VIDEO: Kabar Duka, 21 Peserta Lari Marathon di China Tewas Karena Hipotermia

VIDEO: Kabar Duka, 21 Peserta Lari Marathon di China Tewas Karena Hipotermia

Kabar duka kembali menyelimuti dunia olahraga, perlombaan lari martahon gunung di Provinsi Gansu, China Barat menelan korban. Sebanyak 21 peserta dipastikan tewas, dalam perlombaan tersebut.

Perlombaan yang digelar Sabtu pagi (22/5/2021) tersebut merupakan lomba lari lintas alam sepanjang 100 km. Nahas, di tengah perlombaan terjadi cuaca ekstrem yang membuat suhu naik.

Sebanyak 21 peserta dipastikan meninggal dunia akibat hipotermia. Tidak hanya itu, acara tersebut juga sempat dilanda hujan es dan longsor ketika peserta sedang melewati gunung.

Pemerintah daerah mulai mengambil langkah pencarian dan langsung mengorganisir wilayah area perlombaan tersebut pada malam hari. Awalnya, para petugas penyelamat kewalahan karena medan dan topografi daerah tersebut berubah.

Namun, pada keesokan harinya, Minggu (23/5/2021) para tim penyelamat telah menemukan sebanyak 16 peserta tewas. Terakhir, para tim penyelamat memastikan jika 21 peserta tewas akibat hipotermia di wilayah pegunungan.

Sebanyak 151 peserta lainnya dinyatakan aman dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit setempat. Pihak penyelenggara beserta pemerintah juga memberikan ungkapan belasungkawan dan akan bertanggung jawab sepenuhnya atas kejadian ini.

"Sebagai penyelenggara, kami mengakui penuh dengan rasa bersalah dan penyesalan. Kami menyampaikan belasungkawan dan simpati kepada keluarga korban (yang meninggal) dan yang terluka." Ucap Zhang Xuchen, Walikota Baiyin.

Atas insiden lari marathon ini, Badan Olahraga China berjanji untuk memperketat aturan keselamatan dalam ajang apapun.

Ringkasan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 25 May 2021, 19:37 WIB

Video Terkait

Spotlights