30 Kata-Kata Ucapan Selamat Hari Kartini, Penuh Semangat dan Pesan Mendalam

Oleh Rheza Aditya Gradianto pada 21 Apr 2021, 08:40 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 08:40 WIB
Ilustrasi Hari Kartini
Ilustrasi Hari Kartini. <a href='https://www.freepik.com/vectors/celebration'>Celebration vector created by freepik - www.freepik.com</a>

Bola.com, Jakarta - Kata-kata ucapan Selamat Hari Kartini dapat kamu kirimkan kepada perempuan-perempuan hebat di sekitarmu untuk memberikan apresiasi serta semangat kepada mereka.

Melalui kata-kata ucapan Selamat Hari Kartini tersebut kamu juga dapat mengungkapkan kekagumanmu kepada perempuan yang tidak kenal lelah  berjuang dalam menjalani kehidupan.

Ibu Kartini merupakan pahlawan bangsa yang di masa lalu memperjuangkan hak-hak para perempuan agar sama dengan apa yang dimiliki kaum lelaki.

Terlahir sebagai seorang putri bangsawan tak membuat RA Kartini abai dengan keadaan di sekitarnya, terutama apa yang menimpa perempuan kala itu, di mana kebanyakan institusi pendidikan hanya memperbolehkan kaum lelaki untuk menuntut ilmu.

Berkat perjuangan beliau. kaum perempuan dapat merasakan bangku pendidikan dan memiliki hak yang setara dengan laki-laki.

Berkat jasa-jasa yang telah beliau berikan, setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini, yang merujuk pada hari kelahiran perempuan asli Jepara tersebut.

Berikut 30 kata-kata inspirasi ucapan Selamat Hari Kartini, yang penuh semangat dan pesan mendalam, seperti dikutip dari laman Goodminds dan Hops, Rabu (21/4/2021).

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Inspirasi Ucapan Selamat Hari Kartini

Ilustrasi Hari Kartini
Ilustrasi Hari Kartini. <a href='https://www.freepik.com/vectors/education'>Education vector created by freepik - www.freepik.com</a>

1. "Teruslah kamu bermimpi, teruslah untuk bermimpi, bermimpilah selama kamu bisa bermimpi! Jika tanpa mimpi, apakah jadinya hidupmu! Kehidupan yang sebenarnya sangatlah kejam. Selamat Hari Kartini."

2. "Selamat Hari Kartini untuk para perempuan di hidupku. Terima kasih karena selalu menunjukkan kasih sayang dan perhatian yang luar biasa."

3. "Untuk istri dan anak perempuanku, tetaplah jadi Kartini kebanggaan keluarga. Selamat Hari Kartini."

4. "Selamat Hari Kartini, di mana wanita berhak didengarkan suaranya."

5. "Nama RA Kartini akan tetap dikenang sampai kapan pun. Jadi harumkannamamu dengan prestasi yang gemilang. Selamat Hari Kartini."

6. "Terima kasih kepada sosok wanita hebat yang telah menemani hari-hariku selama ini, baik Ibu, Kakak, Adik, dan Istri tercinta. Kalian adalah sosok wanita terhebat yang pernah aku temui dan pastinya aku berharap aku bisa membuat kalian bahagia selamanya."

7. "Selamat Hari Kartini untuk para perempuan di hidupku. Terima kasih karena selalu menunjukkan kasih sayang dan perhatian yang luar biasa."

8. "Terima kasih kepada seluruh perempuan-perempuan hebat yang telah berjasa dalam hidupku. Tanpa kalian mungkin aku tidak akan ada apa-apanya sekarang ini. Selamat Hari Kartini untuk kalian semua."

9. "Hari Kartini adalah momen terbaik untuk bisa membuktikan bahwa setiap wanita memiliki potensi masing-masing. Jadi, jangan takluk dengan rasa menyerah dan putus asa yang akan menghancurkanmu sendiri."

10. "Kekuatan sejati seorang perempuan bukanlah terletak pada seberapa kuat dia untuk bekerja atau menghasilkan uang, tetapi seberapa mampu dia mengatur waktu antara karier dan keluarganya. Selamat Hari Kartini untuk para perempuan kuat."

3 dari 4 halaman

Kata-Kata Inspirasi Ucapan Selamat Hari Kartini

Ibu Kartini
Ilustrasi Ibu Kartini. (Liputan6.com/Johan Fatzry)

11. "Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan di Indonesia. Jadilah dian (pelita) yang tak pernah padam, selalu bersinar dengan kecerdasan yang kamu miliki. Selamat Hari Kartini."

12. "Selamat Hari Kartini. Jangan pernah menyakiti hati wanita karena dari rahim seorang wanita kamu dilahirkan. Terima kasih kepada wanita terhebat, Ibuku, yang selalu memberi support dan doa-doanya selama ini."

13. "Ibu kita Kartini telah berjuang memberikan pemikiran positifnya, membangun, dan menciptakan pemikiran terbuka bagi seluruh wanita di Indonesia untuk dapat mewujudkan cita-citanya tanpa adanya diskriminasi gender."

14. "Terima kasih telah membuat aku menjadi seseorang yang mencintai kamu. Semoga kamu menjadi Kartini lebih dari yang lalu, dan selalu menjadi Kartini di hatiku."

15. "Tidak akan pernah menjadi hidup indah tanpa adanya kamu di hidupku. Terima kasih telah menjadi Kartini di hidupku. Selamat Hari Kartini."

16. "Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu, tapi satu-satunya hal yang benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri. Selamat Hari Kartini, teruslah berjuang."

17. "Semangat terus untuk wanita-wanita di Indonesia yang saat ini telah berjuang untuk keluarga dan bangsa. Jangan lelah untuk berkarya dan menjadi Kartini hebat yang namanya akan menggetarkan langit."

18. "Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. Selamat Hari Kartini."

19. "Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam. Selamat Hari Kartini bagi semua wanita Indonesia."

20. "Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita Indonesia. Gapai cita-citamu seperti langit yang tinggi karena semangat kartini muda akan selalu lebih baik daripada sebelumnya dan itu akan selalu berada di dalam hati wanita Indonesia."

4 dari 4 halaman

Kata-Kata Inspirasi Ucapan Selamat Hari Kartini

Ilustrasi Kartini
Ilustrasi Kartini. (Liputan6.com/Yoshiro)

21. "Ada banyak sekali hal yang mungkin saja bisa menjadi salah satu penyebab dari jatuhnya dirimu. Namun, dari sekian banyak hal tersebut, hanya ada satu hal yang bisa benar-benar membuat dirimu jatuh. Apakah itu? Ya, sikap yang berasal dari diri sendiri. Hai, wanita Indonesia, masih ingatkan kau perjuangan beliau Ibu Kartini? Sikap dalam dirinya mampu menjadikanmu bisa lebih bebas dan memiliki hak yang sama. Jangan pernah engkau sia-siakan itu. Selamat Hari Kartini untuk wanita Indonesia."

22. "Pepatah menyebutkan, 'mati satu tumbuh seribu'. Dan benar saja, pejuang wanita Indonesia telah tiada. Meski begitu, dirinya tidak pernah benar-benar tiada, semangat juangnya hadir dalam ribuan maupun jutaan wanita Indonesia saat ini. Ucapan Selamat Hari Kartini saja tidaklah cukup. Ayo, Kartini muda Indonesia majulah, tunjukkan kalian bisa."

23. "21 April, sudah kau bertanya apa saja yang sudah kau berikan untuk bangsa ini? Sudahkah kau benar-benar menjadi sesuatu yang baik? Ayolah mulai saat ini rangkul, jalan, dan maju bersama para Kartini mudaku. Jalanlah kau melemah dengan keadaan yang menerpamu. Bukankah suatu keberhasilan itu ada karena ada keberanian untuk mencoba jadi lebih baik? Semangat Kartiniku!"

24. "Adakalanya memang kita harus tahu dan mencicipi terlebih dahulu apa itu yang dinamakan kesulitan, perjuangan, kerja keras, dan pengorbanan. Sebab pada dasarnya, kebahagiaan, kesenangan, keindahan, dan segalanya itu hadir setelah itu semua. Tetaplah semangat, jemputlah kebahagiaan itu dari sekarang. Selamat Hari Kartini para perempuan Indonesia."

25. "Menjadi seorang wanita cantik saja bukanlah modal yang cukup. Kamu perlu jadi seorang yang memiliki budi pekerti baik, taat dengan Tuhanmu, dan jadi pribadi yang berguna untuk orang lain. Selamat Hari Kartini, jadilah wanita dengan paras cantik dan berbudi pekerti baik sebagai Kartini muda masa kini."

26. "Hai, tepat di hari ini 21 April aku berikan ucapan Selamat Hari Kartini untukmu. Aku pun berharap jika kau akan selalu jadi seorang wanita yang terbaik bagi negara ini Indonesia. Buatlah Indonesia sebagai tanah air yang maju."

27. "Teruntuk Ibuku, Kartiniku, sepanjang hidupku. Sungguh aku berterima kasih untuk semua yang kau berikan dari dulu hingga saat ini. Terima kasih tidak pernah lelah untuk membimbingku. Tidak akan pernah ada yang bisa menggantikan engkau di dalam hatiku. Selamat Hari Kartini Ibuku tercinta."

28. "Aku selalu sadar bahwasanya diriku tak akan menjadi apa-apa. Hariku tak akan jadi lebih berwarna tanpa adanya kehadiran dirimu, duhai Sahabatku, teman terbaikku. Terima kasih sudah selalu berada di dekatku dalam kondisi apa pun. Selamat Hari Kartini!"

29. "Sekarang ini memang sudah banyak sekali pekerja wanita yang setara dengan pria. Bahkan sering kali kita temukan wanita hebat masa kini yang berhasil menjadi pemimpin. Begitu juga dengan kalian semua wanita Indonesia, kau akan jadi hebat ketika berhasil menggapai yang seharusnya memang menjadi prestasimu. Selamat Hari Kartini bagi para Kartini muda, sosok wanita hebat masa kini untuk Indonesia."

30. "Seberat apa pun tantangan yang sedang kamu hadapi, cobalah untuk selalu kuat dan berpikir positif, jadikan ibu Kartini sebagai teladanmu agar dapat membimbingmu kepada pinti kesuksesan. Selamat hari Kartini bagi wanita kuat Indonesia."

 

Sumber: Goodminds, Hops

Yuk, baca artikel kata-kata ucapan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓