27 Ucapan Maaf Menjelang Ramadan, Penuh Arti dan Menyentuh Hati

Oleh Alfi Yuda pada 06 Apr 2021, 11:40 WIB
Diperbarui 30 Apr 2021, 13:22 WIB
Ilustrasi ucapan, Ramadan
Ilustrasi ucapan, Ramadan. (Photo on Freepik)

Bola.com, Jakarta - Tak terasa bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari. Ramadan adalah bulan mulia dan penuh berkah yang dinanti-nantikan oleh umat Muslim di segala penjuru dunia.

Pada bulan Ramadan, ada pahala yang tak terbatas yang diberikan oleh Allah SWT. Pada bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa sebulan lamanya di mana harus kuat mengendalikan hawa nafsu, menahan haus, dan lapar di mulai dari waktu sahur (subuh) hingga tibanya waktu berbuka puasa, yaitu saat azan maghrib dikumandangkan.

Sehingga jika dengan sengaja tidak melaksanakan puasa pada bulan Ramadan maka seseorang tersebut akan berdosa sesuai firman Allah dalam Qur'an Surah Al-Baqarah 2:183 yaitu:

"Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelium kamu, agar kamu bertakwa."

Dalam menyambut bulan suci Ramadan, biasanya diiringi tradisi mengirimkan ucapan maaf untuk menjalin silaturahmi yang lebih erat.

Ucapan tersebut berisi permohonan maaf atas segala kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja, dengan harapan agar bisa meraih keberkahan dan dapat menjalankan ibadah dengan lancar untuk meraih kemenangan serta saling mendoakan kebaikan satu sama lain.

Berikut kumpulan ucapan maaf menjelang Ramadan, penuh arti dan menyentuh hati, disadur dari Merdeka, Selasa (6/4/2021).

2 dari 4 halaman

Ucapan Maaf Menjelang Ramadan

Ilustrasi ucapan, Ramadan
Ilustrasi ucapan, Ramadan. (Photo by pikisuperstar on Freepik)

1. "Bulan berkah hampir tiba, jiwa dan hati akan kembali bersih di bulan suci ini. Mohon maaf lahir dan batin."

2. "Jangan sesalkan perpisahan jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan selamat berpuasa di bulan Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin."

3. "Daku rindu bulan ramadan-Mu, dan Engkau beri kesempatan di bulan ini kepadaku. Mohon ampun atas segala dosaku, semoga dilimpahkan banyak rahmat-Mu."

4. "Semoga puasaku, puasamu, dan semua ibadah dan amal kebaikan kita semua diterima oleh Allah Taala, dan semua dosa kita diampuni oleh-Nya. Amin."

5. "Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

6. "Marhaban ya Ramadan, pucuk selasih bertunas menjulang dahannya patah tolong betulkan, puasa Ramadan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

7. "Marhaban ya Ramadan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

8. "Tiada bulan seagung ini. Tiada bulan semulia ini. Tiada bulan seberkah ini. Ramadan penuh berkah dan maghfirah. Marhaban ya ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

9. "Fajar Ramadan akan segera hadir menerangi dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal kita diterima Allah Taala. Amin ya rabbalalamin."

10. "Seluruh alam berzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan. Saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

3 dari 4 halaman

Ucapan Maaf Menjelang Ramadan

Ilustrasi ucapan, Ramadan
Ilustrasi ucapan, Ramadan. (Photo by YusufSangdes on Freepik)

11. "Tiada kemenangan tanpa zikrullah. Tiada amal tanpa keikhlasan. Tiada ampunan tanpa maaf sesama. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

12. "Jika hati seputih awan, jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan, hiasi dengan senyuman. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

13. "Mengingat kata yang salah, hati yang berprasangka, janji yang terlupakan, sikap dan sifat yang menyakitkan, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

14. "Marhaban ya Ramadan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

15. "Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

16. "Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salam setulus hati, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan, mohon maafkan lahir dan juga batin."

17. "Tiada amal tanpa keikhlasan, tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf lahir bathin. Marhaban ya Ramadan. Selamat datang Ramadan."

18. "Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat menunaikan ibadah puasa."

19. "Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

20. "Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berprasangka dan sikap yang pernah menyakitkan. Mohon maaf lahir batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

4 dari 4 halaman

Ucapan Maaf Menjelang Ramadan

Ilustrasi ucapan, Ramadan
Ilustrasi ucapan, Ramadan. (Photo on Freepik)

21. "Siang diisi kebaikan, malam belajar Al-Qur'an. Ramadan jadi penerang hati yang mulai remang-remang. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

22. "Jika semua harta adalah racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka tobatlah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadan pemutihnya. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

23. "Bulan suci Ramadan sudah di depan mata, bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh dengan ampunan. Perlu kesiapan mental yang matang dan kejernihan hati untuk menyambutnya. Sudilah kiranya, membuka pintu hati untuk menerima ucapan kami, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan bathin. Semoga kita diberi kekuatan dan keringanan dalam menjalankan ibadah shaum."

24. "Sebelum cahaya ilahi dipadamkan, sebelum langit runtuh, sebelum pintu tobat ditutup, sebelum malaikat menjemput, sebelum Ramadan tiba, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang pernah dilakukan. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

25. "Setetes embun di pagi hari jatuh di atas bunga melati. Di bulan suci ini, inilah waktunya untuk memperbaiki diri. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

26. "Mengingat kata yang salah. Hati yang berprasangka. Janji yang terlupakan. Sikap dan sifat yang menyakitkan. Di hari ini izinkanlah aku mengucap, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan."

27. "Air tidak selamanya jernih, demikian juga ucapanku. Salju tidak selamanya putih, demikian juga dengan hatiku. Langit tidak selamanya biru, begitu juga hidupku. Jalan tidak selalu lurus, demikian juga langkahku. Jika maaf tidak bisa didapat hari ini, untuk apa menunggu besok? Sementara jantung kita pun tidak selamanya berdetak. Marhaban ya Ramadan, mohon maaf atas segala kesalahan dan khilaf. Selamat menunaikan ibadah puasa."

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Addina Zulfa Fa'izah. Published: 25/3/2021).

Dapatkan kumpulan artikel ucapan ramadan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓