Bola Beli: Tips Memilih Celana Olahraga yang Tepat dan Nyaman

Oleh Rheza Aditya Gradianto pada 26 Mar 2021, 18:22 WIB
Diperbarui 26 Mar 2021, 18:22 WIB
Memperkuat Sistem Imun
Ilustrasi Berolahraga Credit: pexels.com/Mun

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dilakukan secara teratur, terstruktur, dan melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang, dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

Ada banyak manfaat melakukan olahraga secara rutin, seperti menjaga fungsi kesehatan organ tubuh dan meningkatkan stamina.

Olahraga merupakan cara praktis dan tidak memiliki efek samping yang membahayakan untuk menjaga kesehatan, namun masih banyak orang yang mengabaikannya.

 

Ada banyak jenis olahraga yang dapat Anda lakukan secara rutin,  seperti renang, sepak bola, bulu tangkis, jogging, senam, bersepeda, dan lari.

Sebelum melakukan olahraga, ada beberapa hal penting yang harus Anda persiapkan, satu di antaranya memilih celana olahraga.

Memilih celana olahraga tetap membutuhkan beberapa pertimbangan karena berpengaruh terhadap olahraga yang Anda lakukan.

Untuk lebih lanjut, Anda dapat menyimak tips memilih celana olahraga di bawah ini.

2 dari 2 halaman

Tips Memilih Celana Olahraga

Menjaga Ketahanan Tubuh
Ilustrasi Berolahraga Credit: pexels.com/Mios

1. Model 

Untuk mendapatkan celana olahraga yang tepat, pastikan Anda memilih satu model yang cocok dengan aktivitas yang Anda lakukan karena setiap jenis olahraga memiliki gerakan yang berbeda-beda. Alhasil, jenis celana juga menentukan efektivitas olahraga yang dilakukan.

Berikut beberapa jenis celana yang dapat Anda pilih sesuai olahraga yang dilakukan.

  • Model Flare, celana ini merupakan jenis celana yang berpotongan lurus di bagian pinggang sampai lutut kemudian melebar di bagian bawah. Model ini cocok untuk melakukan aerobik dan jogging.
  • Model Gaucho, celana ini memiliki bentuk yang sedikit melebar ke bawah. Celana model ini cocok dipakai untuk olahraga ringan, seperti aerobik dan jogging.
  • Model Loose, celana ini cocok untuk olahraga yang memerlukan durasi lama. Anda bisa mengenakannya untuk latihan mengangkat beban, hiking, jogging santai, atau aktivitas lain yang membutuhkan keleluasaan bergerak. 

 

2. Warna 

Sebelum melakukan olahraga, pertimbangkan warna celana olahraga yang Anda pilih dengan waktu berolahraga yang Anda lakukan.

Dengan memilih warna celana yang tepat, secara tidak langsung Anda akan meminimalisasi keringat berlebih yang dikeluarkan oleh tubuh sehingga tidak mudah lelah.

Saat berolahraga di pagi hari atau sore hari, coba menggunakan warna yang cenderung cerah dan netral, dan hindari warna gelap saat melakukan olaharaga di siang hari karena warna yang satu ini dapat menyerap panas berlebih.

 

3.  Bahan

Untuk memilih celana olahraga yang nyaman dan tidak terasa panas saat digunakan, penting bagi Anda memilih bahan celana yang tepat.

Lebih baik lagi Anda memilih celana olahraga yang berbahan lentur dan memiliki sirkulasi udara yang nyaman sehingga tidak menyebabkan keringat berlebih.

 

4. Ukuran 

Sebelum membeli celana olahraga, pastikan celana tersebut pas di tubuh Anda sehingga tidak mengurangi kenyamanan saat berolahraga.

Usahakan memilih celana yang tidak terlalu ketat saat digunakan, dan tidak terlalu longgar karena hal tersebut sangat memengaruhi kenyamanan berolahraga.

 

 5. Kualitas Jahitan

Tips berikutnya, saat membeli celana olahraga, pastikan celana tersebut memiliki kualitas yang baik. Celana olahraga yang bagus memiliki jahitan yang rapi dan tidak ada yang putus sehingga berhati-hatilah dalam memilih karena tidak semua celana olahraga yang dijual di pasaran memiliki kualitas yang bagus. Namun, ingat, harga mahal tak selalu menjamin kualitas yang bagus pula. 

Lanjutkan Membaca ↓