Sukses


Jenis-Jenis Teks Persuasif Beserta Penjelasan dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Teks persuasif adalah sebuah teks yang bersifat membujuk. Jadi, dalam teks persuasif berisi tulisan yang bertujuan meyakinkan pembaca agar tertarik dan mengambil tindakan tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks adalah naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang. Teks juga berarti bahan tertulis untuk dasar memberikan pelajaran, berpidato, dan sebagainya.

Sedangkan, persuasif menurut KBBI adalah bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin). Jadi, pengertian teks persuasif adalah teks yang bersifat membujuk agar orang yakin.

Maka dapat disimpulkan, teks persuasif merupakan jenis teks yang memiliki sifat membujuk atau menarik orang lain agar pembaca tertarik dan yakin untuk membaca teks tersebut.

Teks persuasif bertujuan untuk meyakinkan pembaca agar ide, gagasan atau pendapat asli penulis itu benar. Biasanya teks persuasif ini digunakan untuk membuat iklan atau imbauan khusus.

Di sisi lain, ada berbagai macam jenis teks persuasif. Apa saja jenis-jenis teks persuasif?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis teks persuasif beserta penjelasan dan contohnya, seperti dilansir dari laman Serupa.id dan haloedukasi.com, Senin (7/6/2021). 

2 dari 5 halaman

1. Persuasif Propaganda

Persuasif propaganda merupakan teks yang isinya berusaha menggiring pembaca atau pendengar terhadap opini tertentu. Tujuan dari teks informasi itu adalah untuk memengaruhi pembaca agar secara sadar mau melakukan sesuatu.

Contoh Paragraf Persuasif Propaganda:

Mengonsumsi mi instan bersama nasi putih sudah biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun, sedikit yang mengetahui bahwa kebiasaan tersebut dapat menimbulkan dampak negatif pada tubuh.

Perlu diketahui bahwa menyantap mi instan dengan nasi putih secara bersamaan bisa mengakibatkan obesitas kelak yang terjadi karena zat karbohidrat dominan di dalam mi instan dan nasi putih akan membuat perut kenyang sementara waktu. Kemudian membuat perut menjadi sering lapar dan Anda bisa makan lebih banyak daripada sebelumnya.

Jika mengalami obesitas, tubuh penuh makanan yang bisa mengakibatkan kemunculan sejumlah penyakit seperti ginjal, jantung, kolesterol, dan lainnya. Karena itulah jika Anda ingin bertubuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit, kurangi kebiasaan memakan mi instan dan nasi secara bersamaan mulai detik ini juga.

3 dari 5 halaman

2. Persuasif Politik

Persuasif politik merupakan teks yang isinya berusaha untuk mengajak pembaca/pendengar untuk memilih partai atau calon pemimpin dalam kegiatan kampanye politik.

Para ahli politik dan kenegaraan biasanya menggunakan jenis teks persuasi ini untuk membantu tujuan politik mereka dan untuk membantu negara.

Contoh Paragraf Persuasi Politik:

Waktu pemilihan umum hanya tinggal menghitung hari. Ayo kita gunakan hak pilih untuk menentukan siapa pemimpin yang terbaik bagi Republik Indonesia. Cegah agar jangan sampai hak suara Anda disalahgunakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab dengan menghindari golput.

Sebab, masa depan negara juga bergantung kepada pilihan yang kita buat dengan bijak. Sudah waktunya negara dipimpin oleh sosok yang bijak dan tegas. Tinggalkan sejenak aktivitas Anda untuk memberi hak pilih di hari pemilu nanti.

4 dari 5 halaman

3. Persuasif Advertensi

Persuasuf advertensi merupakan teks yang berusaha untuk membujuk pembaca/penonton untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

Teks persuasi jenis ini diharapkan dapat memengaruhi konsumen untuk membeli barang yang ditawarkan, dan sebaliknya jika tidak mampu memengaruhi konsumen, teks persuasi akan menjadi kurang baik.

Contoh Persuasif Advertensi:

Belakangan ini banyak produk dan merek air mineral yang beredar dalam kemasan, yang tidak sesuai standar kesehatan sehingga tanpa disadari, produk-produk tersebut justru bisa membahayakan kesehatan. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena kini sudah hadir T-Qua, air mineral dengan kemasan dan standar kesehatan yang telah teruji.

T-Qua baik untuk kesehatan karena berasal dari sumber mata air pegunungan yang masih belum tersentuh tangan manusia sebelumnya, dan langsung dialirkan ke pabrik yang berdiri di kaki pegunungan.

Kemasan T-Qua pun sudah disesuaikan standar internasional. Tunggu apa lagi, segeralah beralih pada T-Qua untuk konsumsi air yang lebih sehat sekarang juga.

5 dari 5 halaman

4. Persuasif Pendidikan

Persuasuf pendidikan ialah jenis teks persuasif yang berusaha agar pembacanya mengikuti atau mau mempelajari dan bersikap sesuai pendidikan yang sedang diberikan.

Contoh paragraf persuasi pendidikan:

Guru dan orang tua murid masih banyak yang tidak sabar dalam mendidik anak-anak, padahal kesabaran adalah faktor utama dalam pendidikan. Kesabaran diperlukan agar anak bisa mengembangkan potensinya secara maksimal karena setiap anak tidak ada yang memiliki potensi atau karya yang berbeda.

Hal itu sesuai pendapat Plato, yaitu pendidikan adalah proses terpanjang dan dijalani selama seumur hidup. Karena itu sudah seharusnya guru dan orang tua murid mengajar dan mendidik anak dengan sabar dan memperhatikan prosesnya, dan tidak berorientasi pada hasil agar anak bisa berkembang dengan sewajarnya dan baik.

 

Sumber: Serupa, Haloedukasi

Video Populer

Foto Populer