Sukses


KONI Rencanakan Sanitasi Modern untuk Fasilitas Olahraga di Jabotabek

Bola.com, Jakarta - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) merencanakan sebuah inovasi berupa penerapan teknologi pendukung berupa sanitasi modern di sejumlah fasilitas olahraga yang ada di Jabodetabek.

Rencana itu diungkapkan oleh Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, ketika menghadiri peresmian "Shower Area" berbasis teknologi di tempat peristirahatan KM 88 Tol Cipularang, Jumat (9/4/2021).

Sebenarnya Shower Area merupakan gagasan dari PT. Jawara Bersih Nusantara, pengembang startup sanitasi modern jamban.id, yang kemudian berkolaborasi dengan PT Jasamarga Related Business sebagai pengelola jalan tol tersebut.

Cukup terkesan dengan teknologi yang digunakan, Ketua KONI Pusat berharap konsep itu juga bisa diwujudkan di tempat-tempat yang merupakan sarana olahraga umum.

"Satu yang harus diangkat adalah budaya bersih. Fokusnya sanitasi yang memenuhi syarat. Jadi jika kami bekerja sama dengan jamban.id, nanti akan kita buat di fasilitas-fasilitas olahraga," ujar Marciano Norman.

Menurutnya, fasilitas olahraga dengan sanitasi yang modern dan bersih akan membuat para penggiat olahraga, baik atlet profesional maupun masyarakat umum, tidak hanya merasa nyaman dengan kebersihan yang terjaga. Namun, kebugaran dari penggiat olahraga itu juga akan terjaga.

"Semoga prestasi atlet kita juga nantinya meningkat dengan adanya teknologi pendukung seperti ini," ujar Ketua Umum KONI Pusat itu.

Video

2 dari 2 halaman

Mulai di Jakarta dan Jawa Barat

Sebagai langkah awal, Marciano Norman berencana untuk bertemu dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan KONI Jawa Barat untuk membicarakan penerapan sanitasi modern tersebut.

"Kita akan coba terapkan sanitasi modern di fasilitas olahraga yang ada di kedua wilayah tersebut," jelas Ketua Umum KONI Pusat itu.

Jika konsep penerapan teknologi sanitasi modern ini benar-benar diwujudkan, KONI Pusat akan menggandeng PT Jawara Bersih Nusantara selaku pengembang teknologi yang sama seperti yang diterapkan di area peristirahatan jalan tol tersebut.

Selain itu, rencananya akan ada Sportlink yang merupakan multiplatform ekosistem olahraga di Indonesia yang akan mendukung kolaborasi Shower Area berbasis teknologi di lokasi sarana olahraga Indonesia.

Video Populer

Foto Populer