Sukses


Manfaat Kerja Sama ASEAN bagi Negara Anggota, Ketahui Tujuan Dibentuknya

Bola.com, Jakarta - ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations, adalah sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi, yang anggotanya merupakan negara yang berada di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Asosiasi Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN tersebut terbentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok. ASEAN diprakarsai lima negara anggota, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Kemudian, Brunei Darussalam bergabung pada 8 Januari 1984, Vietnam pada 28 Juli 1995, Laos dan Myanmar pada 23 Juli 1997, serta Kamboja pada 30 April 1999.

Saat ini, ada 10 negara yang masih aktif tergabung dalam organisasi ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Ada lima tokoh penting di balik berdirinya ASEAN. Kelima sosok tersebut ialah Adam Malik (Indonesia), Narsisco Ramos (Filipina), S. Rajaratnam (Singapura), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khonam dari Thailand.

Latar belakang berdirinya ASEAN tak lepas dari adanya persamaan persepsi antara negara-negara di Asia Tenggara. Setelah mengetahui latar belakang berdirinya ASEAN, penting untuk mengetahui tujuan ASEAN.

Pada hakikatnya, tujuan didirikan ASEAN adalah untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang aman, damai, stabil, dan sejahtera. Adanya ASEAN ini mendatangkan banyak manfaat kerja sama bagi seluruh anggota, termasuk Indonesia. Apa saja manfaat kerja sama ASEAN?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat kerja sama ASEAN bagi anggotanya, termasuk Indonesia, seperti dilansir dari laman Dosenekonomi, Jumat (16/4/2021).

2 dari 5 halaman

Tujuan Dibentuknya ASEAN

Sebelum membahas manfaat kerja sama ASEAN, ketahui terlebih dahulu tujuan dibentuknya. Maksud dan tujuan dari dibentuknya ASEAN tercantum dalam deklarasi Asean yang dilaksanakan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok.

  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, serta pengembangan kebudayan di wilayah Asia Tenggara. Hal tersebut dilakukan melalui usaha bersama dengan semangat kesamaan dan semangat persahabatan untuk memperkuat landasan masyarakat dari bangsa-bangsa di kawasan Asia tenggara yang damai dan sejahtera.
  • Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional yang dilakukan dengan jalan saling menghormati keadilan serta tertib hukum di dalam hubungan di antara negara-negara kawasan Asia Tenggara, serta mematuhi prinsip-prinsip dari piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa agar tidak menjadi penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan kewenangan.
3 dari 5 halaman

Tujuan Dibentuknya ASEAN

  • Peningkatan kerja sama yang aktif serta saling bantu membantu di antara negara-negara anggota dalam memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama yang mencakup bidang ekonomi, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, administrasi, serta teknik
  • Saling bantu membantu baik itu dalam bidang sarana-sarana latihan dan penelitian dalam bidang pendidikan, profesional, administrasi, dan teknik.
  • Membina dan menjalin kerja sama yang lebih efektif dalam rangka meningkatkan hasil pertanian, industri, perluasan perdagangan komoditas internasional, perbaikan sarana dan prasarana pengangkutan dan komunikasi, serta peningkatan taraf hidup rakyat dari negara-negara anggota.
  • Meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan di antara negara-negara anggota.
  • Memelihara kerja sama yang erat dengan organisasi-organisasi internasional maupun regional lainnya dengan tujuan yang sama, serta untuk lebih menjajaki kemungkinan-kemungkinan diadakannya kerja sama yang lebih erat lagi satu sama lainnya.
4 dari 5 halaman

Manfaat Kerja Sama ASEAN

  • Memperbesar Peluang Lapangan Kerja

Jumlah penduduk yang terus meningkat setiap tahun membuat lapangan pekerjaan dalam satu negara akan makin menipis. Jika tidak ada solusi, angka pengangguran akan makin bertambah.

Namun, adanya kerja sama ASEAN ini, peluang untuk bekerja di negara lainnya yang tergabung dalam organisasi tersebut akan terbuka sehingga lapangan pekerjaan menjadi lebih luas. Dengan cara ini, angka pengangguran dapat ditekan sehingga kestabilan ekonomi dapat terjaga.

  • Meningkatkan Devisa Negara

Kerjasama antarnegara ASEAN akan melibatkan banyak aspek, mulai kegiatan ekspor impor hingga perekrutan tenaga kerja antarnegara.

Kegiatan tersebut akan meningkatkan devisa negara. Dengan ini, pendapatan kas negara akan bertambah, di mana pendapatan tersebut akan digunakan untuk pembangunan dalam jangka panjang.

  • Memperluas Pasar Hasil Produksi

Setiap negara tentu akan menghasilkan beragam produk dan jasa, baik dengan skala kecil maupun besar. Namun, persaingan pasar domestik terkadang menyebabkan hasil produksi tidak dapat terjual dengan cepat.

Dengan adanya kerja sama ASEAN, peluang untuk mengekspor barang dan jasa akan terbuka lebar karena jangkauan pasar yang lebih luas hingga ke negara lain. Dampaknya, hasil produksi akan lebih cepat habis dan mendorong untuk menghasilkan produksi lebih banyak.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kerja Sama ASEAN

  • Memenuhi Kebutuhan Dalam Negeri

Meski setiap negara dapat menyediakan kebutuhan dalam negeri, dengan pertambahan penduduk yang makin tinggi menyebabkan pemenuhan kebutuhan masyarakat terhambat. Untuk itu kita perlu mengimpor produk yang dibutuhkan, dan ini akan sangat terbantu dengan adanya kerja sama ASEAN.

Kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi di dalam negeri bisa didapatkan dari luar negeri dengan melakukan kegiatan ekspor impor, dan dengan ini pemenuhan kebutuhan masyarakat akan terjamin serta tetap stabil.

  • Mengoptimalkan Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang melimpah di setiap negara dapat saling menutupi kebutuhan antarnegara yang tergabung dalam ASEAN. Dengan ini sumber daya alam dapat dimanfaatkan dengan optimal dan dikelola dengan lebih baik untuk menyejahterakan lebih banyak penduduk.

 

 

Sumber: Dosenekonomi

Video Populer

Foto Populer