat Bermain Bola Basket

  • Menurunkan berat badan

Olahraga bola basket dapat membakar sekitar 700-750 kalori yang ada sehingga lemak yang berlebih akan hilang saat bermain.

  • Menghindari osteoporosis

Dengan melakukan aktivitas lari yang dapat membuat tulang-tulang dalam tubuh akan makin kuat jika dilakukan secara teratur.

  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Bola basket adalah permainan cepat yang melibatkan banyak lari, dribbling, passing, melompat, dan melempar bola ke ring.

Hal tersebut yang membuat olahraga ini dapat berfungsi sebagai latihan kardiovaskular yang efektif karena mempercepat pernapasan dan meningkatkan pasokan darah yang mengangkut manfaat oksigen ke otot-otot.

 

 

Sumber: Guratgarut

Video Populer

Foto Populer