Sukses


50 Kata-Kata Mutiara Bijak Islami perihal Kehidupan, Menginspirasi dan Menyejukkan Hati

Bola.com, Jakarta - Ada banyak hal yang dapat memberimu tuntunan dalam kehidupan sesuai ajaran Islam, satu di antaranya kata-kata mutiara bijak Islami perihal kehidupan.

Dengan membaca kata-kata mutiara bijak Islami tersebut, dapat membuka pemikiranmu bahwa hidup di dunia ini tidak abadi, masih ada akhirat yang menanti.

Sebagai umat Muslim yang selalu ingin dimuliakan oleh Allah SWT, kamu harus mematuhi segala perintah dan menjauhi segala larangan yang telah Dia berikan.

Begitu juga dengan menyikapi sebuah permasalahan datang menghampiri, kamu harus lebih bijaksana dan menghadapinyya dengan hati yang tenang.

Percayalah bahwa Allah tidak akan memberikan suatu masalah bagi hamba-Nya, melainkan masalah yang dapat mereka selesaikan.

Sebagai umat Islam, kita juga memiliki pedoman hidup yang dapat dijadikan sebagai fondasi menjalani kehidupan, yaitu Al-Qur'an dan Hadis. Tak hanya itu, kata-kata mutiara bijak Islami juga dapat kamu jadikan sebagai masukan agar lebih mudah dalam menjalani kehidupan.

Berikut 50 kata-kata mutiara bijak Islami, yang menginspirasi dan menyejukkan hati, seperti dikutip dari Quotesofislam dan Mutiaraislam, Jumat (26/3/2021).

2 dari 6 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Islami perihal Kehidupan

1. "Surga itu diliputi perkara-perkara yang dibenci (oleh jiwa) dan neraka itu diliputi perkara-perkara yang disukai syahwat." - HR. Muslim

2. "Tiada lurus iman seorang hamba sehingga lurus hatinya. Dan tiada lurus hatinya sehingga lurus lisannya." - HR. Ahmad

3. "Hidup berkah itu ketika kehidupan dunia senapas dengan tujuan akhirat."

4. "Jika kau ingin memperbaiki hidup, namun bingung harus mulai darimana, mulailah dengan memperbaiki salatmu."

5. "Tawakal adalah meyakini sepenuh hati bahwa Allah akan mengurus segalanya untuk kamu bahkan ketika hal-hal tersebut tampak mustahil."

6. "Orang paling bodoh adalah orang yang mengetahui Allah itu Maha Pengampun, lalu dia jadikan perkara itu sebagai alasan untuk terus berbuat dosa." - Ibnu Qayyim 

7. "Engkau takkan mampu menyenangkan hati semua orang. Karena itu, cukup bagimu memperbaiki hubunganmu dengan Allah dan jangan terlalu peduli dengan penilaian manusia."

8. "Kenapa Allah masih menghidupkanku hari ini? Karena dosaku terlalu banyak dan Allah masih mengizinkanku untuk bertobat." 

9. "Apa yang berharga bagi agamamu jika salatmu saja tidak berharga bagimu? Padahal pertanyaan pertama yang akan ditanyakan kepadamu pada hari kiamat adalah tentang salat." - Hasan al-Bashri

10. "Orang-orang sebelum kalian melihat Al-Qur’an sebagai surat cinta dari Rabbnya; direnungi malam hari, diamalkan di siang harinya." - Hasan al-Bashri 

3 dari 6 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Islami perihal Kehidupan

11. "Setiap matahari terbenam mengurangi satu hari kehidupan kita. Tetapi, setiap matahari terbit memberikan kita satu hari lagi untuk berharap."

12. "Hidup bukan tentang mendapatkan apa yang kamu inginkan, tapi tentang menghargai apa yang kamu miliki dan sabar menanti apa yang akan menghampiri."

13. "Dunia ini hanya setetes air. Kalau kau tak dapat, jangan sedih karena yang tak kau dapat hanya setetes. Dan kalau kau dapat jangan bangga karena yang kau dapat hanya setetes."

14. "Dunia boleh kita kejar. Tapi, jangan lupa akhirat agar kelak tak menyesal."

15. "Hari ini dunia adalah nyata dan akhirat hanya cerita. Tapi, setelah mati, dunia hanya cerita, akhirat jadi nyata."

16. "Rahasia hidup tenang adalah dengan selalu menyertakan Allah dalam kehidupan kita dan menjalani hidup sesuai dengan tuntunan agama."

17. "Hubungkan semua urusan pada Allah agar semua yang susah menjadi mudah, agar semua urusan menjadi berkah."

18. "Umur makin bertambah, jangan biarkan dosa pun ikut bertambah. Hayat makin berkurang, jangan biarkan iman pun ikut berkurang."

19. "Genggam duniamu, akhirat meninggalkanmu. Genggam akhiratmu, niscaya dunia datang padamu."

20. "Rencana Allah itu lebih baik dari rencanamu, jadi tetaplah berjuang dan berdoa hingga kau kan menemukan bahwa ternyata memang Allah memberikan yang terbaik untukmu."

4 dari 6 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Islami perihal Kehidupan

21. "Hidup ini singkat. Maka jangan membuatnya lebih singkat lagi dengan sesuatu yang sia-sia." - Dr. Aidh al-Qarni

22. "Wahai anak muda... harusnya engkau selalu ingat bahwa engkau suatu hari nanti akan berdiri di hadapan Allah, dan Dia akan menanyakan kepadamu akan masa muda ini, engkau habiskan untuk apa?" - Syeikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin

23. "Tidak pernah ada kata gagal bagi setiap muslim yang tawakal. Yang ada adalah keberhasilan yang diberikan Allah berbeda dengan yang kita inginkan."

24. "Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan dengan baik. Bersyukurlah kepada-Nya bahkan ketika ada tantangan. Ucapkan Alhamdulillah."

25. "Kami diberkati oleh Allah SWT dalam banyak hal. Ingatlah itu selalu dan bersyukurlah."

26. "Saat bangun tidur dan melaksanakan salat dua rakaat seperti yang diperintahkan Allah, pada saat itu angin telah meniupkan sesuatu yang dapat Anda pahami di dalam diri Anda. Karena itu, jangan pernah kembali tidur." - Rumi 

27. "Jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, jangan mengendurkan usaha Anda. Bangun di malam hari dan sujud kepada Allah. Doakan apa yang kamu inginkan. Ingat, salat adalah bisnis yang juga tidak akan pernah mudah untuk kita jalani."

28. "Sungguh, Allah sama sekali tidak salah orang, tapi orang-orang yang menganiaya dirinya sendiri." 

29. "Ya Allah, ubahlah aku sampai aku menjadi seseorang yang Kau sukai."

30. "Allah ada saat kita dalam kesulitan, besar atau kecil, jika Anda ingin bertemu dengan berbicara langsung dengan Allah. Jadi, datanglah saat Anda sedang dilanda bencana. Jadi, Allah akan mendengarkan ketika Anda mengeluh. Terutama, di sepertiga malam Anda, saat semua orang sedang tidur nyenyak. Di situlah Tuhan akan datang dengan para malaikat."

5 dari 6 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Islami perihal Kehidupan

31. "Jika harta kekayaan dan ketinggian status sosial adalah tolok ukur kesuksesanmu, coba periksa kembali, mungkin anutanmu bukanlah Rasulullah, tapi Fir'aun dan Qarun."

32. "Kekayaan, umur, dan ketenaran itu seperti minum dari air lautan yang asin. Makin kau minum, makin haus yang kamu dapatkan." - Syeikh Ahmad Musa Jibril

33. "Di dalam dirimu terdapat dua sifat yang Allah suka yaitu; al-hilm (tidak cepat marah) dan al-anaah (tidak tergesa-gesa)." - HR. Muslim

34. "Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruh urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada diri seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan maka ia bersyukur, dan itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan maka ia bersabar, itu pun baik baginya." - HR. Muslim

35. "Setan-setan itu membuat kesan baik pada sesuatu yang hakikatnya jelek dan membuat jelek pada sesuatu yang hakikatnya baik."

36. "Iman adalah memercayai Allah bahkan ketika Anda tidak memahami rencana-Nya."

37. "Hal terhebat yang bisa dilakukan seorang sahabat untukmu adalah mendekatkanmu kepada Allah."

38. "Jadikan akhirat di hatimu, dunia di tanganmu, dan kematian di pelupuk matamu." - Imam Syafii 

39. "Bicara itu seperti obat. Jika kadarnya sesuai akan mendatangkan manfaat, namun jika berlebihan malah bisa membunuh." - Amr bin al-‘ash

40. "Jangan menunggu bahagia baru bersyukur, tapi bersyukurlah maka kamu akan merasakan kebahagiaan."

6 dari 6 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Islami perihal Kehidupan

41. "Jika kamu ingin menghancurkan negara mana pun tanpa perang, jadikan perzinahan dan ketelanjangan umum di generasi berikutnya."

42. "Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginanmu. Allah memiliki rencana yang lebih baik untukmu."

43. "Ketika Allah mendorongmu ke tepi, percayalah sepenuhnya karena hanya dua hal yang bisa terjadi. Entah Dia akan menangkapmu atau Dia akan membuatmu belajar terbang."

44. "Lidah seseorang bisa memberimu rasa hatinya."

45. "Jika kamu memperlakukan orang dengan baik, orang yang sama itu mungkin tidak akan memperlakukanmu dengan cara yang sama. Tetapi, jika kamu memperhatikan, kamu akan melihat bahwa Allah telah mengutus orang lain yang memperlakukanmu dengan lebih baik."

46. "Dalam konteks kesabaran, hinaan, dan cercaan adalah prosesi meluluhkan dosa manusia oleh Sang Maha Rahmat."

47. "Kalau saja tak ada kehidupan setelah mati, maka rugilah orang-orang miskin, bodoh, dan teraniaya! Robb, betapa adilnya diri-Mu."

48. "Lihatlah kebesaran Allah SWT di luar kepalamu, bukan di dalam rongga kepalamu yang sempit itu."

49. "Bukan lantaran ilmu yang menjejali kepala, namun hikmah yang menjejali hati yang menjadikan manusia rendah hati!"

50. "Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)."

 

Sumber: Quotesofislam, Mutiaraislam

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer