Sukses


45 Kata-Kata Mutiara Bijak Islami Seputar Kesedihan, Kembalikan Ceriamu

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara bijak Islami seputar kesedihan dapat dijadikan sebagai pengingat agar tidak larut dengan kesedihan yang sedang dialami.

Setiap individu pasti pernah mengalami kesedihan. Hal ini sangat manusiawi karena di dalam hidupkita tidak hanya merasakan kebahagiaan.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan munculnya kesedihan, seperti putus cinta, kehilangan seseorang di dalam hidup, hingga gagal dalam pekerjaan.

Ada orang yang merespons kesedihan yang dialaminya dengan sewajarnya. Namun, ada sebagian yang lain yang merespons kesedihan secara berlebihan dan berlarut-larut.

Seberapa besar pun kesedihan yang sedang engkau rasakan, cobalah untuk selalu mengingat bahawa Allah SWT akan selalu ada di sampingmu, niscaya hal tersebut akan lebih membutamu merasa tenang.

Ikhlas menerima keadaan, berlapang dada, dan terus bergerak maju tanpa melihat belakang juga menjadi cara ampuh untuk terus bersemangat dan menghilangkan rasa sedihmu.

Kamu bisa mendapatkan dorongan semangat serta motivasi dengan membaca kata-kata mutiara bijak Islami seputar kesedihan.

Berikut 45 kata-kata mutiara bijak Islami seputar kesedihan, yang dapat membantu mengembalikan keceriaanmu, seperti dikutip dari Theislamicquotes dan Mutiaraislam, Rabu (31/3/2021).

2 dari 6 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Islami Seputar Kesedihan

1. "Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Allah bersama kita." - (Q.S At-Taubah: 40)

2. "Allah Maha Tahu atas segala perkataan yang tak terucap olehmu, kesedihanmu yang tak seorang pun melihatnya, dan penderitaanmu yang tak seorang pun tahu."

3. "Satu di antara tujuan setan adalah untuk membuat orang-orang beriman merasa depresi dan bersedih hati karena depresi membuat seseorang tidak berdaya."

4. "Saat hatimu hancur dan derita yang kamu rasakan membuatmu jatuh, ingat dan hanya ingatlah bahwa Allah melihat semua itu."

5. "Terkadang kita dikuasai oleh kesedihan hingga sampai pada tingkatan di mana kita lupa bahwa ada banyak hal dalam hidup yang bisa membuat kita bahagia." - Mufti Ismail Menk

6. "Aku merasa malu saat larut dalam kesedihan, sementara aku tahu bahwa segala kejadian yang aku alami ada di tangan Allah."

7. "Orang beriman akan terbebas dari perasaan bahagia terlalu berlebihan yang menyebabkan seseorang melupakan Allah dan perasaan terlalu larut dalam kesedihan yang menyebabkan seseorang putus asa dan menyalahkan Allah." - Dr. Bilal Philips

8. "Allah memberimu kehidupan yang indah, maka jangan sia-siakan hidupmu itu untuk meratapi kesedihan atas sesuatu yang pasti akan berlalu. Allah selalu punya rencana yang menakjubkan."

9. "Kesedihan pasti akan mendatangimu. Abaikan saja ketika kesedihan itu datang."

10. "Terkadang, alasan yang membuat kita sulit untuk bahagia adalah karena kita masih sulit melepaskan sesuatu yang membuat kita sedih."

3 dari 6 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Islami Seputar Kesedihan

11. "Jika sesuatu di hadapanmu membuatmu takut dan sesuatu di belakangmu membuatmu sakit, maka lihatlah ke atas. Allah tidak pernah gagal untuk menolongmu."

12. "Janganlah kamu kehilangan harapan dan jangan pula bersedih hati." - (Q.S Ali Imran: 39)

13. "Ketika kamu merasa sendiri di dunia ini dan tidak ada seorang pun yang mengerti kesedihanmu, ingatlah, di mana pun kamu berada, Allah Maha Tahu."

14. "Kesedihan sesaat untuk mencari rida Allah itu seribu kali lebih baik daripada berlarut-larut dalam kesedihan karena terlalu cinta pada dunia."

15. "Kesedihan akan lenyap ketika kita menyadari bahwa masa depan kita ada di tangan Allah."

16. "Berbahagialah. Jangan biarkan kesedihan menghancurkanmu. Ucapkan Alhamdulillah dalam setiap momen kehidupan yang kamu alami."

17. "Jika kamu merasa sedih, sakit hati atau bimbang, carilah petunjuknya dari Al-Qur'an maka kamu akan menemukan arah yang benar."

18. "Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku." - (Q.S Yusuf: 86)

19. "Saat kamu merasakan kesedihan, itu berarti hati sedang menyuruhmu untuk menemukan Allah. Saat depresi melanda, itu berarti kamu sedang tidak mendengarkan isi hatimu. Kenyamanan akan kamu rasakan saat kamu mengingat bahwa Allah selalu ada untukmu."

20. "Obat untuk menyembuhkan kesedihan: tingkatkan kualitas salatmu, luangkan waktumu untuk berinteraksi dengan Al-Qur'an, bersyukurlah atas nikmat yang telah Allah berikan kepadamu, renungkanlah alam semesta."

4 dari 6 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Islami Seputar Kesedihan

21. "Allah tahu apa yang terbaik untuk kita. Dia bijak dan Maha Tahu. Terkadang kita membenci situasi kesedihan, tetapi itu bisa menjadi baik dan bermanfaat bagi kita karena Dia tahu dan kita tidak tahu."

22. "Allah tidak membebani jiwa. Ini adalah cobaan yang Dia alami terhadap ciptaan-Nya karena Dia ingin melakukan yang baik. Sebagai gantinya, Dia menuntut kesabaran dalam menjawab pencobaan yang ada."

23. "Muslim diharuskan untuk berserah kepada Allah, memohon pada-Nya untuk meminta bantuan. Bahkan para Nabi juga melewati kesedihan. Mereka menyerahkan hati mereka kepada Allah dan meminta bantuan. Islam mengajari kita banyak doa untuk mengatasi kesedihan."

24. "Saya hanya mengeluh tentang kesedihan dan kesedihan saya kepada Tuhan, dan saya tahu dari Tuhan apa yang kamu tidak tahu."

25. "Tuhanku, aku sangat membutuhkan kebaikan yang Engkau kirimkan padaku." - (Al-Qur'an 28:24)

26. "Sesungguhnya dalam mengingat Allah, hati menemukan ketenangan." - (Al-Qur'an 13:28)

27. "Ya Allah, saya berlindung pada-Mu dari kecemasan dan kesedihan. Siapa pun yang diinginkan Allah untuk kebaikan, Dia menimpanya dengan kesulitan." - Al-Bukhari

28. "Tidak pernah seorang mukmin dilanda ketaknyamanan, penyakit, kecemasan, kesedihan atau kekhawatiran mental atau bahkan tusukan duri, tetapi Allah akan menebus dosa-dosanya karena kesabarannya." -Al-Bukhari

29. "Hati yang sedang kesusahan dan dalam kesedihan akan merasa tenang jika di dalamnya selalu menyertakan Allah SWT."

30. "Allah menciptakan Al-Qur'an untuk membantuku melewati segala kesedihan yang aku alami."

5 dari 6 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Islami Seputar Kesedihan

31. "Terkadang, dibutuhkan kesedihan untuk mengetahui arti kebahagiaan, kebisingan untuk menghargai keheningan, dan kehilangan untuk menghargai kehadiran."

32. "Hati kita milik Allah. Bila rasa sedih, berbaliklah pada Allah. Bila rasa keliru, berbaliklah pada Allah. Bila gembira, berbaliklah juga pada Allah."

33. "Dunia ini sementara. Sedih sementara, senang sementara, bersikaplah sewajarnya. Bagaimanapun kondisi kita saat ini, entah kita sedang senang atau sedih, pada akhirnya keadaan ini akan berubah."

34. "Allah menyukai orang yang sabar dan ikhlas. Maka tersenyumlah di kala sedih, tetap memaafkan saat kecewa."

35. "Ciri kelalaian manusia adalah sering mengeluh ketika sedang diuji dan jarang bersyukur ketika mendapatkan nikmat."

36. "Janganlah bersedih oleh urusan dunia karena kita hanya bertamu di atasnya."

37. "Jangan larut dalam kesedihan jikalau ada mimpi yang mungkin belum bisa atau bahkan tidak mungkin untuk dicapai. Tapi, bangkitlah dan mulai rakit mimpi yang baru."

38. "Jangan bersedih jika hartamu berkurang. Bersedih itu ketika umur berkurang, tapi amal tidak juga bertambah."

39. "Selama Allah beserta kita, apalah artinya bersedih hati, apalah artinya takut, dan apalah artinya cemas."

40. "Jangan bersedih saat kesusahan menimpamu. Yakinlah bahwa semua yang terjadi telah dirancang dengan baik oleh Yang Maha Kuasa."

6 dari 6 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak Islami Seputar Kesedihan

41. "Jangan pernah kehilangan semangat dan harapan, meski sedang dalam keadaan bersedih."

42. "Tidak ada yang dapat memberikanmu pertolongan kepadamu dalam setiap kondisi kehidupan kecuali Tuhan Maha Pengampun Allah SWT."

43. "Kita tidak boleh putus asa selama kita mendapat dukungan Allah SWT dan Dialah Yang Maha Esa, yang dapat membuat apa pun terjadi.

44. "Allah SWT mencintai ciptaan-Nya lebih dari yang dapat kita bayangkan, oleh karena itu kita harus memiliki keyakinan penuh bahwa jika Dia tidak memberi kita apa yang kita inginkan, Dia akan memberi kita yang terbaik untuk kita."

45. "Kesulitan dan kesedihan adalah bagian dari hidup dan harus ditangani dengan kesabaran. Jika kita mendapatkan semua yang kita inginkan di dunia ini maka Allah SWT tidak akan mengabulkan keinginan kita di akhirat."

 

Sumber: Theislamicquotes, Mutiaraislam

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer