Sukses


30 Ucapan Dukacita, Bentuk Empati Sekaligus Penghiburan Tulus

Bola.com, Jakarta - Dalam kondisi berduka karena ditinggal oleh kerabat terdekat, tentunya seseorang atau keluarga membutuhkan orang lain untuk memberikan ketenangan dan penghiburan, baik dari tindakan maupun ucapan.

Dengan adanya ucapan dukacita dari orang lain, bisa membantu menenangkan dan mengurangi kesedihan yang dirasakan.

Hal tersebut juga sebagai bentuk rasa empati terhadap keluarga yang ditinggalkan atau terkena musibah.

Ketika kamu ingin menyampaikan ucapan dukacita, ada baiknya tidak melakukan hal-hal yang dapat menyinggung perasaan orang yang sedang berduka.

Itulah mengapa, kamu perlu memperhatikan pemilihan kata-kata yang ingin disampaikan supaya tidak ada salah kata yang dapat menyinggung perasaan orang yang sedang berduka.

Jika kamu sulit dalam merangkai ucapan dukacita, kamu bisa mendapatkan referensinya di bawah ini.

Berikut ini beberapa ucapan dukacita yang bisa kamu jadikan referensi, seperti dikutip dari Sympathymessageideas dan Tharpfuneralhome, Senin (26/4/2021).

2 dari 4 halaman

Ucapan Dukacita

1. "Aku turut berdukacita atas kepergian saudaramu. Aku akan selalu di sini jika kamu membutuhkan."

2. "Aku enggak bisa membayangkan betapa sedihnya kamu sekarang. Tapi, aku ingin kamu tahu, aku siap kamu telepon kapan saja. Turut berduka sedalam-dalamnya, ya."

3. "Kebaikan dan ketulusan hati beliau akan selalu aku ingat selamanya dalam hati. Semoga beliau sudah tenang di sisi-Nya ya. Aku turut bersedih dan berdukacita sedalam-dalamnya."

4. "Semoga Tuhan mengampuni segala salahnya di dunia dan diterima amal baiknya ketika masih hidup dan keluarga ikhlas ditinggalkan. Turut berdukacita atas wafatnya beliau."

5. "Air mataku menetes di hari kepergianmu. Sungguh aku sangat kehilanganmu, terima kasih sudah mau menjadi sahabat terbaikku. Selamat jalan, Sahabat, semoga amal baikmu menjadi penerang di alam kuburmu."

6. "Kami turut berduka cita dan turut berbelasungkawa, semoga kepergiannya makin membuat kita kuat dalam menghadapi hidup dan terus membuat amal kebaikan di dunia."

7. "Aku turut berdukacita atas kepergian saudaramu. Aku akan selalu di sini jika kamu membutuhkan."

8. "Perpisahan dan air mata akan berubah menjadi kenangan yang akan kamu pegang dekat di hatimu, sekarang dan selamanya. Turut berdukacita."

9. "Ketika seseorang yang kamu cintai menjadi kenangan, kenangan itu menjadi harta karun. Turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya."

10. "Kesedihan bukanlah tanda kelemahan atau kurangnya iman. Itu adalah harga cinta. Pikiran dan doa kami menyertaimu. Turut berdukacita."

3 dari 4 halaman

Ucapan Duka Cita

11. "Semangat enggak usah ada duka lagi, beliau sudah tenang di sana. Jangan lupa selalu kirim doa untuk dia. Turut Berdukacita."

12. "Turut berdukacita atas musibah yang menimpa kamu dan keluarga. Semoga duka ini cepat berlalu."

13. "Turut mengucapkan dukacita yang mendalam atas yang menimpa kamu dan keluarga. Semoga musibah ini segera berakhir. Aku berdoa untuk kamu dan keluarga semoga diberikan kesabaran dan ketabahan hati dalam menghadapi musibah ini."

14. "Turut berdukacita atas musibah yang menimpa kamu dan keluarga. Mungkin musibah ini teguran, namun harus menjadi pelajaran yang sangat berharga juga untuk membuat hidup kamu menjadi kuat."

15. "Turut dukacita yang mendalam untuk beliau, semoga surga Tuhan tetapkan untuk beliau."

16. "Semua rasa sakit yang kamu alami selama ini sudah berakhir, Tuhan lebih menyayangimu daripada kita semua di sini. Selamat jalan, Sahabatku, semoga kamu sudah tenang di surga sana."

17. "Semoga segala doa-doa terbaik yang kupanjatkan dikabulkan Tuhan. Hanya satu yang bisa aku lakukan saat ini, kini biarkan aku mengenang dan mendoakanmu. Selamat jalan, Sahabatku."

18. “Turut berdukacita, semoga arwahnya diterima oleh Tuhan.”

19. “Turut dukacita, semoga almarhum dilapangkan kuburnya dan arwahnya diterima di sisi Tuhan."

20. "Semua ini adalah rencana baik dari Tuhan. Kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang.”

4 dari 4 halaman

Ucapan Duka Cita

21. "Semoga dosa almarhum diampuni. Juga kamu dan keluarga diberi kesabaran dan kekuatan. Aku berdoa agar kamu tidak sedih terlalu lama karena hidup ini terus berjalan.”

22. "Meski hari ini sulit untuk melihat melampaui kesedihan, semoga melihat ke belakang dalam ingatan membantu menghiburmu besok. Turut berbelasungkawa, Kawan."

23. "Tidak ada yang bisa menggantikan kehilangan orang yang kita cintai, tetapi hidup terus berjalan dan kita harus hidup untuk orang yang kita cintai. Turut berbelasungkawa."

24. "Kamu ada dalam pikiran dan doaku, dan aku turut berbelasungkawa."

25. "Turut berdukacita, semoga beliau mendapatkan kasih sayang dari Tuhan Yang Maha Kuasa dalam keabadian.”

26. "Turut berdukacita atas kepergian beliau. Semoga tabah dan Tuhan memberikan kesabaran dan penghiburan."

27. "Kata-kata mungkin tidak cukup untuk mengungkapkan kesedihan yang mendalam yang aku rasakan atas meninggalnya orang yang kamu cintai.”

28. "Kami berbagi kesedihanmu dengan cinta dan persahabatan. Mohon terima belasungkawa dari kami yang terdalam."

29. "Mereka yang kita cintai tidak akan pergi; mereka berjalan di samping kita dalam hati dan kenangan kita. Turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya."

30. "Kata-kata tidak bisa mengungkapkan kesedihan diriku. Semoga penghiburan dari Tuhan membantumu melewati masa sulit ini."

 

Sumber: Sympathymessageideas, Tharpfuneralhome

Dapatkan kumpulan artikel ucapan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer