Sukses


Momen-momen Tak Terlupakan di 6 Tahun Perjalanan Bola.com: Perjuangan Menyajikan Konten Olahraga Bermutu, Menghibur Anda di Tengah Pandemi

Bola.com, Jakarta - Rabu (28/4/2021), menjadi hari yang istimewa bagi Bola.com. Ya, kami tepat berusia enam tahun setelah melewati perjalanan luar biasa menjadi situs olahraga nomor satu di Indonesia versi Alexa.

Ulang tahun kali ini hampir sama dengan tahun lalu. Aktivitas kami belum sepenuhnya kembali normal akibat pandemi COVID-19 yang masih merajalela. Tetapi, apapun itu, kami tetap bersyukur.

Bola.com yang beroperasi di bawah KapanLagi Youniverse, member of EMTEK, menghadirkan konten sepak bola, terutama Indonesia, dari penjuru Sabang sampai Merauke.

Kami juga menjadi official media partner Liga 1 sejak edisi perdana yaitu 2017 yang mengudara di Indosiar. Sebelumnya, Bola.com juga menjadi bagian dari sejarah kembalinya sepak bola Indonesia setelah PSSI disanksi FIFA, yakni menjadi media partner Piala Presiden 2015 dan Torabika Championship 2016.

Yang terbaru, kami juga menjadi bagian dari sejarah kembalinya sepak bola Indonesia setelah setahun vakum akibat pandemi, yakni dengan bergulirnya Piala Menpora 2021.

Awalnya Bola.com lahir dengan 18 kanal utama yang mayoritas membahas mengenai sepak bola (90%) dan olahraga lain (10%) dengan tagline "human and friendly sports news".

Kini, kami memiliki 11 kanal, dari sepak bola Indonesia, Inggris, Spanyol, Dunia, MotoGP, hingga Esports. Produk unggulan lainnya ialah kanal foto dan video dengan konten-konten yang menarik.

Sepanjang enam tahun kami berkarya, banyak cerita suka dan duka. Namun, Bola.com selalu dan tetap bersemangat untuk menjadikan sepak bola Indonesia menjadi tuan rumah di Tanah Air.

Video

2 dari 4 halaman

SEA Games, Olimpiade, Asian Games

Selama enam tahun eksis, kami telah menjadi official online media berbagai ajang bergengsi. Mulai dari SEA Games 2015, Olimpiade 2016, SEA Games 2017, hingga yang paling fenomenal ialah Asian Games 2018.

SEA Games 2015, kami mengirimkan dua kru untuk bertugas di Singapura, yakni Aning Jati dan Arief Bagus. Keduanya pun memenangkan lomba peliputan SEA Games ke- 28 tersebut.

Setelah itu, Bola.com tak pernah absen mengirimkan jurnalis ke ajang multievent ASEAN tersebut.

Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang menjadi pengalaman paling berharga bagi kru kami yang bertugas di lapangan maupun di belakang layar. 

Berkolaborasi dengan saudara kami, Liputan6, Merdeka, dan Bola.net, kami menyajikan informasi yang super lengkap berikut cerita-cerita human interest selama ajang tersebut.

3 dari 4 halaman

Piala AFF, Timnas Indonesia

Bola.com selalu hadir di ajang-ajang bergengsi yang melibatkan Timnas Indonesia, terutama Piala AFF, baik untuk tim senior maupun kelompok usia.

Liputan luar negeri pertama kami di ajang Piala AFF adalah pada 2016, tepatnya di babak penyisihan Grup A yang digelar di Filipina. Sejak itu, kami selalu hadir secara langsung menyajikan laporan eksklusif.

Selain itu, kami juga melaporkan secara langsung dan eksklusif kiprah-kiprah pelaku sepak bola Indonesia di luar negeri, mulai Andik Vermansah di Malaysia hingga Evan Dimas di Spanyol.

Bola.com juga menyajikan konten khas, yakni perjalanan-perjalanan jurnalis kami di luar negeri dalam Vlog yang menarik. Kontributor kami, Reza Khomaini, yang beromisili di Austria, melakukan perjalanan ke tanah kelahiran Cristiano Ronaldo di Funchal, Portugal.

Kami juga secara langsung mengikuti kiprah mantan pembalap F1, Rio Haryanto dalam beberapa race, terutama di Eropa dan Australia.

4 dari 4 halaman

Tantangan di Masa Pandemi

Pandemi COVID-19 memukul banyak sektor kehidupan manusia. Pariwisata dan olahraga, dua di antara yang merasakan dampak besar dari pandemi ini.

Setelah sekian lama, akhirnya kami kembali ke lapangan untuk meliput secara langsung peristiwa olahraga, yakni Piala Menpora yang baru saja tuntas. Meskipun masih terbatas, tapi kami terus menyajikan cerita-cerita yang berbeda untuk pembaca.

Namun, kami harus bersabar menanti situasi dunia aman untuk kembali hadir di ajang-ajang internasional.

Di luar keterbatasan itu, kami tetap bersyukur, bahwa pada usian enam tahun ini, Bola.com masih terus menemani pembaca dengan konten-konten berupa teks, foto, hingga video.

Salam! Tetap semangat, jaga kesehatan, dan jangan lupa 3 M!

Video Populer

Foto Populer