Sukses


11 Fakta Virus Corona COVID-19 yang Masih Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona COVID-19 masih melanda dunia sejak kali pertama terdeteksi pertama pada 17 November 2019 di Wuhan, China.

Alhasil, sudah 17 bulan pandemi COVID-19 (SARS-CoV-2) mengubah tatanan berbagai aspek kehidupan. Di sisi lain, mungkin Anda sudah banyak mengetahui tentang virus corona penyebab COVID-19.

Tetapi, masih banyak fakta yang mungkin belum Anda ketahui dari pandemi COVID-19. Ada beberapa fakta menarik yang perlu digarisbawahi supaya Anda makin paham tentang COVID-19.

Berikut ini beberapa fakta yang mungkin mengejutkan Anda tentang virus corona penyebab COVID-19, seperti dilansir dari Healthgrades.com, Selasa (24/5/2021).

1. Anosmia (hilangnya penciuman) adalah suatu gejala.

2. SARS-CoV-2 mengikat 10-20 lebih erat sel manusia. Hal ini menjelaskan cukup sulit menghentikannya.

3. Coronavirus dapat membuat bayi sakit parah.

4. Virus COVID-19 dapat hidup di permukaan selama berhari-hari.

5. Orang yang tidak memiliki gejala dapat menyebarkan virus.

6. Orang dengan golongan darah A mungkin lebih rentan terinfeksi.

7. Mungkin Anda sudah terinfeksi.

8. Beberapa orang yang terinfeksi COVID-19 memiliki gejala pencernaan.

9. Memungkinan terinfeksi kembali, meski sudah dinyatakan bebas.

10. Remdesivir (Veklury) adalah obat antivirus khusus yang disetujui oleh FDA untuk mengobati COVID-19 dan telah terbukti memperbaiki gejala dan mempersingkat waktu pemulihan dalam beberapa kasus. Namun, masih perlu banyak lagi uji klinis.

11. Saat ini ada tiga vaksin (Pfizer-BioNTech, Moderna, serta Johnson & Johnson) yang mampu memberikan kekebalan terhadap COVID-19. Ketiga vaksin tersebut 100 persen efektif dalam mencegah COVID-19 yang parah.

 

Sumber: Healthgrades.com

 

Video Populer

Foto Populer