Sukses


Windy Cantika Sabet Perunggu Kejuaraan Asia, Satu Lagi Atlet Indonesia Genggam Tiket ke Olimpiade Tokyo

Bola.com, Jakarta - Indonesia dipastikan menambah wakil pada ajang Olimpiade Tokyo 2021. Kepastian tersebut didapat pada cabang olahraga angkat besi.

Adalah lifter putri andalan Indonesia Windy Cantika Aisah. Dia dipastikan mengamankan tiket Olimpiade Tokyo setelah merebut medali perunggu pada Kejuaraan Asia Angkat Besi 2021 yang digelar di Tashkent, Uzbekistan, Sabtu (17/04/2021) waktu setempat.

Windy Cantika tampil kompetitif pada kelas 49 kg pada kejuaraan yang merupakan babak kualifikasi Olimpiade itu. Dia menempati peringkat ketiga untuk kategori snatch dengan 87 kg. Sedangkan untuk kategori clean and jerk, ia berada di posisi keempat dengan 102 kg.

Demikian juga dengan total angkatan, Windy Cantika berada di posisi keempat dengan 189 kg. Medali emas dan perak untuk tiga kategori angkatan tersebut masing-masing diraih oleh lifter China, yakni Hou Zhihui dan Jiang Huihua.

Pura Darmawan selaku Manajer Tim Angkat Besi Indonesia menyebut hasil yang diraih Windy Cantika sudah optimal. Apalagi sang lifter baru kali pertama tampil pada kejuaraan senior.

Lifter berusia 18 tahun itu dapat membuktikan bahwa dia mampu bersaing dengan lifter lainnya yang usianya rata-rata berada di atasnya. "Ini sudah optimal," kata Pura Darmawan mengutip Antara.

"Kejuaraan ini boleh dibilang mini Olimpiade, hanya lifter Amerika Serikat dan Rusia saja yang tidak hadir. Jadi, perjuangan Windy meraih perunggu sangat berat," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Naik Posisi

Lewat medali perunggu pada ajang Kejuaraan Asia Angkat Besi 2021, posisi Windy Cantika kini diperkirakan akan naik dari posisi tujuh ke posisi lima peringkat federasi angkat besi dunia IWF, sehingga ia berada dalam posisi aman untuk tampil di Olimpiade Tokyo.

Namun, ada kemungkinan Windy Cantika akan tampil pada Kejuaraan Dunia Junior yang masih akan digelar di Tashkent pada akhir Mei nanti demi mendongrak poinnya sebelum ke Tokyo.

"Paling tidak, kami sudah punya gambaran apakah ia tetap ditampilkan pada Kejuaraan Dunia Junior di Tashkent pada akhir Mei atau tidak untuk lebih mengamankan tiket Olimpiade-nya. Yang jelas, dengan hasil ini tiket untuk Olimpiade sudah aman," Pura menegaskan.

Sumber: Antara

Video Populer

Foto Populer