Antisipasi Arus Balik, Polri dan TNI Bersinergi Sediakan Swab Antigen

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 12 Mei 2021, 15:10 WIB
Diperbarui 12 Mei 2021, 15:10 WIB
Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Nyaris Tembus 1 Juta
Pekerja saat mengikuti tes usap (swab) antigen di Jakarta, Senin (25/1/2021). Data Satgas Covid-19 per Senin (25/1) mencatat kasus positif di Indonesia bertambah 9.994 orang sehingga total kasus positif menjadi 999.256 orang atau hampir menembus 1 juta kasus. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Bola.com, Jakarta - Polri dan TNI akan bersinergi menyediakan tes swab antigen untuk masyarakat yang sudah terlanjur mudik pada saat kembali ke DKI Jakarta. Langkah ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 yang berpotensi datang dari daerah.

Keputusan itu didapat setelah Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, melakukan Rakor Antisipasi Arus Balik Idul Fitri 2021. Fadil menyebut, Polda Metro Jaya akan bekerja sama dengan Kodam Jaya, Koarmada I, dan Koopsau I untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 pada arus balik ini.

Swab antigen bisa dilakukan di tingkat Polres, Polsek, Kodim, dan Koramil. Polri dan TNI melibatkan seluruh Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam melakukan pendataan terhadap masyarakat yang kembali ke Jakarta.

"Kami sepakat memperkuat basis komunitas. Pangdam punya Babinsa, Pangkoarmada punya Bintara Maritim, dan Pangkoops punya Bintara Dirgantara, kalau Polri punya Bhabinkamtibmas untuk menyosialisasikan kepada masyarakat untuk memutus mata rantai COVID-19," kata Fadil Imran.

"Swab antigen ini akan didistribusikan ke seluruh Polres, Polsek, Kodim, dan Koramil. Ada swab antigen mobile, masyarakat bisa menghubungi Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Saya rasa itu langkah-langkah antisipatif arus balik. Kami harus berada di depan mendukung kebijakan pemerintah untuk meminimalkan penyebaran COVID-19," tegas Fadil Imran.

Polda Metro Jaya memperkirakan 1,2 juta masyarakat keluar dari DKI Jakarta untuk melakukan mudik lebaran 2021. Hal itu terjadi sebelum pemberlakukan larangan mudik pada 6 Mei 2021.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓