Sukses


8 Cara Menurunkan Berat Badan, Aman dan Mudah Dipraktikan

Bola.com, Jakarta - Memiliki berat badan ideal adalah impian semua orang. Segala cara dilakukan, mulai yang secara alami, hingga melakukan sedot lemak dan mengonsumsi obat diet.

Namun, dua metode terakhir tersebut berbahaya dan berisiko bagi kesehatan tubuh. Pada akhirnya, banyak orang yang mengalami kesulitan menurunkan berat badan.

Padahal, ada berbagai cara mudah menurunkan berat badan. Butuh komitmen dan disiplin saja dalam menjalaninya agar berat badan Anda dapat turun dan mencapai berat badan ideal.

Selama dilakukan dengan bertahap dan konsisten, cara-cara menurunkan badan di bawah ini tidak akan membuat Anda merasa tersiksa.

Kunci utama dari menurunkan berat badan adalah bagaimana komitmen Anda untuk melakukannya. Lantas apa saja cara yang bisa Anda lakukan?

Berikut ini beberapa cara menurunkan berat badan yang direkomendasikan, seperti dikutip dari Healthline dan Nhs.uk, Sabtu (5/6/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan

1. Jogging dan lari

Jogging dan lari menjadi kegiatan yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Meski kegiatan tersebut terlihat sama, jogging dan lari dibedakan dari kecepatan saat melakukan kegiatan tersebut.

Kecepatan saat melakukan jogging akan berada pada 6,4-9,7 km/jam, sedangkan 9,7 km/jam menjadi kecepatan kita saat berlari.

Penelitian telah menunjukan bahwa melakukan jogging dan lari dapat membakar lemak visceral yang berbahaya, umumnya biasa dikenal lemak yang berada di bagian perut.

Baik jogging atau lari menjadi aktivitas yang bagus dan dapat Anda masukan sebagai kebiasaan yang dilakukan setiap minggu. Untuk memulainya. coba jogging atau lari selama 20-30 menit, 3-4 kali setiap minggu.

2. Hindari makanan kecil dengan kandungan gula tinggi

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal Anda perlu menghindari mengonsumsi makanan kecil dengan kadar gula tinggi. Sebelum makan, lebih baik baca terlebih dahulu tabel gizi yang ada pada setiap kemasannya.

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula memiliki banyak risiko, seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan ingin makan manis, obesitas, gigi berlubang, dan beragam penyakit lainnya.

Selain itu, hindari juga minuman bersoda karena terlalu banyak mengandung gula yang sangat tinggi.

3 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan

3. Perbanyak minum air putih

Satu di antara cara yang paling mudah, tetapi tetap aman untuk menurunkan berat badan adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih.

Rutin minum air putih dapat melancarkan kerja ginjal untuk membuang limbah dan racun berbahaya dalam tubuh. Cukup dengan minum air putih setidaknya sebanyak delapan gelas atau setara dengan dua liter air, dapat membakar 100 kalori perharinya.

4. Bersepeda

Bersepeda jadi kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan ini dapat membuat bagi tubuh Anda bugar sekaligus bisa membantu menurunkan berat badan. Selain itu, bersepeda keliling taman dapat mengurangi stres.

Meski bersepeda umumnya dilakukan di dalam ruangan, saat ini banyak gym yang memiliki sepeda mesin sehingga Anda dapat tetap bersepeda di dalam ruangan jika cuaca di luar tidak memungkinkan.

Bersepeda tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, berbagai penelitian telah menunjukan bersepeda dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar, sehat, dan menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

4 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan

5. Berenang

Berenang jadi satu di antara cara yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan. Berenang juga dapat membentuk tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan melibatkan beberapa wanita paruh baya menunjukan berenang selama 60 menit tiga kali dalam seminggu, dapat mengurangi lemak pada tubuh, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, dan kolesterol.

Berenang melakukan kegiatan yang sangat mudah dan tak memiliki efek samping berbahaya, seperti nyeri otot badan, sehingga semua kalangan dapat melakukanya.

6. Hindari mengonsumsi makanan siap saji

Makanan siap saji saat ini sedang menjadi tren, padahal mengonsumsinya terlalu sering akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Satu di antaranya adalah berisiko terkena penyakit obesitas. Hal tersebut karena makanan siap saji hanya akan menimbun lemak dalam tubuh.

Cara yang paling ampuh dan aman untuk menurunkan berat badan adalah dengan tidak mengonsumsi makanan siap saji. Sebagai gantinya Anda bisa memilih makanan yang memiliki kandungan protein, seperti telur ayam atau ikan.

5 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan

7. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Sayur dan buah kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk metabolisme dalam tubuh. Seseorang yang merasa berat badannya berlebih, sebaiknya perlu lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan secara teratur.

Kandungan serat yang tinggi dalam sayur maupun buah-buahan membuat berat badan akan lebih mudah untuk turun.

Sering mengonsumsi sayur dan buah-buahan tidak hanya sekadar menurunkan berat badan melainkan bisa memperlambat penyerapan gula. Sayur dan buah juga dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh dan membersihkan saluran pencernaan.

8. Tidak melewatkan sarapan

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan yang paling penting adalah tidak melewatkan sarapan. Menu sarapan dengan gizi yang seimbang akan memberikan tubuh energi yang dibutuhkan untuk melewati hari.

Bila melewatkan sarapan, Anda mungkin memulai hari dengan energi yang kosong. Alhasil, keinginan untuk ngemil pada siang atau malam hari pun meningkat. Pasalnya, tubuh akan mengira Anda kelaparan sehingga porsi makan mungkin ikut bertambah banyak.

 

Sumber: Healthline, Nhs.uk

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer