25 Ucapan Belasungkawa Islami, Bentuk Kepedulian dan Penghiburan

Oleh Alfi Yuda pada 22 Apr 2021, 18:20 WIB
Diperbarui 22 Apr 2021, 18:20 WIB
Ilustrasi ucapan belasungkawa, Islami
Ilustrasi ucapan belasungkawa, Islami. (Photo by Katie Phillips on Pixabay)

Bola.com, Jakarta Dalam hidup kita adakalanya harus menyampaikan ucapan belasungkawa pada keluarga, kerabat, maupun orang terdekat yang ditinggalkan karena kepergian selamanya orang yang dikasihi.

Memberi ucapan belasungkawa dalam agama Islam merupakan sebuah amalan yang terpuji. Dalam Al-Qur'an disebutkan dalam surat Al-Baqarah: 155-157:

"Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun. Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Rabb mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk."

Menyampaikan ucapan belasungkawa merupakan bentuk kepedulian dan perhatian kita kepada mereka yang mengalami kemalangan. Setiap kalimatnya menyentuh dan berisi doa-doa untuk mereka yang tertimpa musibah.

Selain itu, memberi ucapan belasungkawa merupakan satu di antara bentuk penghiburan untuk mengurangi kesedihan yang dirasakan oleh keluarga, kerabat, maupun orang terdekat yang ditinggalkan.

Bagi kamu yang bingung merangkai ucapan, berikut referensi ucapan belasungkawa Islami yang bisa kamu gunakan ketika mendapatkan kabar duka, dinukil dari Sympathymessageideas dan Sharingkali, Kamis (22/4/2021).

2 dari 5 halaman

Ucapan Belasungkawa Islami

Ilustrasi ucapan belasungkawa, Islami
Ilustrasi ucapan belasungkawa, Islami. (Photo by S. Hermann & F. Richter on Pixabay)

1. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berdukacita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya. Maka bersabarlah atas kejadian yang menimpamu ini. Percayalah pasti ada hikmah di balik semua ini."

2. "Inna lillahi wainna ilaihi roji'un… Kami turut berdukacita, semoga ini menjadikan kita makin taat beribadah kepada Allah SWT. Aamiin".

3. "Inna lillahi wainna ilaihi roji'un… Saya dan keluarga turut berdukacita. Semoga amal dan ibadah almarhum atau almarhumah diterima di sisi Allah SWT dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan."

4. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga kamu dan keluarga kuat untuk menjalani ini semua. Kami sekeluarga besar turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya."

5. "Inna lillahi wainna ilaihi roji'un… Turut berduka cita atas meninggalnya (…..). Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Percayalah pasti Allah akan mempertemukan kalian kembali kelak."

6. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berdukacita sedalam-dalamnya untuk kamu dan keluarga. Semoga almarhum/almarhumah diberikan tempat terbaik di sisi Allah. Semoga kamu dan keluarga diberikan ketabahan dan keikhlasan, jangan larut dalam kesedihan ya, tetap semangat."

3 dari 5 halaman

Ucapan Belasungkawa Islami

Ilustrasi ucapan belasungkawa, Islami
Ilustrasi ucapan belasungkawa, Islami. (Phot by harivrat on Unsplash)

7. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Sahabat kecilku, mengapa kamu meninggalkanku begitu cepat. Semua kebersamaan yang pernah kita lewati kini telah menjadi sebuah kenangan. Semoga segala amal ibadahmu diterima di sisi Allah. Yang tenang ya, sahabatku."

8. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Aku turut berduka cita atas kehilangan yang telah menimpamu."

9. "Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesuatu dari hamba-Nya karena segala sesuatu tersebut hanyalah sebuah titipan. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum."

10. "Percayalah semua cobaan yang Allah berikan pastinya mengandung sebuah hikmah kehidupan. Kita boleh bersedih, tetapi kesedihan itu tak akan mengubah keadaan menjadi lebih baik dan tidak akan membuat ia yang telah meninggalkan kita kembali lagi. Sedih boleh, tapi ayo bangkit kembali."

11. "Semua rasa sakit yang kamu alami selama ini sudah berakhir, Allah lebih menyayangimu daripada kita semua di sini. Selamat jalan, Sahabatku, semoga kamu sudah tenang di surga sana."

12. "Semoga segala doa-doa terbaik yang kupanjatkan dikabulkan oleh Allah. Hanya satu yang bisa aku lakukan saat ini, kini biarkan aku mengenang dan mendoakanmu."

4 dari 5 halaman

Ucapan Belasungkawa Islami

Ilustrasi ucapan belasungkawa, Islami
Ilustrasi ucapan belasungkawa, Islami. (Photo by Jill Wellington on Pixabay)

13. "Semua ini adalah rencana baik dari Allah. Kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang."

14. "Jangan bersedih, semua akan berkumpul kembali di akhir zaman nanti. Harus yakin bahwa Allah SWT akan mempertemukan kita dengan saudara yang lain setelah tiba waktunya."

15. "Sesungguhnya ia adalah milik Allah dan kepada-Nya lah ia akan kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk ke dalam golongan orang-orang baik. Dan jadikanlah catatannya di ‘illiyyin."

16. "Semoga kita semua bisa mengambil teladan pada kebaikan yang telah almarhum lakukan selama hidupnya. Kita simpan saja semua keburukan almarhum semasa hidup, dan tak perlu mengungkitnya kembali."

17. "Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita sebagai manusia. Maka, tetaplah tegar atas kepergiannya karena semuanya akan indah pada waktunya."

18. "Selamat jalan teman baikku, mudah-mudahan engkau mendapatkan tempat terindah disisi-Nya, yaitu di surga-Nya yang sangat indah. Amin ya rabbal’alamin."

5 dari 5 halaman

Ucapan Belasungkawa Islami

Ilustrasi ucapan belasungkawa, Islami
Ilustrasi ucapan belasungkawa, Islami. (Photo by Mike Labrum on Unsplash)

19. "Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Kami sekeluarga mengucapkan turut berdukacita sedalam-dalamnya. Aku turut merasakan kesedihan yang mendalam atas kepergiannya."

20. "Rezeki, jodoh, dan umur sudah ditetapkan Allah, mari kita ikhlaskan dan berlapang dada atas segala ketentuannya. Semoga Allah menambah kesabaran dan kekuatan iman."

21. "Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Kami turut berdukacita atas kepergian almarhum, semoga beliau husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan."

22. "Semoga Allah merahmatimu dan menambah ketabahan dalam hatimu. Ikhlaskan dengan lapang dada, semoga almarhum diterima Sang Pencipta."

23. "Saya turut berduka cita atas meninggalnya Ibumu, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan iman dan kesabaran."

24. "Segala sesuatu yang terjadi adalah kehendak Allah, kita harus menerimanya dengan lapang dada."

25. "Saya turut berdukacita atas meninggalnya kakekmu, semoga khusnul khotimah."

 

Sumber: Sympathymessageideas, Sharingkali

Dapatkan kumpulan artikel ucapan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓