Sukses


Tata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Sunnah, Lengkap Beserta Bacaan Doanya

Bola.com, Jakarta - Hukum melaksanakan wudhu sebelum beribadah ialah wajib. Mengerti tata cara wudhu yang benar menjadi suatu keharusan bagi setiap umat Muslim.

BACA JUGA: Doa wudhu setiap gerakan lengkap dengan arab dan latinnya

Wudhu dapat dikatakan sebagai pintu masuk beribadah. Hampir semua pelaksanaan ibadah menganjurkan wudhu terlebih dahulu.

Wudhu merupakan bentuk menyucikan diri dari hadas sebelum berhadapan dengan Allah SWT. Wudhu secara syariat menempati posisi terpenting dalam ibadah.

Bahkan sah tidaknya sebuah ibadah tergantung dari wudhunya. Maka dari itu, penting mengetahui bacaan doa dan tata cara wudhu.

Sebagai Muslim yang baik, seharusnya kita mengetahui niat beserta tata cara yang benar dan menyempurnakan wudhu. Ada beberapa urutan dalam berwudhu yang perlu dipahami.

Berikut ini rangkuman tentang tata cara wudhu yang benar lengkap beserta bacaan doanya, seperti disadur dari Liputan6, Kamis (3/6/2021).

2 dari 4 halaman

Tata Cara Wudhu

1. Niat Wudhu

Niat dalam berwudhu ini diartikan sebagai kesungguhan hati untuk berwudhu karena melaksanakan perintah Allah SWT dan mengikuti ajaran dari Rasulullah SAW.

Dalam HR Bukhari pun pernah menuliskan bahwa:

"Rasulullah SAW menerangkan bahwa segala perbuatan tergantung kepada niatnya, dan seseorang akan mendapatkan balasan menurut apa yang diniatkannya..." (HSR. Bukhari dalam Fathul Baary, 1:9; Muslim, 6:48).

"Nawaitul wudhuu-a liraf'll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta'aalaa"

Artinya :

"Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah."

2. Membaca Basmallah

Setelah membaca niat dengan kesungguhan hati, kemudian bacalah basmallah. Membaca basmallah ini dilakukan sambil mencuci kedua telapak tangan sebanyak tiga kali hingga ke sela-sela jari. Namun, bila lupa untuk membaca basmallah, wudhu yang kamu lakukan tetap sah.

3. Berkumur-kumur

Berkumur-kumur sebanyak tiga kali atau memutar air dalam mulut dan mengeluarkannya serta membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang ada pada gigi.

3 dari 4 halaman

Tata Cara Wudhu

4. Mencuci lubang hidung

Mencuci lubang hidung sebanyak tiga kali untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalamnya. Dan disunnahkan pula mencuci lubang hidung dengan cara menghirup air dalam sekali hirup serta mengeluarkannya dengan memencet hidung.

5. Mencuci muka tiga kali

Mencuci muka tiga kali pada saat berwudhu sebaiknya dilakukan mulai ujung kepala tumbuhnya rambut hingga bawah dagu. Serta membersihkan dari telinga kanan ke telinga kiri.

6. Mencuci kedua belah tangan hingga siku

Setelah mencuci muka, cucilah kedua belah tangan hingga siku sebanyak tiga kali. Sebaiknya lakukan dengan mendahulukan anggota tubuh bagian kanan, membasahi tangan hingga siku pun sudah tercantum dalam surat Al- Maidah ayat 6 sesuai perintah Allah SWT.

7. Mengusap kepala

Tata cara wudhu selanjutnya ialah mengusap kepala dari depan hingga ke bagian belakang kepala sebanyak satu kali. Ali bin Abi Thalib berkata, "Aku melihat Nabi SAW mengusap kepalanya satu kali." (HR. Sahih Abu Dawud no.106)

8. Membersihkan kedua telinga

Setelah mengusap kepala dilanjutkan dengan membersihkan kedua telinga tanpa perlu mengambil air baru.

Membersihkan telinga dalam tata cara wudhu ini dilakukan dengan memasukan jari telunjuk ke dalam telinga, kemudian ibu jari mengusapkan kedua daun telinga. Hal ini dilakukan secara bersamaan antartelinga kanan dan telinga kiri.

4 dari 4 halaman

Tata Cara Wudhu

9. Mencuci kedua kaki hingga di atas mata kaki

Tata cara wudhu selanjutnya yang benar sesuai dengan sunnah ialah membasuh kedua kaki hingga atas mata kaki. Hal ini dilakukan sebanyak tiga kali dan dimulai dari kaki bagian kanan terlebih dahulu.

Dalam HR Bukhari, dahulukan kaki kanan hingga tiga kali kemudian kaki kiri. Dan saat membasuh kaki, Rasulullah menggosok jari kelingkingnya pada sela-sela jari kaki (HR. Bukhari; Fathul Baari, dan Muslim).

Saat menggosok kaki, Rasullullah menyuruh umatnya untuk berhati-hati karena bila tidak sempurna dalam membasuhnya akan terkena ancaman neraka, dan pastikan kulit yang terlipat terkena air wudhu.

10. Membaca doa wudhu

Setelah selesai rangkaian wudhu yang benar, disunnahkan untuk membaca doa selepas wudhu. Dan saat memanjatkan doa wudhu, sebaiknya berdoa dengan menghadap kiblat dan mengangkat dua tangan.

"Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j'alnii minat tawwabiina, waj'alnii minal mutathahiriina waj'alnii min 'ibaadikash shalihiina."

Artinya :

"Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusan-Nya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang saleh."

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Novita Ayuningtyas. Editor: Rizky Mandasari. Published: 17/1/2019)

Video Populer

Foto Populer