Sukses


Bola Beli: Tips Membeli Ring Basket sesuai Tujuan Bermain

Bola.com, Jakarta - Bola basket merupakan permainan olah raga yang populer, terutama di kalangan anak muda. Orang yang pandai bermain basket kerap kali menjadi primadona di lingkungan sosial di mana mereka berada, baik di sekolah maupun kampus.

Bola basket adalah olah raga bola berkelompok yang terdiri dari dua tim dengan masing-masing tim berisi lima orang. Kedua tim tersebut saling bertanding untuk mencetak poin dengan memasukkan bola ke ring basket lawan sebanyak-banyaknya.

Bola basket bisa dimainkan di tempat terbuka dan tertutup. Permainan ini bisa dilakukan secara santai asalkan ada bola dan ring basket.

Ring basket merupakan satu di antara peralatan penting dalam permainan bola basket. Umumnya, ring basket dibedakan menjadi dua, yakni yang berukuran cukup besar untuk pertandingan resmi dan berukuran lebih kecil untuk permainan santai.

Berikut tips membeli ring basket sesuai tujuan bermain:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Tips Membeli Ring Basket sesuai Tujuan Bermain

1. Berdasarkan cara pemasangan

Ada tiga cara memasang ring basket, yakni digantung di atas pintu atau tempat lain, dipasang secara permanen di dinding, dan dipasang di stand atau tiang khusus. 

Untuk permainan santai, pilihlah ring basket yang digantung di atas pintu karena pemasangan yang simpel dan mudah.

Sementara untuk latihan yang serius, ada dua opsi pemasangan. Opsi pertama, berlatih menggunakan ring basket yang dipasang permanen di dinding menggunakan baut.

Beberapa ring basket dengan cara pemasangan seperti ini memiliki ukuran sesuai pertandingan resmi. Namun, bobot dari sebagian produk tersebut cukup berat. Anda harus mengeluarkan tenaga dan waktu lebih untuk memasangnya di dinding yang padat dan kuat. 

Pastikan selalu memeriksa lokasi pemasangan serta cara pemasangan produk yang hendak Anda beli.

Opsi kedua, berlatih menggunakan ring yang dilengkapi stand atau tiang khusus. Ring seperti ini sangat cocok dipilih apabila Anda ingin berlatih melempar bola sambil berlari tepat di bawah ring, seperti lay-up dan running shoot. Pasalnya, akan berbahaya jika menggunakan ring yang dipasang di dinding untuk melatih gerakan tersebut.

2. Berdasarkan ukuran sesuai pertandingan resmi

Ring basket untuk pertandingan resmi pada tingkat SMP dan di atasnya memiliki tinggi 305 cm. Di pertandingan tingkat SD, tinggi resminya adalah 260 cm.

Sementara diameter ring adalah 45 cm untuk pertandingan resmi dari segala tingkat. Jika Anda ingin serius melatih kemampuan menembak (shooting), pilihlah produk yang ukurannya sesuai untuk pertandingan resmi.

Selain itu, ada juga produk yang tinggi tiangnya dapat diatur sesuai kebutuhan. Produk seperti ini tepat dipilih jika Anda menginginkan fleksibilitas pengaturan ketinggian ring.

3. Berdasarkan material papan pantul

Ada beragam jenis material yang digunakan untuk membuat papan pantul ring basket. Produk yang dijual untuk pemakaian di rumah banyak yang terbuat dari akrilik dan polikarbonat.

Akrilik bisa menjadi pilihan karena sangat durable dan cocok untuk pertandingan resmi. Sementara polikarbonat karena daya pantulnya sangat baik dan pas untuk permainan santai.

Video Populer

Foto Populer