Sukses


Daftar Alat Musik Melodis Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta Alat musik melodis adalah alat musik yang dapat membunyikan melodi dalam sebuah lantunan lagu, namun pada umumnya tidak bisa memainkan akor sendirian.

Hal ini berarti, alat musik melodis dapat menghasilkan nada atau notasi, seperti 'do re mi fa sol la si do' yang dapat melengkapi bunyi-bunyian yang dihasilkan dari alat musik ritmis dan harmonis.

Alat musik melodis juga bisa diartikan sebagai alat musik yang memiliki irama atau nada. Biasanya fungsi dari alat musik melodis ini ialah untuk mengatur nada dalam sebuah lagu atau musik.

Ciri khas alat musik melodis, yakni nada yang lebih lembut dan nyaman didengar saat santai. Alat musik melodis bisa dimainkan sendiri atau solo. Cukup berbeda dengan alat musik harmonis dan alat musik ritmis.

Ada banyak jenis alat musik melodis yang dapat kita temukan saat ini, mulai yang sifatnya tradisional maupun yang modern.

Berikut ini rangkuman daftar alat musik melodis lengkap beserta penjelasannya, dilansir dari laman Gurupendidikan dan Dosenpendidikan, Jumat (9/4/2021).

2 dari 5 halaman

Daftar Alat Musik Melodis Beserta Penjelasannya

1. Piano

Alat musik piano menghasilkan suara dari tuts yang ditekan. Piano mempunyai dua macam warna tuts, yaitu hitam dan putih, yang menghasilkan suara.

Seorang pemain piano dikenal dengan sebutan pianist. Suara yang dihasilkan akan makin indah dengan perpaduan antara tuts-tuts yang ditekan secara bersama-sama.

Piano mempunyai bentuk yang cukup besar dan umumnya berwarna hitam dan memiliki pedal injak serta bangku untuk duduk pemain piano.

2. Akordion

Ada banyak nama panggilan yang digunakan sebagian orang untuk menyebut alat musik akordeon. Di Indonesia, dikenal dengan nama akordeon atau akordion. Sedangkan di luar negeri, panggilannya tetap sama, tetapi dengan penulisan yang berbeda yakni accordeon.

Akordeon merupakan alat musik sejenis organ dengan bentuk yang lebih kecil.

Akordeon dimainkan dengan cara digantungkan atau ditopang di badan mengingat beratnya yang tidak ringan.

Alat musik ini dimainkan dengan cara menekan tombol-tombol 'akor' dengan menggunakan jari-jari tangan kiri, sedangkan yang tangan yang kanan memainkan melodi untuk mengiringi lagu. Tetapi, jika sudah ahli, biasanya menggunakan tangan secara bergantian.

Suara yang dihasilkan dari alat musik akordeon berasal dari pergerakan udara yang disalurkan ke 'lidah-lidah' akordeon. Udara ini timbul dari gerakan tangan sang pemain (dorongan dan tarikan).

3. Pianika

Seperti halnya piano, pianika dapat dimainkan dengan menekan tuts-tuts, tetapi dengan tiupan. Pianika mempunyai lubang ujung kanan untuk membuang udara dan air. Pemain pianika dituntut harus mempunyai pengaturan napas yang sangat baik.

4. Rekorder

Alat musik ini bentuknya hampir menyerupai suling dan dimainkan dengan cara ditiup pada satu di antara ujung bagian tiupnya. Namun, rekorder berbeda dengan alat musik tradisional suling karena adanya modifikasi.

Rekorder memiliki lubang untuk ibu jari yang berlawanan dengan tujuh lubang yang membuatnya unik. Pemain harus menyesuaikan diri jika memiliki jari tangan yang tidak panjang. Pada masa ini, rekorder sering dianggap sebagai alat musik yang biasa digunakan anak-anak sekolah.

3 dari 5 halaman

Daftar Alat Musik Melodis Beserta Penjelasannya

5. Gitar

Gitar merupakan alat musik melodis yang paling populer dan mudah dijumpai. Alat musik melodis ini dimainkan dengan cara dipetik. Gitar sangat fleksibel dan cocok untuk membawakan lagu dengan hampir seluruh genre.

Gitar bisa dimainkan dengan mengambil sikap berdiri atau duduk tergantung kenyamanan dan keadaan. Seorang pemain gitar yang biasa dikenal dengan istilah gitaris atau guitarist.

Teknik bermain gitar juga bermacam-macam, butuh waktu hingga bertahun-tahun untuk menguasai permainan alat musik gitar ini.

6. Kecapi

Alat musik melodis tradisional kecapi mudah dijumpai dalam acara kesenian Sunda. Kecapi terbuat dari kayu Kenanga yang terlebih dahulu direndam selama tiga bulan.

Sedangkan senarnya, kalau ingin menghasilkan nada yang bagus, harus dari kawat suasa (logam campuran emas dan tembaga), seperti kecapi yang dibuat tempo dulu. 

Kecapi dimainkan dengan cara dipetik pada bagian dawai atau senar yang terbentang di atas papan kayu (tubuh kecapi).

7. Biola

Biola merupakan alat musik dawai (senar) yang dimainkan dengan cara digesek menggunakan alat gesek (bow) yang terbuat dari bahan sintetis atau bisa dari rambut kuda asli.

Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang paling rendah adalah G. Di luar negeri, biola dikenal dengan sebutan nama viola atau violin.

8. Harmonika

Harmonika terbilang alat musik yang paling mudah dimainkan. Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus.

Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yang bernama 'Sheng' yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa.

4 dari 5 halaman

Daftar Alat Musik Melodis Beserta Penjelasannya

9. Angklung

Angklung adalah satu di antara alat musik melodis tradisional Indonesia dari wilayah Sunda. Namanya mendunia karena memiliki bentuk dan cara bermain yang unik.

Angklung dimainkan dengan cara digoyang untuk menghasilkan not. Suara yang dihasilkan disebabkan oleh dampak dari badan pipa bambu sehingga suara bergetar dalam susunan nada 2, 3 hingga 4 di setiap ukuran angklung, baik kecil maupun besar.

10. Calung

Selain angklung, alat musik yang terbuat dari deretan bambu yang berbunyi saat goyang adalah calung. Instrumen ini umumnya dimainkan bersama angklung,karena bunyi ini menghasilkan bunyi pentatonik yang sangat cocok untuk dipadukan dengan instrumen tersebut.

11. Bonang

Bonang adalah alat musik khas Jawa dengan lima jenis not yang biasanya dimainkan dengan gamelan. Alat ini sangat mirip dengan alat musik khas Minangkabau, yaitu talempong.

Secara sekilas, bonang mirip dengan gong yang ditidurkan. Alat musik bonang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul khusus.

12. Seruling atau Suling

Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup, sama seperti memainkan recorder. Untuk dapat mempelajari teknik bermain seruling dengan baik, seorang pemain harus bisa membaca not nada yang digunakan pada lagu tertentu. Biasanya not seruling bertuliskan angka disertai titik.

5 dari 5 halaman

Daftar Alat Musik Melodis Beserta Penjelasannya

13. Sasando

Sasando adalah alat musik tradisional dari Nusa Tenggara Timur, tepatnya Pulau Rote. Warga di sana menamakannya dengan nama sasandu, yang artinya bergetar atau berbunyi. Cara memainkan alat musik sasando dengan cara dipetik.

14. Talempong

Talempong atau dikenal sebagai Cak Lempong di Malaysia adalah sebuah alat musik pukul tradisional khas suku Minangkabau, Indonesia. Bentuknya hampir sama dengan instrumen bonang dalam perangkat gamelan.

Talempong terbuat dari kuningan, tetapi ada pula yang terbuat dari kayu dan batu. Saat ini talempong dari bahan kuningan lebih banyak digunakan.

Talempong biasanya digunakan untuk mengiringi tarian pertunjukan atau penyambutan, seperti Tari Piring, Tari Pasambahan, Tari Alang Suntiang Pangulu, dan Tari Gelombang.

Talempong biasanya dibawakan dengan iringan akordion. Selain akordion, instrumen seperti saluang, gandang, serunai, dan instrumen tradisional Minangkabau lainnya umum dimainkan bersama talempong.

15. Terompet

Terompet merupakan alat musik tiup yang dapat mengeluarkan bunyi yang dihasilkan oleh besarnya tenaga yang digunakan untuk memainkan fanfare, tetapi juga disebabkan oleh tabung logam yang sempit, lubang silindris, dan corong yang lebar dan mengembang.

Musisi jazz memanfaatkan semua bunyi yang dihasilkan alat musik trompet dan trombon. Dengan memainkan kedua alat musik ini, diharapkan akan menghasilkan permainan solo yang memesona.

16. Saxophon

Saxophon merupakan alat musik tiup bersuara logam dengan jangkauan nada dan kemampuan ekspresinya yang besar. Saxophone diciptakan oleh Adolphne Sax pada 1846.

Ada empat jenis saxophone, yaitu saxophone sopran, alto, tenor, dan bariton. Keempatnya dapat membentuk kuartet yang setara dengan kuartet gesek.

 

 

Sumber: Gurupendidikan, Dosenpendidikan

Video Populer

Foto Populer