Sukses


Kualifikasi Olimpiade 2020: Hadapi Prancis dan Uruguay, Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia Perkuat Pertahanan

Bola.com, Jakarta - Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia tampil atraktif dan penuh semangat pada dua laga perdana Turnamen FIBA 3x3 Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 pada Kamis (27/5/2021). Mereka tidak gentar memberikan perlawanan kepada tim kelas dunia macam Amerika Serikat dan Jerman di Graz, Austria, meski akhirnya kalah. 

Melawan Amerika Serikat kamis sore, Srikandi Indonesia takluk 7-21 dan pada malam harinya menyerah 9-22 saat berhadapan melawan Jerman.

Pelatih Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia July Wong mengatakan kekalahan yang diterima anak asuhnya tak lepas dari minimnya komunikasi antarpemain. Dalam bermain, Dyah Lestari dkk juga tampak terburu-buru.

"Memang masih belum maksimal. Pemain masih gugup tapi para pemain sudah berjuang maksimal. Mereka hanya kurang intens komunikasi di lapangan dan masih kelihatan mainnya terburu-buru. Tapi lainnya sudah oke," terang Coach July, melalui rilis yang diterima dari Perbasi, Jumat (28/5/2021). 

Coach July mengakui dalam pertandingan Dyah Lestari dkk kesulitan terutama menghadapi postur tubuh lawan. Begitu juga dengan pengalaman. "Ini menjadi pengalaman untuk ke depannya. Dari sini kita belajar dari kekurangan dan kelebihan tim kita," jelasnya.

Coach July mengajak para pemain tidak pasrah. Masih ada kesempatan untuk berbenah di Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Apalagi, Sabtu (29/5/2021), Srikandi Merah Putih sudah ditunggu Uruguay dan Prancis. Pertandingan melawan Uruguay digelar sore sementara malamnya berhadapan dengan Prancis.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Lawan Berat

Coach July mengatakan dua lawan ini juga tidak kalah beratnya dengan dua tim sebelumnya, terutama Prancis. Tim asal Negara Menara Eiffel itu merupakan juara dunia di kategori ini.

Tahu lawannya berat, Coach July akan memanfaatkan waktu untuk memoles tim asuhannya agar bisa main lebih baik. Melawan mereka, Pasukan Merah Putih akan memperkuat defense atau pertahanan.

Langkah ini diambil sebagai respons dari kekalahan di dua laga pertama. Melawan Amerika dan Jerman, Dyah Lestari dkk banyak kemasukan dari tembakan luar.

"Untuk besok, kami akan review saja untuk pattern dan shooting. Dalam dua game nanti, apapun hasilnya para pemain sudah berusaha fight dan dari game ini, kami tahu kekurangan tim. Masih ada waktu buat berbenah untuk SEA Games ke depan," ujar July.

Sebagaimana diketahui, Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia ini memang dipersiapkan untuk menghadapi SEA Games Vietnam akhir tahun ini. Melihat kesulitan yang sudah diprediksi sebelum dihelat karena pool A ini grup neraka, Turnamen FIBA 3x3 Kualifikasi Olimpiade Tokyo ini dijadikan momen untuk menambah jam terbang.

Video Populer

Foto Populer