Sukses


8 Cara Mencegah Bibir Kering saat Puasa, Mudah Dipraktikan

Bola.com, Jakarta - Cara mencegah bibir kering selama puasa banyak dicari pada momen-momen seperti ini. Bibir kering merupakan hal yang umum karena tubuh memang kurang cairan, terlebih saat berpuasa.

Saat berpuasa, Anda harus menahan diri untuk tidak memasukkan makanan dari imsak sebelum subuh hingga magrib. Maka dari itu, selama lebih dari 12 jam tubuh kita tak akan mendapat asupan seperti hari biasa.

Apalagi dengan cuaca dan suhu udara di Indonesia yang cukup kering dan panas. Bibir kering saat menjalani puasa pun tak bisa terelakkan.

Namun, Anda bisa mencegah bibir kering selama puasa dengan cara sederhana. Satu di antaranya dengan memperbanyak minum air putih saat berbuka dan sahur.

Berikut cara mencegah bibir kering selama puasa, disadur dari Liputan6, Kamis (22/4/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Mencegah Bibir Kering saat Puasa

1. Minum Banyak Air Putih saat Buka dan Sahur

Cara mencegah bibir kering yang paling mudah dengan memperbanyak minum air putih. Anda harus minum air putih yang banyak saat berbuka dan sahur.

Dengan minum air putih ketika berbuka dan sahur akan membantu mencegah bibir kering terjadi pada siang hari ketika berpuasa. Anda juga sebaiknya menghindari minuman manis di bulan puasa ini.

2. Oleskan Madu Sebelum Makan Sahur

Madu memang terkenal sangat bagus untuk perawatan kulit. Menggunakan madu merupakan satu di antara cara sederhana untuk mengatasi bibir kering saat puasa. Anda bisa mengoleskan madu ke bibir sebelum makan sahur sehingga bibir masih akan terasa lembap pada siang harinya.

Tetapi, Anda harus berhati-hati, jangan mengoleskan madu ke bibir di siang hari saat berpuasa, tentunya hal tersebut dapat membatalkan puasa.

3 dari 5 halaman

Cara Mencegah Bibir Kering saat Puasa

3. Makan Sayur dan Buah saat Buka

Makan sayur dan buah sudah tidak perlu dipertanyakan lagi dapat mencegah bibir kering saat puasa. Kandungan vitamin C yang ada pada sayur dan buah akan sangat membantu untuk mencegah bibir kering pada siang hari saat berpuasa.

4. Jangan Menjilat Bibir

Menjilati bibir merupakan kebiasaan banyak orang ketika bibir kering. Hal ini disebabkan karena angga[an dengan menjilatinya, bibir akan kembali lembap. Namun, hal tersebut salah. Bibir hanya akan lembap untuk sementara dan akan lebih kering setelah itu bila Anda menjilatinya.

Permukaan lidah yang kasar berperan dalam menghilangkan kelembapan bibir sehingga bibir menjadi kering dan bisa mengakibatkan bibir pecah-pecah.

4 dari 5 halaman

Cara Mencegah Bibir Kering saat Puasa

5. Hindari Makan Pedas dan Asin

Makanan pedas dan asin dapat membuat bibirmu menjadi kering. Makanan pedas dan asin ini memang banyak disukai lantaran kelezatannya.

Namun, sebaiknya pada bulan puasa, Anda menghindari makanan ini karena bisa menyebabkan bibir menjadi kering. Jadi, sebaiknya menghindari makan makanan yang pedas dan asin ketika berbuka maupun ketika sahur.

6. Oleskan Mentimun saat Buka dan Sahur

Cara sederhana untuk mencegah bibir kering selanjutnya adalah menggunakan mentimun. Anda bisa mengiris timun secukupnya, lalu memasukkannya ke dalam air dingin.

Anda dapat mengoleskannya ke bibir ketika berbuka puasa maupun saat sahur. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari bibir kering dan pecah pecah saat berpuasa.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Bibir Kering saat Puasa

7. Gunakan Lip Balm

Menggunakan lip balm memang bertujuan untuk menjaga bibir tetap lembap. Hanya dengan mengoleskan lip balm di bibir, Anda bisa mengatasi bibir kering saat berpuasa.

Namun, Anda harus pastikan untuk menggunakan lip balm yang tidak ada rasa dan wanginya. Anda juga harus berhati-hati dalam pemakaian lip balm agar tidak membatalkan puasa.

8. Kurangi Penggunaan Lipstik

Penggunaan lipstick dapat mengakibatkan bibir kering. Hindari terlalu sering mengguakan lipstik di bulan puasa agar bibir tidak kering. Anda bisa mengganti lipstik dengan lip balm berwarna bila memang harus menggunakannya.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi/Editor: Fadila Adelin. Published: 8/5/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer